Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?
Dilarang Bicara Selama di KRL?



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
 
22-05-2020 13:48:39 - Dibaca 327 Kali
 
 
Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Jemaah Al Muhdlor yang berpusat di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, merayakan Idulfitri 1441 Hijriah hari ini, Jumat (22/5), setelah sebelumnya menggelar Salat Id berjemaah pagi tadi. Jemaah Al Muhdlor merayakan lebaran hari lebih awal dari ketetapan pemerintah dan mayoritas muslim di Indonesia.

Salat Id digelar di Masjid Nur Muhammad di Desa Wates dan menjadi pusat dakwah Al Muhdlor Indonesia. Salat Id itu diikuti sekitar 40 orang jemaah.

"Kami hanya memantau dan mengamankan jalannya ibadah Salat Id untuk memastikan pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Kanit Binmas Polsek Sumbergempol, Aiptu Mujito.


Jemaah yang datang tidak hanya berasal dari sekitar Desa Wates. Sebelumnya, Jemaah Al Muhdlor sebelumnya juga melaksanakan ibadah puasa Ramadan dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Seperti tradisi NU di pedesaan, para pengikut ajaran Habib Sayyid Ahmad Bin Salim Al Muhdhor ini merayakan lebaran pertama mereka dengan menggelar kenduri bersama usai Salat Id.

Salat Id diimami langsung oleh Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, pengasuh pondok pesantren yang juga putra almarhum Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor.

loading...

Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, sebelumnya menjelaskan bahwa perayaan Idulfitri mereka lakukan lebih awal setelah menjalani puasa Ramadan selama 30 hari penuh.

"Kami melaksanakan puasa dua hari lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," kata Habib Hamid.

Ia menegaskan pelaksanaan Shalat Id maupun puasa Ramadhan lebih awal itu bukan diputuskan sembarangan.

"Sudah ada hitung-hitungannya berdasar petunjuk ahli Falaq. Keyakinan ini juga sudah diikuti jamaah Al Muhdhor sejak lama, sejak masa Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor masih hidup," kata Habib Hamid.

Namun, ia menegaskan bahwa dirinya dan para jamaah yang menggelar Salat Id awal tak berkenan diliput media.

"Ibadah itu urusan yang sangat pribadi. Kami ingin menjalani ibadah dengan tenang dan tidak perlu menjadi sorotan yang nantinya justru memicu perdebatan di masyarakat karena kami menjalani ibadah Salat Id lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," katanya.

Habib Hamid mengatakan penganut ajaran Al Muhdlor tidak hanya ada di Tulungagung dan sekitarnya. Tetapi juga tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan berjejaring hingga di Mesir, Timur Tengah.

"Barometer kami (ajaran Al Muhdlor) dari sana (Timur Tengah)," katanya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Hari Ini
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?

(03-06-2020 14:09:23 - Dibaca 115 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Maskapai Garuda PHK 181 Pilot!

(02-06-2020 12:15:59 - Dibaca 110 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Distributor Nike di RI Rumahkan 2.226 Orang Karena Dihantam Corona!

(01-06-2020 14:06:07 - Dibaca 125 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Ojol Bakal Geruduk Istana Jika Dilarang Bawa Orang Kala New Normal?

(30-05-2020 11:30:42 - Dibaca 344 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Luar Biasa! Nenek 100 Tahun dari Surabaya Ini Sembuh dari Corona

(30-05-2020 10:41:30 - Dibaca 179 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
New Normal, Tangsel Bakal Buka Rumah Ibadah Awal Juni!

(29-05-2020 15:15:29 - Dibaca 218 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Soal New Normal, Muhammadiyah Minta Pemerintah Transparan?

(28-05-2020 13:25:28 - Dibaca 160 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?

(26-05-2020 11:21:54 - Dibaca 1.969 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

(26-05-2020 09:58:22 - Dibaca 354 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Benda Misterius Dari Langit Jatuh di Sragen...

(24-05-2020 21:42:43 - Dibaca 888 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Abu Bakar Ba'asyir Dapat Remisi Lebaran 2020!

(24-05-2020 21:26:11 - Dibaca 234 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung, Ini Kata BMKG!

(21-05-2020 11:03:28 - Dibaca 442 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!

(03-06-2020 16:57:56 - Dibaca 88 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?

(03-06-2020 14:09:23 - Dibaca 115 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Dilarang Bicara Selama di KRL?

(02-06-2020 19:55:54 - Dibaca 101 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!

(02-06-2020 19:49:30 - Dibaca 161 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?

(02-06-2020 17:59:05 - Dibaca 203 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

(02-06-2020 17:48:37 - Dibaca 111 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Video: Keluarga PDP Ngamuk Tolak Pemakaman dengan Protap Covid-19

(02-06-2020 17:11:33 - Dibaca 257 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Update Corona RI 2 Juni: 27.549 Positif, 7.935 Sembuh, 1.663 Meninggal!

(02-06-2020 16:55:08 - Dibaca 164 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Polisi Berhasil Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabu!

(02-06-2020 16:42:54 - Dibaca 117 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Risma Pamit Kepada Warga Surabaya Setelah 2 Periode Menjabat!

(02-06-2020 14:32:08 - Dibaca 993 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Video: Warga Antri Perpanjang SIM Hingga ke Jalan Raya!

(02-06-2020 14:24:20 - Dibaca 163 Kali)

Hari Ini Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Rayakan Idulfitri Dulu?
Maskapai Garuda PHK 181 Pilot!

(02-06-2020 12:15:59 - Dibaca 110 Kali)

2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

8. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

9. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

10. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.