Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
 
09-04-2018 12:51:47 - Dibaca 4.950 Kali
 
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
tempo.co
 
loading...
 
Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said dan Ida Fauziah meluncurkan saweranjateng.id untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi membantu biaya kampanye yang dianggap mahal.

"Saya bukan orang yang punya uang, selama ini biaya kampanye saya dari saweran. Ini juga untuk menghindari korupsi" kata Sudirman saat kegiatan deklarasi politik saweran di Hotel Patrajasa, Ahad 8 April 2018.

Sudirman mengaku senang ada relawan yang berinisiatif dengan kegiatan Gasebu (gerakan Rp 10.000). "Kami mengetuk kerelaan warga, tidak ada paksaan. Kami bereksperimen semoga ada respons yang baik," ujarnya.
 
 


Ia menjelaskan, nantinya hasil saweran itu akan dipakai untuk membiayai kampanye dalam pemenangannya. Selain itu, juga akan digunakan untuk mendanai perjalanan dan sosialisasi bersama relawan, pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan biaya operasional kampanye yang dilakukan relawan. Dia menegaskan, hasil saweran itu tidak akan digunakan untuk orientasi pribadi, tetapi untuk kepentingan masyarakat dan relawannya.

Sudirman membantah bahwa dirinya maju pemilihan gubernur Jawa Tengah tanpa dibiayai partai pengusungnya. Dia juga menampik soal uang yang dimilikinya sudah habis untuk pencalonannya ini. Ia menegaskan dirinya bukan pengusaha kaya yang bisa mengeluarkan uang sewaktu-waktu.

"Habis ya dicari lagi (dana kampanye). Kalau ini berhasil maka akan menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. Menurut dia, politik tidak dilihat sebagai cara untuk mengincar jabatan tetapi pengabdian. "Kalau politik memperoleh jabatan dengan berbagai cara, apalagi korupsi, maka akan membatalkan niatnya."

Komandan Relawan Sudirman-Ida, Arie Sadewo mengatakan peluncuran saweranjateng.id baru dilakukan karena menunggu momentum yang tepat. Kata dia, Sudirman bukan orang kaya yang bisa membiayai kampanye politiknya sendiri.

"Rakyat membiayai kampanye untuk kampanye pemimpinnya, bukan pemimpin yang kampanye membiayai rakyatnya," ujarnya.

Dia pun menjelaskan Gasebu adalah istilah. Semua orang bisa menyumbang semampunya sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum. "Kami sudah konsultasikan yang terbaik gimana batas maksimal boleh nyumbang sesuai aturan," kata Arie.

Apabila strategi mendapatkan sumbangan itu mendapat respons masyarakat, Arie mengatakan, hal itu akan menjadi salah satu sarana pendidikan politik yang baik. Artinya, Sudirman Said melakukan kontrak sosial dengan masyarakat luas, ketimbang melaksanakan kontrak implisit dengan orang tertentu.

"Jangan sampai ada transaksi diam-diam, malah bahaya itu, nanti ada kepentingan tertentu," tutur Arie. Sebagai transparansi, dia melanjutkan, akan diaudit akuntan publik dan jika memungkinkan hasilnya akan dipublikasikan berapa dana yang masuk. "Berikutnya, sawerannya bisa untuk membiayai kepemimpinan daerah, semua sektor. Ini untuk kebaikan kok," ujar Arie.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sudirman Said-Ida Fauziah Luncurkan Saweran Jateng untuk Kampanye
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- POLITIK -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Survei KedaiKOPI: Nama Jokowi Masih Tetap Masuk Capres 2024?

(12-04-2021 18:20:56 - Dibaca 317 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PKS Kritik Denwalsus Bentukan Menhan Prabowo, Mengapa?

(12-04-2021 16:18:53 - Dibaca 246 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kubu Moeldoko Ungkap Bukti SBY Daftarkan Merek Partai Demokrat Atas Nama Pribadi?

(09-04-2021 08:01:42 - Dibaca 520 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Ini Saran Ahok Kepada Walikota Gibran Saat Bertemu di Solo!

(08-04-2021 09:47:01 - Dibaca 385 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kubu Moeldoko Ditolak Pemerintah, Ini Kata Ibas!

(31-03-2021 16:24:46 - Dibaca 249 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kubu Moeldoko Sebut Semasa SBY Jadi Presiden, Paham Radikal Tumbuh Subur!

(29-03-2021 11:41:57 - Dibaca 366 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Disebut Cocok Gantikan Moeldoko Jadi KSP, Ini Respons Fahri Hamzah!

(28-03-2021 16:23:18 - Dibaca 398 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Lawan Gibran di Pilgub DKI, Demokrat Siapkan Dede Yusuf Hingga Emil Dardak?

(26-03-2021 14:07:08 - Dibaca 963 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Max Sopacua Sentil Ibas di Kasus Korupsi Hambalang?

(25-03-2021 16:51:15 - Dibaca 475 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Konpers Demokrat Moeldoko Bakal Digelar di Proyek Mangkrak SBY?

(25-03-2021 08:24:31 - Dibaca 913 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Ketum PAN Bicara Soal Capres Kalah Masuk Kabinet?

(24-03-2021 21:22:44 - Dibaca 418 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Partai Demokrat Klaim Marzuki Alie Bukan Siapa-siapa Tanpa SBY?

(24-03-2021 11:32:02 - Dibaca 225 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 270 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 481 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 192 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?

(13-04-2021 17:37:06 - Dibaca 313 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!

(13-04-2021 17:22:15 - Dibaca 977 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

(13-04-2021 17:17:38 - Dibaca 147 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Timnas Indonesia Bakal Gelar TC di Jakarta Pada 1 Mei!

(13-04-2021 15:25:01 - Dibaca 227 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 402 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Kisah Arpiet Coba Gabung ISIS: Jual Rumah Rp6 M, Berujung Bui

(13-04-2021 15:01:41 - Dibaca 2.129 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Perhatian! Ini Jadwal Buka Puasa Hari Pertama 13 April

(13-04-2021 14:42:10 - Dibaca 150 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 827 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Setelah Jadi Nama Jalan, Pangeran Arab Akan Investasi Pabrik Vaksin di RI

(13-04-2021 10:53:01 - Dibaca 655 Kali)

Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!