Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
 
23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 235 Kali
 
 
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Mayoritas pendukung calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziyah justru akan memilih Presiden Joko Widodo ketimbang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Hal ini berdasarkan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada 23 hingga 30 Mei 2018.

Sebanyak 61,6 persen pendukung Sudirman-Ida menyatakan akan memilih Jokowi apabila Pilpres 2019 digelar saat survei dilakukan.


Sebanyak 31,4 persen lainnya memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sementara, 7 persen sisanya menjawab tidak tahu dan tidak menjawab.

Sementara itu, 80,3 persen pendukung Paslon Ganjar Pranowo- Taj Yasin misalnya mengaku akan memilih Jokowi di Pilpres 2019. Hanya 13 persen yang mengaku akan memilih Prabowo Subianto.

"Di Jawa Tengah Jokowi unggul atas Prabowo, baik pada massa pendukung Ganjar-Taj Yasin maupun pada pendukung Sudirman-Ida," kata peneliti SMRC Sirajuddin Abbas saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

"Namun demikian, dukungan untuk Jokowi di Jawa Tengah lebih kuat pada pemilih Ganjar-Taj Yasin," tambah dia. Sudirman Said dan Ida Fauziyah diusung oleh Gerindra bersama PAN, PKS dan PKB. Sementera Ganjar Pranowo dan Taj Yasin didukung oleh PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar.

Abbas menjelaskan, di Jawa Tengah pemilih Jokowi memang sangat kuat. Sebanyak 66,7 persen masyakarat Jawa Tengah menyatakan akan memilih Jokowi di Pilpres 2019.

Sedangkan hanya 12 persen yang memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Angka tersebut didapat dari hasil survei top of mind, dimana responden tak diberikan pilihan.

Jika survei tertutup dengan dua pilihan Jokowi atau Prabowo, angka diperoleh Jokowi meningkat menjadi 73,5 persen dibanding Prabowo yang memperoleh 16,7 persen.

"Selisihnya sangat jauh antara Jokowi dan Prabowo," ujar dia. Survei SMRC ini dilakukan pada 23 Mei -30 Mei 2018. Jumlah sampel sebanyak 820 orang, yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Toleransi kesalahan (margin of error) survei di masing-masing provinsi diperkirakan kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dibiayai sendiri oleh SMRC.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Survei SMRC: Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- POLITIK -
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 107 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 372 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 186 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 288 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 162 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 349 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(12-11-2018 21:26:50 - Dibaca 912 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Jubir FPI Novel Bamukmin Usul PSI Dibubarkan?

(12-11-2018 20:23:35 - Dibaca 918 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
PKS Tak Sepakat dengan Pernyataan SBY Soal Politik SARA, Mengapa?

(12-11-2018 15:12:13 - Dibaca 243 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Ini Reaksi Gerindra Soal Jokowi Bicara Ada Pihak yang Takuti Rakyat!

(12-11-2018 10:16:24 - Dibaca 116 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Dituding Eggi Sudjana Partai Banci, Ini Kata Demokrat!

(12-11-2018 07:30:00 - Dibaca 956 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Tebar Janji Sandiaga Ke Pedagang Pasar Tanjung Pura!

(11-11-2018 21:20:34 - Dibaca 183 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 418 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 107 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 298 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 372 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 258 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 369 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 186 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 265 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 288 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 162 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 349 Kali)

Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 227 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?