Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

 
loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
 
13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 997 Kali
 
 
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Bibit siklon tropis 94W di perairan Pasifik Barat utara Papua (Foto: dok. BMKG)
 
loading...
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbarui potensi dampak bibit siklon tropis 94W yang terbentuk di sekitar perairan Pasifik Barat utara Papua. Sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga banjir bandang.

"Saat ini, bibit siklon 94W tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam) dengan tekanan di pusatnya mencapai 1.006 mb," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (13/4/2021).

Guswanto mengatakan, berdasarkan pantauan citra satelit Himawari-8, kanal inframerah menunjukkan adanya pumpunan awan konvektif. Terlihat juga deep convective yang dapat bertahan lebih dari 6 jam. Data ini dipantau per pukul 07.00 WIB.
 
 


Dari analisis angin per lapisan, Guswanto menyebut, sirkulasi tampak terbentuk dengan baik pada lapisan bawah hingga menengah. Pada lapisan menengah, sirkulasi masih terlihat melebar. Sementara itu, pada lapisan atas kecepatan angin lemah dan divergensi kuat (20-30 per second). Shear vertikal lemah (5-10 knot), serta vortisitas lapisan bawah cukup kuat dan suhu muka laut yang hangat (29-30 °C).

"Dari model prediksi numerik teridentifikasi bahwa sistem 94W bergerak ke barat-barat laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori tinggi," kata dia.

Guswanto mengatakan bibit siklon tropis ini akan memberikan dampak secara tidak langsung selama 24 jam ke depan. Dampak tersebut adalah potensi hujan sedang hingga lebat serta potensi gelombang tinggi.


"Keberadaan bibit siklon tropis 94W dalam 24 jam ke depan ini memberikan dampak tidak berupa potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang dalam 24 jam ke depan," kata dia.

Berikut daerah terdampak hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir:

1. Kalimantan Timur
2. Kalimantan Utara
3. Sulawesi Utara
4. Gorontalo
5. Sulawesi Tengah
6. Sulawesi Barat
7. Sulawesi Selatan
8. Sulawesi Tenggara
9. Maluku Utara
10. Papua Barat
11. Papua
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga

(18-05-2021 16:23:44 - Dibaca 257 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu

(17-05-2021 16:28:39 - Dibaca 193 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Lima Tahanan BNN Sumut Kabur Bersenjatakan Air Cabai?

(17-05-2021 14:38:17 - Dibaca 132 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Diamankan Polisi, Wanita yang Maki Petugas saat Diputar Balik di Anyer Akhirnya Minta Maaf?

(17-05-2021 14:27:21 - Dibaca 304 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Soal SK Penonaktifan, Novel Dkk Bakal Ajukan Keberatan ke Firli?

(17-05-2021 14:12:17 - Dibaca 149 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Prajurit TNI Disebut Sembuh COVID Setelah Minum Racikan Air Kelapa?

(16-05-2021 19:51:58 - Dibaca 370 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Tak Terima Diputbal, Wanita Ini Maki-maki Petugas?

(16-05-2021 17:03:53 - Dibaca 270 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Buntut Antigen Bekas Kualanamu, Seluruh Direksi KF Diagnostika Dipecat!

(16-05-2021 11:14:53 - Dibaca 332 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Peringatan Dini BMKG Sabtu, 15 Mei 2021: 28 Wilayah Ini Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem!

(15-05-2021 09:12:16 - Dibaca 1.832 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Sungguh Tragis! Warga Kediri Tewas Tubuh Terbelah Gegara Ledakan Petasan

(14-05-2021 08:00:52 - Dibaca 405 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Ini 5 Fakta Kasus Petasan Maut yang Tewaskan 4 Orang di Kebumen

(14-05-2021 07:54:53 - Dibaca 602 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Masih Tak Terima Kenyataan, Novel Baswedan Tulis Ini di Twitternya!

(13-05-2021 10:26:51 - Dibaca 767 Kali)

 
- BERITA LAIN -
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Polisi Ciduk Remaja di Sulsel Usai Cabuli Anak di Bawah Umur di Kuburan?

(18-05-2021 21:50:05 - Dibaca 87 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Keji! Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kekejaman Teroris MIT Poso Penggal Warga

(18-05-2021 16:23:44 - Dibaca 257 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Tak Terima Ditegur Majikan, Seorang ART Tega Aniaya Majikan?

(18-05-2021 15:15:40 - Dibaca 100 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!

(18-05-2021 14:51:39 - Dibaca 441 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan

(18-05-2021 10:13:29 - Dibaca 130 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

(18-05-2021 09:54:51 - Dibaca 114 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Soal Guru Ngaji Perkosa Murid di Masjid Bekasi, PBNU Minta Dihukum Berat!

(18-05-2021 09:43:01 - Dibaca 661 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Jaksa Tuntut Rizieq 2 Tahun Penjara Kasus Kerumunan Petamburan?

(17-05-2021 21:00:10 - Dibaca 508 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Eric Clapton Ungkap Reaksi Parah Vaksin AstraZeneca Pada Dirinya!

(17-05-2021 20:49:21 - Dibaca 174 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu

(17-05-2021 16:28:39 - Dibaca 193 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Kronologi Tahanan BNN Sumut Kabur: Siram Air Cabai dan Keroyok Petugas?

(17-05-2021 14:45:26 - Dibaca 108 Kali)

BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!
Lima Tahanan BNN Sumut Kabur Bersenjatakan Air Cabai?

(17-05-2021 14:38:17 - Dibaca 132 Kali)

Diserang OTK di Yahukimo Papua, Satu Anggota TNI Gugur!
Air Hidup: Penjagaan Malaikat Tuhan
Waduh! Pengelola Centro Dinyatakan Pailit?

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN BOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE
POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.