Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!



loading...

Sarangberita.com > Internasional
 
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
 
18-06-2018 18:52:57 - Dibaca 586 Kali
 
 
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara resmi menerima warisan harta kekayaan kerajaan senilai 30 miliar dolar AS atau sekitar Rp 422 triliun.

Raja yang naik tahta pada Oktober 2016 itu telah menandatangani pengambilalihan kekayaan milik kerajaan Thailand pada Sabtu (16/6/2018) lalu.

Raja Maha Vajiralongkorn menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej, yang telah mangkat, usai memerintah selama tujuh dekade, sejak 1946.

Pihak kerajaan Thailand tidak pernah mengumumkan jumlah kekayaan kerajaan secara pasti kepada publik dan dilindungi oleh hukum kerajaan dari segala bentuk pemeriksaan.

Namun para pakar memperkirakan, Dinasti Chakri, yang kini berkuasa di kerajaan Thailand, merupakan dinasti kerajaan terkaya di dunia.


Menurut majalah Forbes pada 2011, Raja Bhumibol memiliki kekayaan lebih dari 30 miliar dolar AS dan menempati peringkat teratas orang terkaya di dunia.

Pada masa Raja Bhumibol, sebagian besar kekayaan milik kerajaan tersebut dikelola oleh Biro Kekayaan Mahkota (CPB) yang tidak transparan. Namun diyakini mencakup kepemilikan properti dan investasi di perusahaan-perusahaan besar.

Namun mulai Juli tahun lalu, junta Thailand telah mengubah undang-undang kekayaan kerajaan yang berlaku sejak 69 tahun lalu dan memberikan Raja Vajiralongkorn kewenangan penuh atas CPB.

Perubahan tersebut dipandang sebagai salah satu langkah yang diambil Raja Vajiralongkorn untuk meningkatkan kewenangannya atas birokrasi di kerajaan dan kendali atas kekayaan kerajaan usai mengambil alih tahta.

Dalam amandemen undang-undang tersebut, maka seluruh aset kekayaan kerajaan akan dipindahkan dan diambil alih oleh raja, sehingga dapat dikelola dan dipergunakan berdasar kebijaksanaan raja. Demikian diumumkan dalam laman situs resmi CPB.

Dalam dokumen tak bertanggal yang dikeluarkan CPB, turut menjelaskan pemindahan seluruh kepemilikan saham CPB atas nama raja.

Biro kerajaan tersebut diketahui memiliki sejumlah investasi yang cukup besar di beberapa perusahaan terbesar Thailand, seperti Siam Commercial Bank dan Siam Cement Company.

Aset dari CPB yang sebelumnya dibebaskan dari pajak, kini dikenakan pajak sesuai dengan kehendak raja.

Di Thailand, pembahasan publik terkait keputusan kerajaan dianggap tabu karena menganut hukum lese majeste yang melihatnya sebagai tindakan penghinaan terhadap kerajaan.

Pelanggaran atas hukum ini diancam 15 tahun penjara untuk setiap pelanggaran. Seluruh media di Thailand juga harus melakukan sensor ketika memberitakan seputar kerajaan agar terhindar dari pelanggaran hukum lese majeste.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Raja Thailand Resmi Terima Warisan Rp 422 Triliun
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- INTERNASIONAL -
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pantai California Dipenuhi Ribuan 'Ikan Penis' yang Terdampar!

(15-12-2019 09:24:26 - Dibaca 2.270 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Inilah Salah Satu Daratan di Bumi yang Tidak Dihuni Oleh Ular!

(06-12-2019 07:35:40 - Dibaca 635 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pengamat Politik Asing Ini Soroti Pengangkatan Ahok Jadi Komut Pertamina!

(24-11-2019 11:31:58 - Dibaca 639 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Jokowi Bahas Perdamaian Palestina Saat Bertemu Sekjen PBB!

(03-11-2019 09:39:28 - Dibaca 295 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Jokowi Bakal Bawa Isu Pembangunan Infrastruktur Indo-Pasific di KTT ASEAN Bangkok!

(02-11-2019 07:48:46 - Dibaca 214 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pemprov DKI Dinilai Belum Punya Standar Taman Ramah Anak, Mengapa?

(30-10-2019 12:58:54 - Dibaca 132 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ma'ruf Amin Tiba di Jepang Hadiri Penobatan Kaisar Naruhito Didampingi Retno!

(21-10-2019 20:02:40 - Dibaca 939 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ketegangan Kembali Terjadi di Hong Kong, Polisi Berhadapan dengan Demonstran!

(24-08-2019 16:22:11 - Dibaca 452 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Doa Pemakaman Mbah Moen Dipimpin Ulama Makkah Bukan Rizieq!

(07-08-2019 08:02:18 - Dibaca 1.601 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Muslim di India yang Lakukan Talak Tiga Bakal Dipidana!

(31-07-2019 10:24:34 - Dibaca 452 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Reaksi Terhadap Bom Bunuh Diri, Tunisia Keluarkan Larangan Pemakaian Niqab!

(08-07-2019 12:27:05 - Dibaca 529 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Menghina Erdogan, Politisi Turki Ini Terancam Bui 17 Tahun!

(28-06-2019 19:00:05 - Dibaca 620 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!

(22-01-2020 21:49:10 - Dibaca 52 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!

(22-01-2020 21:42:44 - Dibaca 103 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

(22-01-2020 21:14:48 - Dibaca 1.477 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?

(22-01-2020 20:42:12 - Dibaca 196 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!

(22-01-2020 20:38:12 - Dibaca 123 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

(22-01-2020 20:30:34 - Dibaca 212 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Eks Dosen IPB Abdul Basith Didakwa Terlibat Pembuatan Bom Molotov!

(22-01-2020 20:24:57 - Dibaca 60 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Ini Kata Pemkot Surabaya Terkait Surat Edaran RW di Surabaya Soal Iuran Nonpribumi!

(21-01-2020 20:16:30 - Dibaca 301 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Soal Iuran Nonpribumi yang Viral, Ini Isi Surat Edarannya!

(21-01-2020 20:01:33 - Dibaca 276 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Soal Rekam Jejak Kontraktor Revitalisasi Monas, Ini Kata Pemprov DKI!

(21-01-2020 19:52:34 - Dibaca 387 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
Mahfud Md Sebut 660 WNI Diduga Terlibat Terorisme Lintas Batas!

(21-01-2020 19:11:54 - Dibaca 143 Kali)

Warisan Senilai Rp 422 Triliun Resmi Diterima Raja Thailand!
e-Budgeting Smart ala Anies Katanya Sudah Siap Digunakan Pada APBD DKI 2021?

(21-01-2020 19:03:45 - Dibaca 181 Kali)

DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

TERPOPULER