Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
 
28-06-2020 10:17:54 - Dibaca 183 Kali
 
 
Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Federasi Serikat Guru Indonesia meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di daerah.

Penyebabnya adalah soal kisruh pelaksanaan PPDB 2020, khususnya yang terjadi di DKI Jakarta. Pemprov DKI banyak dikritik karena menetapkan aturan usia yang membuat banyak anak usia muda tak bisa masuk sekolah negeri.

"Kami memandang perlunya segera Kemdikbud, dalam hal ini Mas Menteri Nadiem, untuk membenahi daerah yang membuat kebijakan sendiri-sendiri yang berpotensi menyalahi Permendikbud PPDB," kata Wakil Sekretaris Jenderal FSGI, Satriwan Salim, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (27/6).

Melihat jalannya PPDB di DKI, Satriwan menduga Kemdikbud belum melakukan upaya maksimal dalam mendampingi Dinas Pendidikan di daerah. Untuk itu ia menilai Nadiem harus mengawasi langsung pelaksanaan PPDB yang tengah berjalan.
 
 


"Keadilan dalam pendidikan tak akan tercapai bila daerah membuat aturan sendiri-sendiri," ujarnya.

Hal ini diungkap berdasarkan penerapan PPDB DKI yang menurutnya terindikasi menyalahi aturan Peraturan Mendikbud No. 44 Tahun 2019 tentang PPDB PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Dalam Permendikbud itu, kata Satriwan, seharusnya aturan usia bukan dijadikan prioritas pemeringkat PPDB jalur zonasi dan afirmasi. Melainkan sebagai syarat alternatif jika jarak domisili rumah dan sekolah antar peserta sama.

Namun kenyataannya, sejumlah sekolah mengaku sistem PPDB DKI lebih memprioritaskan pemeringkatan usia. Ini menurutnya tidak sesuai dengan Permendikbud No. 44 Tahun 2019.

Pada pasal 25 ayat 1 dikatakan bahwa seleksi calon peserta didik SMP dan SMA dilakukan dengan memprioritaskan jarak terdekat ke sekolah dalam zonasi yang sama.


Ayat 2 mengatur bahwa aturan pemeringkatan usia dapat dilakukan jika jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan sekolah sama.

"Secara otomatis by sistem maka yang bisa ikut pendaftaran afirmasi adalah siswa yang usianya di atas atau lebih tua. (...) Otomatis usia di bawahnya tak bisa mendaftar atau langsung tertolak oleh sistem sebab kuotanya sudah terpenuhi," ungkapnya.

Hal ini didapat dari wawancara yang dilakukan FSGI terhadap sejumlah SMA dan SMP negeri di DKI Jakarta. Namun mereka enggan menyebutkan nama sekolah tersebut.

Ia juga mengingatkan pada pasal 6 dan pasal 7 tidak diatur batas minimal peserta didik baru SMP dan SMA. Namun pada praktiknya banyak siswa yang tak lolos karena kendala usia.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan aturan usia pada PPDB DKI sudah mengikuti Permendikbud No. 44 Tahun 2019. Ia juga menekankan jalur zonasi memprioritaskan jarak domisili siswa dan sekolah.

Hal ini diungkap melalui konferensi pers di Kantor Disdik DKI Jakarta, Jumat (26/6) kemarin. Namun ketika menjelaskan hal tersebut seorang pria yang mengaku sebagai orang tua peserta PPDB menyatakan hal tersebut bohong.

Ia mengaku anaknya mengikuti jalur afirmasi PPDB pada jenjang SMA, tetapi gagal lolos karena usia. Padahal jarak rumahnya ke sekolah yang dituju hanya 600 meter.

PPDB DKI jalur zonasi sendiri masih berlangsung sampai 27 Juni ini. Pada 1 sampai 3 Juli, PPDB jalur prestasi akademik juga masih berlangsung dengan mempertimbangkan nilai rapor.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan Atasi Kisruh PPDB
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?

(08-07-2020 11:28:43 - Dibaca 61 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!

(07-07-2020 10:03:12 - Dibaca 110 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

(07-07-2020 09:59:25 - Dibaca 87 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Soal KTP Djoko Tjandra, Kuasa Hukum Akui Dibuat di Kelurahan Grogol?

(06-07-2020 13:29:46 - Dibaca 84 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Djoko Tjandra Bikin e-KTP Kurang dari Sejam?

(06-07-2020 13:25:00 - Dibaca 80 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Ledakan di Menteng, Labfor Polri Teliti Kandungan Bahan Peledak!

(06-07-2020 13:05:00 - Dibaca 126 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
KPAI Temukan Pelibatan Anak di Apel Siaga Ganyang Komunis

(05-07-2020 21:16:43 - Dibaca 485 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Tim Gegana dan Puslabfor Merapat ke Lokasi Ledakan Menteng!

(05-07-2020 20:58:20 - Dibaca 582 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Terjadi Ledakan di Kawasan Menteng, Ini Penjelasan Polisi!

(05-07-2020 20:50:45 - Dibaca 259 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Ketum PA 212 Minta Inisiator RUU HIP Diproses Hukum?

(05-07-2020 16:05:11 - Dibaca 366 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Lapangan Ahmad Yani Dipenuhi Massa Apel Siaga Ganyang Komunis

(05-07-2020 13:09:42 - Dibaca 1.202 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Tak Bermasker Saat Bersepeda Bisa Kena Denda Rp250 Ribu?

(05-07-2020 11:14:02 - Dibaca 91 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 42 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Dukcapil Bela Lurah Grogol Selatan Soal KTP Kilat Djoko Tjandra?

(08-07-2020 11:28:43 - Dibaca 61 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
50 Juta Warga Afrika Terancam Masuk Jurang Kemiskinan Ekstrem Gegara Corona?

(08-07-2020 11:23:52 - Dibaca 114 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!

(07-07-2020 10:03:12 - Dibaca 110 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung

(07-07-2020 09:59:25 - Dibaca 87 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

(07-07-2020 09:41:52 - Dibaca 129 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Fantastic Four Badminton Resmi Berakhir Usai Lin Dan Nyatakan Pensiun!

(06-07-2020 13:35:05 - Dibaca 79 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Soal KTP Djoko Tjandra, Kuasa Hukum Akui Dibuat di Kelurahan Grogol?

(06-07-2020 13:29:46 - Dibaca 84 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Djoko Tjandra Bikin e-KTP Kurang dari Sejam?

(06-07-2020 13:25:00 - Dibaca 80 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Ledakan di Menteng, Labfor Polri Teliti Kandungan Bahan Peledak!

(06-07-2020 13:05:00 - Dibaca 126 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Maskapai Sriwijaya Tak Bisa Hindari Pangkas Pekerja!

(06-07-2020 12:19:42 - Dibaca 106 Kali)

Kisruh PPDB, Serikat Guru Minta Nadiem Turun Tangan?
Kecewa Soal PPDB DKI, Balai Kota Anies Dibanjiri Karangan Bunga!

(06-07-2020 12:14:24 - Dibaca 1.350 Kali)

Gegara Gowes Tak Berjilbab, Rombongan Pesepeda di Aceh Minta Maaf!
Pemkab Bogor Gelar Rapid Test ke Warga yang Nonton Rhoma Irama Manggung
Ini Penampakan Hotel Berlapis Emas di Vietnam!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.