Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

loading...
 

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
 
13-06-2021 10:02:14 - Dibaca 254 Kali
 
 
Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
 
loading...
 
Penulis sekaligus guru besar Universitas Indonesia, Toeti Heraty Noerhadi Roosseno, meninggal dunia pada Minggu (13/6) pada usia 87 tahun.

"Telah berpulang ke ramatullah dengan tenang Ibunda/Bude/Ibu Mertua/Buyut yang tercinta Prof. Dr. Toeti Heraty Noerhadi binti R. Roosseno pada usia 87 tahun di RS MMC Jakarta pada hari Minggu, 13 Juni 2021, pukul 05.10 pagi karena sakit," demikian pernyataan keluarga yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (13/6).

"Almarhumah akan disemayamkan di rumah duka: Jl. Cemara No.6, Menteng, Jakarta Pusat. Insya Allah dimakamkan bada' dzuhur di TPU Karet Bivak. Mohon doa dan dibukakan pintu maaf untuk almarhumah," lanjut pernyataan yang bertanda tangan dari anak-anak serta cucu-cucu Toeti.


Akademisi UI dan dokter Pandu Riono juga mengabarkan hal serupa di media sosialnya, Minggu (13/6).

Toeti merupakan sastrawan sekaligus filsuf kenamaan di Indonesia. Lulus sebagai sarjana muda kedokteran Universitas Indonesia pada 1955, psikologi UI pada 1962, Toeti juga menjadi sarjana filsafat dari Rijk Universiteit Leiden Belanda pada 1974. Pada 1979, ia lulus sebagai doktor filsafat dari Universitas Indonesia.

Selain sebagai akademisi dan mengajar di sejumlah universitas, Toeti juga aktif sebagai penulis. Ia pernah mengikuti sejumlah festival internasional, seperti di Rotterdam pada 1981, Iowa pada 1984. Puisi-puisi karya Toeti juga telah diterjemahkan ke beberapa bahasa asing, seperti Belanda, Inggris, Jerman, Rusia, dan Prancis.


Toeti Heraty bahkan sempat dijuluki sebagai satu-satunya penyair kontemporer perempuan terkemuka di Indonesia, berkat karyanya yang memiliki tingkat metafora yang kompleks.

Ia juga dianggap sebagai salah satu pemikir feminisme generasi pertama dan menghasilkan banyak pemikiran penting soal perempuan. Puisinya merefleksikan bukan hanya feminisme, tetapi juga kecintaan pada seni.

Toeti Heraty tercatat telah melahirkan sejumlah buku, seperti Sajak-sajak 33 (1973), Seserpih Pinang Sepucuk Sirih (1979), Mimpi dan Pretensi (1982), Aku dalam Budaya (1984), Antologi Puisi Indonesia 1997 (ap, 1977), dan Sembilan Kerlip Cermin (ap, 2000).

Salah satu karya Toeti, Calon Arang: the Story of A Woman Victimized by Patriarchy, adalah lirik yang setebal buku. Karya itu berisi pandangan kritis soal persepsi dari figur tipikal Indonesia, Calon Arang.

Puisi itu disebut menghadirkan gambaran tiga dimensi dari seorang perempuan yang mencoba betahan atas lingkungan patriarki yang represif. Namun ia justru dianggap sebagai penyihir.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Kemarahan Panglima atas Tindakan Anggota TNI AU yang Injak Kepala Warga Disabilitas!

(28-07-2021 15:45:41 - Dibaca 307 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Mobil Mustang V8 Terbakar di Pondok Indah, Ini Penyebabnya!

(26-07-2021 20:05:48 - Dibaca 176 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Gempa M 6,5 Guncang Tojo Una-Una Sulteng

(26-07-2021 19:51:01 - Dibaca 200 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Soal Muncul Seruan 'Jokowi End Game', Ade Armando: Ditunggangi Politikus Busuk!

(23-07-2021 13:40:37 - Dibaca 210 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Gempa M 5,0 Guncang Luwu Timur Sulsel, Tak Berpotensi Tsunami

(17-07-2021 18:18:36 - Dibaca 259 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
dr Tirta Kritik Akun COVID-19 Banten, Gubernur: Kurang Kerjaan, Turun ke Lapangan!

(16-07-2021 18:36:19 - Dibaca 349 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?

(16-07-2021 18:08:13 - Dibaca 206 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Ade Armando Ungkap Dugaan Pemerasan Warga dari LN dengan Karantina di Hotel

(16-07-2021 09:08:01 - Dibaca 283 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Ini Pemjelasan BMKG Soal Gelombang Setinggi 6 Meter Terjang Palabuhanratu

(14-07-2021 17:08:05 - Dibaca 575 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Viral Video Vaksinator yang Diduga Tak Tekan Fluger Suntikan, Ini Kata Bupati Karawang!

(14-07-2021 11:10:41 - Dibaca 380 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Siswi SMP di Jombang Ini Dihamili Kekasih hingga Buang Bayi ke Sungai

(13-07-2021 17:46:30 - Dibaca 379 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Masih Ada Masjid di DKI Gelar Salat Jumat, Ini Kata MUI!

(10-07-2021 08:40:30 - Dibaca 373 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!

(30-07-2021 10:37:48 - Dibaca 202 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!

(30-07-2021 08:59:40 - Dibaca 106 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

(30-07-2021 07:37:05 - Dibaca 248 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(29-07-2021 18:27:41 - Dibaca 310 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo

(29-07-2021 18:06:42 - Dibaca 306 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

(29-07-2021 06:44:25 - Dibaca 230 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Anggota DPR Dapat Hotel Buat Isoman, Politikus PKS Tak Persoalkan?

(29-07-2021 06:32:59 - Dibaca 153 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Tekuk Singapore, Jonatan Christie Mantap ke Fase Gugur!

(28-07-2021 20:07:12 - Dibaca 254 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Kemarahan Panglima atas Tindakan Anggota TNI AU yang Injak Kepala Warga Disabilitas!

(28-07-2021 15:45:41 - Dibaca 307 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Wow! Filipina Beri Bonus Rp9,5 Miliar ke Peraih Emas Olimpiade

(28-07-2021 14:32:39 - Dibaca 182 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Sedih! Praveen/Melati Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(28-07-2021 09:22:06 - Dibaca 294 Kali)

Kabar Duka! Penulis Toeti Heraty Meninggal Dunia pada Usia 87 Tahun
Pemerintah Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya yang ke Indonesia?

(28-07-2021 08:47:39 - Dibaca 235 Kali)

Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi!

10. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.