Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

 
loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
 
09-04-2018 19:17:07 - Dibaca 4.873 Kali
 
 
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
tempo.co
 
loading...
 
Pemerintah DKI Jakarta akan mengganti program pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) era Ahok dengan Taman Maju Bersama. Namun pengamat tata kota Nirwono Joga menduga pemerintahan Anies-Sandi tak memiliki konsep yang jelas untuk program pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Program Taman Maju Bersama besutan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini dicurigai sebagai komoditas politik karena tak ingin melanjutkan program pembangunan RPTRA warisan pemerintahan Ahok. “Sampai hari ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman belum memiliki konsep apa itu Taman Maju Bersama dan Taman Pintar,” ujar pengamat tata kota dari kelompok Peta Hijau, Nirwono Joga, saat dihubungi Tempo, Ahad 8 April 2018.

Nirwono mengungkapkan bahwa dirinya dihubungi oleh satu anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) ihwal konsep taman baru tersebut. Menurut dia, pemerintah DKI masih mencari-cari konsep. “Kalau belum punya konsep yang jelas kenapa nama itu dikeluarkan?” ujar Nirwono.
 
 


Program Taman Maju Bersama mencuat setelah Anies Baswedan memberikan pidato dalam rapat paripurna di gedung DPRD, yang membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Selasa pekan lalu. Anies menyebutkan akan membangun ruang terbuka hijau. RTH itu, kata Anies, nantinya akan berbentuk Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Dalam draf RPJMD 2017–2022 itu, konsep Taman Maju Bersama hanya tertulis untuk area rekreasi dan edukasi. Selain itu, dapat mengakomodasi kegiatan warga yang bernilai sosial, ekonomi, dan budaya. Adapun untuk Taman Pintar, hanya disebutkan akan memiliki fasilitas yang akan memberikan nilai tambah rekreasi dan edukasi.

Konsep seperti itu langsung dipertanyakan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta dalam rapat lanjutan antara pemerintah DKI dan Komisi D, Rabu pekan lalu. Bestari Barus dari Fraksi NasDem, misalnya, menilai secara konsep taman itu sama dengan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Menurut Bestari, RPTRA juga dapat mengakomodasi berbagai kegiatan masyarakat. “Hanya beda nama. Ini seperti beda nama antara SMA, SLTA, SMU,” ujar Bestari. Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Djafar Muchlisin, berkukuh RPTRA berbeda dengan Taman Maju Bersama. Menurut dia, RPTRA memiliki banyak keterbatasan. Itu sebabnya pula, dia menambahkan, pembangunan RPTRA disetop hanya sampai tahun ini. “Kalau Taman Maju Bersama, semua bisa berpartisipasi,” ujar dia.

Kegiatan yang dapat diadakan di Taman Maju Bersama, kata Djafar, di antaranya kajian keagamaan hingga kegiatan ekonomi. “Jadi, di sana enggak terpaku pada kegiatan anak-anak saja.”

Di sisi lain, Djafar mengatakan, Taman Maju Bersama juga tak akan banyak memiliki bangunan keras. “Karena kan untuk ruang terbuka hijau. Jadi, untuk resapan air,” kata dia.

Adapun Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Agustino Darmawan, mengatakan jumlah RPTRA di Jakarta dicukupkan karena dinilai sudah melampaui target. DKI awalnya menargetkan RPTRA ada di 267 kelurahan. Saat ini, sudah ada 290 RPTRA.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Pembangunan RPTRA Era Ahok Disetop, Diganti Taman Maju Bersama
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 268 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 190 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Ini Penampakan Alat Damkar DKI yang Pembeliannya Kelebihan Rp 6,5 M

(12-04-2021 17:15:17 - Dibaca 638 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Pembayaran Alat Damkar Kelebihan Rp 6,5 M, Ini Kata Pemprov DKI!

(12-04-2021 16:42:29 - Dibaca 863 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
BPK Temukan Kejanggalan Pembayaran Alat Damkar DKI, Kelebihan Rp 6,5 Miliar?

(12-04-2021 16:29:50 - Dibaca 1.244 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Prasasti Sepeda di Jakarta, Akankah Bernasib Seperti Getih Getah dan Batu Gabion?

(10-04-2021 20:03:09 - Dibaca 3.517 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Pedemo Anies, Wagub DKI: Jangan Asal Bicara!

(08-04-2021 09:15:51 - Dibaca 313 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Anies Nonaktifkan Kepala BPBJ Karena Diduga Lakukan Pelecehan Seksual?

(29-03-2021 18:13:21 - Dibaca 174 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Harus Bertahan Hidup di Jakarta, Ini Nestapa Pengamen Ondel-ondel!

(25-03-2021 19:29:08 - Dibaca 189 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Ini Alasan Anies Tak Kerahkan Robot Pemadam ke Matraman

(25-03-2021 14:52:04 - Dibaca 142 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Jakpro Masih Cari Lokasi Lain Untuk Formula E?

(23-03-2021 23:27:08 - Dibaca 269 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Rumah DP 0 Rupiah, Wagub Klaim Batas Gaji Rp14 Juta Ikuti PUPR???

(17-03-2021 21:28:31 - Dibaca 745 Kali)

 
- BERITA LAIN -
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 268 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 479 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 190 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?

(13-04-2021 17:37:06 - Dibaca 310 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!

(13-04-2021 17:22:15 - Dibaca 971 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

(13-04-2021 17:17:38 - Dibaca 147 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Timnas Indonesia Bakal Gelar TC di Jakarta Pada 1 Mei!

(13-04-2021 15:25:01 - Dibaca 224 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 401 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Kisah Arpiet Coba Gabung ISIS: Jual Rumah Rp6 M, Berujung Bui

(13-04-2021 15:01:41 - Dibaca 2.124 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Perhatian! Ini Jadwal Buka Puasa Hari Pertama 13 April

(13-04-2021 14:42:10 - Dibaca 150 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 825 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Setelah Jadi Nama Jalan, Pangeran Arab Akan Investasi Pabrik Vaksin di RI

(13-04-2021 10:53:01 - Dibaca 655 Kali)

Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!