Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
 
10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 562 Kali
 
 
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Pengamat kebijakan publik Azas Tigor Nainggolan menilai kritik Gubernur DKI Anies Baswedan terhadap pengadaan toa banjir adalah sebuah bentuk inkonsistensi karena melempar tanggung jawab kepada bawahannya.

"Dia enggak konsisten, dia mau lempar tanggung jawab ke anak buahnya," kata Tigor saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (10/8).

Diketahui, pada awal tahun, ketika banjir besar menerjang Jakarta, Anies sempat berujar bahwa pihak kelurahan harus berkeliling kampung menggunakan toa sebagai bentuk sistem peringatan dini bencana.

Belakangan, kebijakan tersebut dikoreksi. Dalam video rapat pengendalian banjir yang diunggah di akun Pemprov DKI di Youtube pada Kamis (6/8), Anies mengatakan bahwa toa bukan sistem peringatan dini banjir.
 
 


"Ini bukan early warning system, ini toa," kata Anies.

Seusai rapat itu, BPBD DKI mengakui ada pembatalan pengadaan toa meski menyebut itu akibat pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Tigor mengatakan sejak awal pengadaan pelantang suara bukan bagian dari peringatan dini bencana di Jakarta. Menurut dia, sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) adalah sistem agar masyarakat mengetahui sejak awal bahwa akan terjadi banjir di tempatnya.

Sistem tersebut bisa berupa informasi penyebab banjir karena curah hujan yang tinggi, maupun banjir kiriman.

"Toa itu bukan sistem, toa itu alat. Anies sudah mengakui, pada saat banjir 1 Januari lalu, Jakarta tidak punya EWS," ujar Tigor.


Menurut dia, saat ini Pemprov DKI harus mulai membangun sistem peringatan dini dan deteksi dini sebelum musim penghujan dan banjir melanda Jakarta.

Sistem deteksi dibutuhkan untuk mendeteksi curah hujan maupun kondisi air di hulu. Lalu, informasi yang didapat dari deteksi dini tersebut bisa langsung disebarkan ke masyarakat lewat media sosial ataupun dengan pesan singkat ke telepon seluler masyarakat yang berpotensi menjadi korban banjir.

"Dari situ, pemprov DKI Jakarta dan warga bisa antisipasi, lalu disiapkan yang berjalan emergency response-nya, gitu. Jadi satu kesatuan," tuturnya.

Program pengadaan pelantang suara ini sempat digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada awal tahun setelah banjir besar menerjang wilayah Ibu Kota di awal tahun.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, pada awal tahun, Pemprov DKI bahkan telah menganggarkan peringatan dini bencana pada tahun 2020 sebesar RP4.362.501.441 (Rp4,3 miliar). Jumlah tersebut termasuk kegiatan Pemeliharaan dan Pengembangan Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (DIMS, EWS, Medsos, dan Call Center 112).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Soal Toa Banjir, Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 81 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 70 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Wali Kota Risma Buka Lab Tes Swab Gratis untuk Warga Surabaya!

(16-09-2020 15:05:59 - Dibaca 341 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Sekda DKI Saefullah Meninggal, Ahok Turut Berduka Cita!

(16-09-2020 14:38:01 - Dibaca 458 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Kena Covid-19, Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia!

(16-09-2020 14:02:20 - Dibaca 446 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ini Alasan Ketua DPRD DIY Pasang Lift Pribadi yang Jatuh Siang Tadi!

(15-09-2020 17:05:23 - Dibaca 159 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ali Jaber Tak Percaya Pelaku Penusukan Dirinya Gila

(14-09-2020 14:32:34 - Dibaca 442 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Hasil Penelitian Ungkap Corona Sudah Ada di AS Sebelum WHO Umumkan Wabah ini dari Wuhan?

(12-09-2020 09:43:06 - Dibaca 185 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ulama Banten Sebut Fachrul Razi Menyeret Dirinya ke Lembah Provokator?

(11-09-2020 14:16:09 - Dibaca 466 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Bima Arya Tolak PSBB Total dan Perpanjang PSBMK Bogor 3 Hari!

(11-09-2020 10:20:50 - Dibaca 318 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Kota Padang Dilanda Banjir dan Longsor Gegara Diguyur Hujan Lebat Semalaman!

(10-09-2020 12:40:23 - Dibaca 116 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Komisioner KPU Evi Novida Ginting Positif Corona!

(10-09-2020 12:36:09 - Dibaca 111 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 93 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 43 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 81 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 70 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 400 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 119 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 259 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 205 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 138 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 170 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 219 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 198 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?