Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
 
23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 229 Kali
 
 
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Mayoritas pendukung calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziyah justru akan memilih Presiden Joko Widodo ketimbang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Hal ini berdasarkan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada 23 hingga 30 Mei 2018.

Sebanyak 61,6 persen pendukung Sudirman-Ida menyatakan akan memilih Jokowi apabila Pilpres 2019 digelar saat survei dilakukan.


Sebanyak 31,4 persen lainnya memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sementara, 7 persen sisanya menjawab tidak tahu dan tidak menjawab.

Sementara itu, 80,3 persen pendukung Paslon Ganjar Pranowo- Taj Yasin misalnya mengaku akan memilih Jokowi di Pilpres 2019. Hanya 13 persen yang mengaku akan memilih Prabowo Subianto.

"Di Jawa Tengah Jokowi unggul atas Prabowo, baik pada massa pendukung Ganjar-Taj Yasin maupun pada pendukung Sudirman-Ida," kata peneliti SMRC Sirajuddin Abbas saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

"Namun demikian, dukungan untuk Jokowi di Jawa Tengah lebih kuat pada pemilih Ganjar-Taj Yasin," tambah dia. Sudirman Said dan Ida Fauziyah diusung oleh Gerindra bersama PAN, PKS dan PKB. Sementera Ganjar Pranowo dan Taj Yasin didukung oleh PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar.

Abbas menjelaskan, di Jawa Tengah pemilih Jokowi memang sangat kuat. Sebanyak 66,7 persen masyakarat Jawa Tengah menyatakan akan memilih Jokowi di Pilpres 2019.

Sedangkan hanya 12 persen yang memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Angka tersebut didapat dari hasil survei top of mind, dimana responden tak diberikan pilihan.

Jika survei tertutup dengan dua pilihan Jokowi atau Prabowo, angka diperoleh Jokowi meningkat menjadi 73,5 persen dibanding Prabowo yang memperoleh 16,7 persen.

"Selisihnya sangat jauh antara Jokowi dan Prabowo," ujar dia. Survei SMRC ini dilakukan pada 23 Mei -30 Mei 2018. Jumlah sampel sebanyak 820 orang, yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Toleransi kesalahan (margin of error) survei di masing-masing provinsi diperkirakan kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dibiayai sendiri oleh SMRC.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Survei SMRC: Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- POLITIK -
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 963 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 879 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.007 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

(21-09-2018 16:23:12 - Dibaca 1.482 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Fadli Zon Posting Video 'Goyang Bebek Angsa' Memuat Tudingan Soal PKI, Apa maksudnya?

(21-09-2018 16:10:19 - Dibaca 740 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Temui Prabowo, Presiden PKS dan Ketua Majelis Syuro Tagih Posisi Wagub DKI!

(21-09-2018 09:01:44 - Dibaca 649 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Jokowi Diminta PAN Pecat Mendag, Buwas dan Mentan, Apa maksudnya?

(21-09-2018 08:54:21 - Dibaca 507 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Putuskan Gabung atau Tidak ke Tim Prabowo, Yenny Wahid Minta Waktu 10 hari!

(20-09-2018 21:18:44 - Dibaca 401 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dahnil Anzhar Gabung Timses Prabowo Karena...

(20-09-2018 21:06:01 - Dibaca 661 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

(20-09-2018 20:50:14 - Dibaca 5.964 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Lulung Yakin Bisa Buat PAN Menang di Pileg 2019?

(20-09-2018 09:25:52 - Dibaca 266 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 485 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!

(22-09-2018 21:58:00 - Dibaca 770 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 963 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 879 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.007 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.244 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.356 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 421 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?