Quartararo Tak Berkutik Lawan Ducati di Kualifikasi MotoGP San Marino?
Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA, Cek Syaratnya Disini!
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!

loading...
 

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
 
16-07-2021 18:08:13 - Dibaca 318 Kali
 
 
Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Ilustrasi penanganan kasus Covid-19 warga asing. (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
 
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku tidak terlibat dalam tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri.

Hal itu ia ungkapkan menyusul ramainya pemberitaan dugaan manipulasi hasil tes PCR seorang WNI. Ia disebut mendapat hasil positif dari hasil tes PCR kedua meski tanpa gejala.

Dalam pemberitaan itu disebutkan bahwa tes dilakukan oleh BNPB di hotel tempat WNI itu melakukan karantina. WNI itu juga disebut tidak diperbolehkan melakukan tes PCR ulang secara mandiri.

"Di sini saya tegaskan implementasi di lapangan seperti pengambilan swab PCR, ambulans, dan pengawasan atau tindak izinkan WNA-WNI untuk tes pembanding bukan dari BNPB," ucap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Ahmad Muhari dalam diskusi daring, Jumat (16/7).

Meski begitu, pihaknya sudah memanggil pihak manajemen dari hotel untuk memastikan kebenaran tudingan itu sekaligus akan melakukan investigasi internal.

"Jika benar ada BNPB [terlibat] di situ, tentu saja secara internal kita akan lakukan investigasi, dari mana, dari unit eselon berapa, dan kita tentu akan lakukan sanksi-sanksi sesuai hukum, tetapi jika bukan petugas BNPB kita akan meminta manajemen hotel mengklarifikasi ini hitam di atas putih," tuturnya.


Ahmad menjelaskan setiap WNA dan WNI yang masuk ke Indonesia harus melakukan tes PCR dua kali dan karantina selama 8 hari. Tes PCR pertama dilakukan ketika WNI/WNA baru tiba di Indonesia. Sedangkan tes kedua dilakukan pada hari ketujuh masa karantina.

Ia mengatakan ketentuan itu diatur dalam adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi.

Selain itu, ia juga mengatakan WNA/WNI yang tiba di Indonesia boleh melakukan tes pembanding. Tes tersebut hanya bisa dilakukan di tiga lab yang telah ditetapkan. Tiga lab itu di antaranya adalah lab RSPAD, RS Polri, yang ketiga RS Cipto Mangunkusumo.

"Dengan klarifikasi ini tidak ada lagi pemberitaan yang menyebutkan tidak ada WNA dan WNI atau dilarang mendapatkan tes pembanding. Itu hak dari mereka dan itu kita jamin," ujarnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!

(16-09-2021 06:10:47 - Dibaca 956 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Hujan Es Guyur Banjarnegara...?

(16-09-2021 05:58:53 - Dibaca 301 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Yenny Wahid Buka Suara Soal Santri Tutup Kuping saat Dengar Musik

(15-09-2021 09:09:07 - Dibaca 843 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Tasikmalaya Diguncang Gempa M 4,4

(14-09-2021 17:25:54 - Dibaca 286 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
BMKG Ingatkan Kembali Soal Tsunami Pacitan 28 Meter yang Tiba 29 Menit!

(14-09-2021 09:23:10 - Dibaca 1.157 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Bapak di Ngada NTT Ini Gantung Diri Usai Nikahkan Anaknya?

(12-09-2021 09:46:09 - Dibaca 398 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Luar Biasa! Remaja Indonesia Ini Sabet Emas dan Perak di Olimpiade Matematika

(12-09-2021 09:04:30 - Dibaca 416 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Satu Keluarga di Kalsel Tewas Gegara Tertimbun Ratusan Lusin Pakaian?

(11-09-2021 13:02:45 - Dibaca 301 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
PPP-PKB: Kasus Lahan Rocky Gerung Tak Ada Kaitan dengan Pembungkaman!

(11-09-2021 08:28:58 - Dibaca 541 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Mantan Imam FPI Banten Jadi Ketum Front Persaudaraan Islam?

(07-09-2021 10:55:04 - Dibaca 614 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
KKB di Maybrat Tembaki Rombongan Danrem, Jembatan Dirusak!

(07-09-2021 08:02:22 - Dibaca 423 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Sikka NTT Diguncang Gempa Magnitudo 3,8

(06-09-2021 12:34:47 - Dibaca 349 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Quartararo Tak Berkutik Lawan Ducati di Kualifikasi MotoGP San Marino?

(18-09-2021 22:11:30 - Dibaca 333 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA, Cek Syaratnya Disini!

(18-09-2021 17:33:35 - Dibaca 384 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Setelah 90 Hari Berada di Luar Angkasa!

(17-09-2021 14:53:29 - Dibaca 247 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Dovizioso Pakai Yamaha di MotoGP 2021, Ini Respons Penasaran Rossi!

(17-09-2021 07:44:50 - Dibaca 385 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Koruptor Rp120 Miliar Bank Mandiri Ditangkap di Bandung Setelah Buron 15 Tahun!

(17-09-2021 06:57:11 - Dibaca 728 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Bejat! Gadis di Bawah Umur Ini Diperkosa Ayah dan Kakak Kandung

(16-09-2021 17:27:47 - Dibaca 445 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Jadi Tersangka Korupsi, Alex Noerdin Ditahan Kejagung!

(16-09-2021 16:19:04 - Dibaca 346 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Luar Biasa! Jokowi Temui Pengusaha Warteg di Istana

(16-09-2021 10:24:49 - Dibaca 401 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Emerson Yuntho: Valentino Rossi Tak Mungkin Dapat SIM C di Indonesia!

(16-09-2021 09:19:25 - Dibaca 417 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!

(16-09-2021 06:10:47 - Dibaca 956 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Hujan Es Guyur Banjarnegara...?

(16-09-2021 05:58:53 - Dibaca 301 Kali)

Soal Dugaan Manipulasi PCR, BNPB Sebut Tak Terlibat Ambil Swab?
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 716 Kali)

Dovizioso Pakai Yamaha di MotoGP 2021, Ini Respons Penasaran Rossi!
Koruptor Rp120 Miliar Bank Mandiri Ditangkap di Bandung Setelah Buron 15 Tahun!
Bejat! Gadis di Bawah Umur Ini Diperkosa Ayah dan Kakak Kandung

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?