Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

 
loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
 
08-04-2021 09:54:52 - Dibaca 199 Kali
 
 
MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Ilustrasi swab antigen Covid-19. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
 
loading...
 
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan hukum rapid test antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) alias tes swab tidak membatalkan ibadah puasa, sehingga dapat dilakukan di siang hari.

"Kemarin sudah dirapatkan, hasilnya tes swab intinya tidak membatalkan puasa," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin Abdul Fatah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (8/4).

Hasanuddin menjelaskan swab test boleh dilakukan lantaran pengambilan sampel pada nasofaring atau bagian atas tenggorokan yang ada di belakang hidung, dan orofaring atau saluran antara mulut dan tenggorokan, tidak menyebabkan cairan masuk ke dalam tubuh hingga muntah.
 
 


"Pertimbangannya memang tidak ada hal-hal yang membatalkan puasa. Memasukkan lidi menyerupai korek kuping itu melalui hidung dan melalui mulut itu kedalamannya tidak sampai membuat orang muntah begitu kan. Hanya sifatnya paling maksimal merangsang untuk muntah saja," jelasnya.

Selain itu, alat sejenis cotton bud atau kapas lidi yang digunakan untuk mengambil sampel lendir termasuk kategori benda padat sehingga tidak membuat ibadah puasa menjadi batal. Hasanuddin mengaku pihaknya juga telah meminta saran dari ahli kesehatan untuk memutuskan fatwa ini.

"Pernah saya tanyakan, di ujung lidi itu sama sekali tidak ada atau ada cairan atau apa begitu. Nah, menurut ahli tidak ada sama sekali, kering, jadi tidak apa-apa," kata dia.


Namun demikian, Hasanuddin mengaku fatwa tersebut masih disusun sehingga belum disiarkan kepada publik. Secepatnya, MUI akan mengeluarkan fatwa tersebut agar dapat dijadikan pedoman bagi pelaksanaan tes swab di lapangan.

"Kemarin baru dirapatkan dan kesimpulannya seperti itu, tinggal dibuat fatwa tertulis saja," katanya.

Selain swab test, MUI sebelumnya juga menetapkan fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa. Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh mengatakan, vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan cara injeksi intramuskular.

Intramuskular sendiri merupakan teknik vaksinasi yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot. Tindakan ini, kata dia, boleh dilakukan pada siang hari saat Ramadan dengan catatan tidak menimbulkan bahaya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: MUI: Tes Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 479 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 401 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 826 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Viral! Petugas Damkar Depok Ini Bongkar Korupsi Tapi Malah Diminta Mundur?

(12-04-2021 17:56:56 - Dibaca 1.059 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Sungai di Madiun Mulai Meluap Usai Diguyur Hujan 6 Jam, Ngawi Siaga Banjir

(11-04-2021 13:35:48 - Dibaca 368 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
10 Ribu Buruh Bakal Turun ke Jalan Besok, Mau apa?

(11-04-2021 13:00:23 - Dibaca 741 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Gempa Susulan M 5,5 Guncang Malang, Tidak Berpotensi Tsunami!

(11-04-2021 08:08:53 - Dibaca 239 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Ini 7 Fakta Gempa yang Mengguncang Malang!

(11-04-2021 08:02:46 - Dibaca 1.150 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Viral Istri Bupati Sumba Timur Pikul Bantuan Terjang Jalan Berlumpur

(10-04-2021 12:16:57 - Dibaca 1.035 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Ini Kronologi Anggota Ormas Bubarkan Jaran Kepang & Ludahi Warga

(08-04-2021 14:00:35 - Dibaca 1.279 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Ahok Kenang Pertama Kali Jumpa Jokowi di Solo Saat Bertemu Gibran!

(08-04-2021 08:53:51 - Dibaca 652 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Ahok dan Gibran Bertemu di Solo, Bahas apa?

(08-04-2021 08:41:41 - Dibaca 677 Kali)

 
- BERITA LAIN -
MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 270 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 479 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 190 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?

(13-04-2021 17:37:06 - Dibaca 313 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!

(13-04-2021 17:22:15 - Dibaca 975 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

(13-04-2021 17:17:38 - Dibaca 147 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Timnas Indonesia Bakal Gelar TC di Jakarta Pada 1 Mei!

(13-04-2021 15:25:01 - Dibaca 224 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 401 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Kisah Arpiet Coba Gabung ISIS: Jual Rumah Rp6 M, Berujung Bui

(13-04-2021 15:01:41 - Dibaca 2.128 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Perhatian! Ini Jadwal Buka Puasa Hari Pertama 13 April

(13-04-2021 14:42:10 - Dibaca 150 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 826 Kali)

MUI Tegaskan Tes Antigen dan Swab Covid Tidak Membatalkan Puasa!
Setelah Jadi Nama Jalan, Pangeran Arab Akan Investasi Pabrik Vaksin di RI

(13-04-2021 10:53:01 - Dibaca 655 Kali)

Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!