Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

loading...
 

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
 
16-09-2021 06:10:47 - Dibaca 1.204 Kali
 
 
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Letjen TNI Dudung Abdurachman (CNN Indonesia)
 
 
Pernyataan Letjen TNI Dudung Abdurachman soal 'semua agama sama' menuai tanggapan positif dari Menteri Agama dan BPIP. Namun, ada suara berbeda dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pernyataan soal agama itu disampaikan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) kepada para prajuritnya, saat kunjungan di Batalion Zipur 9 Kostrad, Ujungberung, Bandung, Jawa Barat, Senin (13/9), lalu.

Dudung mulanya meminta prajurit TNI AD untuk bijak dalam bermedia sosial. Dia meminta mereka menghindari sikap fanatisme yang berlebihan terhadap agama. Sebab, menurutnya, semua agama sama di mata Tuhan Yang Maha Esa.

"Bijaklah dalam bermain media sosial sesuai dengan aturan yang berlaku bagi prajurit. Hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama. Karena semua agama itu benar di mata Tuhan," kata Dudung, dikutip detikcom dari keterangan pers Penerangan Kostrad, Selasa (14/9).

Dudung juga mengingatkan prajuritnya untuk selalu bersyukur atas segala kondisi, terkhusus dalam situasi pandemi COVID-19. Dia lalu menekankan soal profesional dan proporsional, baik dalam latihan maupun menerapkan tradisi pembinaan terhadap prajurit baru. Dudung meminta perilaku yang bersifat kekerasan dihindari oleh prajuritnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sepakat dengan Dudung. Yaqut mengatakan semua yang berlebihan memang tidaklah baik.

"Semua yang berlebihan kan tidak baik," kata Yaqut kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Yaqut mengatakan fanatisme terhadap agama perlu diarahkan ke diri sendiri, bukan terhadap orang lain. Arah fanatisme ke dalam diri bisa menjadikan seseorang erat memegang keyakinannya. Namun fanatisme tidak perlu diarahkan untuk orang lain yang berbeda keyakinan.


Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) juga memberi respons positif. BPIP menilai sikap inklusif yang dimiliki Dudung perlu dimiliki oleh semua pemimpin di berbagai level di Indonesia.

"Pemimpin Indonesia harus seperti itu," kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo, kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Namun Benny menekankan pernyataan Dudung harus ditempatkan sesuai dengan konteks dia berbicara. Dudung sedang berbicara di depan prajuritnya, bukan di forum lain. Publik perlu memahami konteks ini.

"Pangkostrad ingin menegakkan kembali Satpa Marga, menggairahkan nilai-nilai keagamaan universal yang berpihak pada kemanusiaan, tidak membeda-bedakan suku dan agama, karena kita bersaudara," kata dia

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI, Cholil Nafis, menanggapi pernyataan Dudung bahwa 'semua agama itu benar di mata Tuhan'.






Cholil Nafis berbeda pandangan dalam hal keyakinan ranah pribadi. Seseorang yang memeluk agama tentu bakal meyakini agama yang paling benar adalah agama yang dipeluknya. Dengan kenyataan soal keyakinan itu, seseorang harus pula paham bahwa orang lain yang beragama juga punya keyakinan semacam itu. Ini bukan berarti semua agama harus disamakan.

"Semua agama benar. Itu menurut Pancasila untuk hidup bersama di Indonesia. Tapi dalam keyakinannya masing-masing pemeluk agama tetap yang benar hanya agama saya. Nah, dalam bingkai NKRI, kita tak boleh menyalahkan agama lain, apalagi menodai. Toleransi itu memaklumi, bukan menyamakan," kata Cholil dalam kicauan di akun Twitter-nya, Rabu (15/9/2021).

Menurut Cholil, setiap orang yang memeluk agama akan menganggap agama yang dipeluknya paling benar. Cholil menilai harus ada toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Bagi kami, umat Islam, yang benar adalah hanya agama Islam. Kita wajib meyakininya agar iman menancap di hati. Hanya dalam kehidupan sosial berbangsa dan bernegara kita harus punya bertoleransi kepada umat beragama lain," ujarnya.

"Posisi TNI dan pemerintah tentu mengayomi semua umat beragama," lanjut Cholil.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Suara Berbeda MUI Tanggapi Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama'
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 442 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Bandung

(12-10-2021 07:16:28 - Dibaca 522 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Jokowi hingga Ahok Melayat ke Rumah Duka Mendiang Sabam Sirait!

(30-09-2021 18:45:17 - Dibaca 1.051 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
ICW Surati Jokowi Minta Tanggung Jawab Soal Pemecatan Novel Cs...???

(28-09-2021 19:26:41 - Dibaca 784 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Kabar Duka! Ibu Mertua SBY Meninggal Dunia

(20-09-2021 18:51:29 - Dibaca 441 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Hujan Es Guyur Banjarnegara...?

(16-09-2021 05:58:53 - Dibaca 495 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Yenny Wahid Buka Suara Soal Santri Tutup Kuping saat Dengar Musik

(15-09-2021 09:09:07 - Dibaca 1.015 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Tasikmalaya Diguncang Gempa M 4,4

(14-09-2021 17:25:54 - Dibaca 462 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
BMKG Ingatkan Kembali Soal Tsunami Pacitan 28 Meter yang Tiba 29 Menit!

(14-09-2021 09:23:10 - Dibaca 1.322 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Bapak di Ngada NTT Ini Gantung Diri Usai Nikahkan Anaknya?

(12-09-2021 09:46:09 - Dibaca 563 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Luar Biasa! Remaja Indonesia Ini Sabet Emas dan Perak di Olimpiade Matematika

(12-09-2021 09:04:30 - Dibaca 562 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Messi dan Ronaldo Kompak Mandul Gol?

(25-10-2021 06:24:28 - Dibaca 244 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 301 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Jelang Demo 7 Tahun Jokowi, Aparat Jaga Ketat Istana!

(21-10-2021 11:11:33 - Dibaca 442 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?

(19-10-2021 20:19:44 - Dibaca 628 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.534 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 803 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 530 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Ini Jadwal Final Piala Thomas Indonesia Vs China Nanti Malam!

(17-10-2021 09:25:03 - Dibaca 848 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 970 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 615 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 931 Kali)

Letjen Dudung Bicara 'Semua Agama Sama', Ini Suara Berbeda dari MUI!
Luar Biasa! Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Internasional

(13-10-2021 05:48:42 - Dibaca 607 Kali)

JK Sebut Dari 10 Orang Kaya di RI, Hanya 1 yang Beragama Islam?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.