Ini Pembelaan PAN Kepada Amien Rais Soal Penguasaan Lahan di Yogyakarta!
Ferdinand Sempat Sarankan Prabowo Untuk Boikot Debat Capres Kedua, Mengapa?
Alissa Wahid Sebut Isu Agama Dipakai Untuk Raup Suara di Pemilu 2019!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
 
10-08-2018 13:08:26 - Dibaca 411 Kali
 
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KH Ma'ruf Amin dipilih Joko Widodo sebagai cawapresnya untuk Pilpres 2019. Sudahkah Anda mengenal Ma'ruf Amin? Ini biogarfinya.

Dari data yang dihimpun, Ma'ruf yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) lahir di Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943. Ia tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama, namun juga politikus. Ia pernah menjadi anggota dewan, termasuk dari PKB.

"Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU), dan Ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia," ujar Jokowi saat mengumumkan Ma'ruf Amin menjadi cawapresnya, di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Sebagai ulama, Ma'ruf juga aktif di ormas keagamaan. Ia mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Ia mengemban amanat sebagai Rais Aam PBNU untuk periode 2015-2020.


Sosok Ma'ruf termasuk salah satu ulama sepuh yang disegani. Ia diketahui banyak menguasai ilmu agama Islam yang multitalenta di samping berbagai macam ilmu fikih. Kia Ma'ruf Amin juga bisa dibilang merupakan ulama yang responsif terkait berbagai masalah yang sedang dihadapi umat.

Ma'ruf Amin cukup lama berada di dalam jajaran pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari 2000 sampai 2007. Ia pun juga aktif dalam dunia perekonomian. Ia terlibat di dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah.

Ma'ruf merupakan cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten, yang merupakan ulama asli Indonesia yang begitu disegani keilmuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah. Syaikh Nawawi Banten juga merupakan Imam di Masjidil Haram dan memiliki julukan 'Imam Nawawi Atstsani' merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi.

Sebagai santri, Ma'ruf nyantri di Tebuireng Jombang. Ia pun melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Ma'ruf mendapat gelar doktor (HC) dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Ma'ruf dikenal sebagai seorang ulama yang hampir selalu memakai sarung dalam berbagai aktivitas. Lantas apakah ia akan tetap mempertahankan ciri khasnya ini bila nantinya menjadi wapres?

"Ya pokoknya lihat saja nanti," kata Ma'ruf Amin saat ditanya usai mendaftar di KPU, Jumat (10/10).

Dari data yang dihimpun, berikut karir Ma'ruf Amin hingga saat ini:

- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antaragama (2010 - 2014)
- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
- Anggota Koordinator Da'wah (KODI) DKI Jakarta
- Anggota BAZIS DKI Jakarta
- Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
- Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
- Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
- Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
- Anggota MPR RI dari PKB
- Ketua Komisi VI DPR RI dari PKB
- Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
- Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
- Penasihat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
- Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
- Rais 'Aam PBNU 2015-2020
- Ketua Umum MUI 2015-2020
- Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Sudahkah Anda Mengenal Ma'ruf Amin? Ini Biografinya
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Mahfud MD Curigai Ada Produsen Hoaks yang Ingin Buat Kacau Pemilu 2019!

(20-02-2019 08:20:39 - Dibaca 717 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!

(16-02-2019 14:28:31 - Dibaca 968 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!

(16-02-2019 14:01:30 - Dibaca 350 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Band Teman Penjara Siap Nyanyikan Lagu Ciptaan Ahok Saat di Rutan!

(02-02-2019 16:13:26 - Dibaca 155 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Soal Tudingan Menteri Pencetak Utang, Ini Jawaban Brilian Sri Mulyani!

(01-02-2019 22:37:23 - Dibaca 253 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Langkah Mengejutkan Ahok Setelah Bebas dari Penjara!

(01-02-2019 08:49:29 - Dibaca 753 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Sudah Punya SIM Internasional, Ahok akan Liburan ke Luar Negeri!

(30-01-2019 18:08:11 - Dibaca 236 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Untuk Pertama Kalinya, Ahok Sapa Media dan Warga Meruya!

(30-01-2019 13:24:36 - Dibaca 801 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Hari ini KPU akan Umumkan Caleg Mantan Koruptor!

(30-01-2019 13:20:17 - Dibaca 131 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Jokowi Perpanjang Batas Usia Pensiun Tamtama dan Bintara TNI!

(29-01-2019 12:43:26 - Dibaca 229 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
60 Ruang Jabatan Baru Untuk Pati TNI Bakal Jokowi Sediakan!

(29-01-2019 12:38:03 - Dibaca 169 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Mau Urus Dokumen Pindah TPS? Ini Tanggal Paling Lambatnya!

(28-01-2019 10:36:42 - Dibaca 95 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Pembelaan PAN Kepada Amien Rais Soal Penguasaan Lahan di Yogyakarta!

(20-02-2019 13:07:28 - Dibaca 460 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ferdinand Sempat Sarankan Prabowo Untuk Boikot Debat Capres Kedua, Mengapa?

(20-02-2019 09:48:47 - Dibaca 260 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Alissa Wahid Sebut Isu Agama Dipakai Untuk Raup Suara di Pemilu 2019!

(20-02-2019 09:44:00 - Dibaca 100 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Prabowo Sebut Teriakan 'Jokowi Wae' Bentuk Intimidasi, Ini Respon Brilian TKN!

(20-02-2019 09:24:11 - Dibaca 727 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ada Teriakan 'Jokowi Wae' Saat Prabowo di Surabaya, Ini Tudingan BPN!

(20-02-2019 09:17:05 - Dibaca 133 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Soal Lahan Ratusan Ribu Hektar Prabowo, Ini Pembelaan Anak Amien Rais!

(20-02-2019 08:46:01 - Dibaca 319 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Mahfud MD Curigai Ada Produsen Hoaks yang Ingin Buat Kacau Pemilu 2019!

(20-02-2019 08:20:39 - Dibaca 717 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Sandiaga Janji ke Nelayan Probolinggo Naikkan Harga Ikan, Bagaimana caranya?

(20-02-2019 08:14:58 - Dibaca 526 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Dahnil Kritik Jalan Desa 191 Ribu Km Jokowi, Ini Jawaban Brilian Mendes!

(20-02-2019 08:10:03 - Dibaca 718 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Usai Besuk Dhani, Hashim Sebut Ahmad Dhani Tidak Bersalah?

(20-02-2019 07:52:28 - Dibaca 228 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Prabowo Tuding Kasus Ahmad Dhani Dendam Politik, Ini Respon Tegas Kejari!

(20-02-2019 07:44:37 - Dibaca 491 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Soal Momen Jokowi Tanya Unicorn, TKN: Prabowo Gelagapan, Jadul Banget!

(18-02-2019 09:01:54 - Dibaca 374 Kali)

Prabowo Sebut Teriakan 'Jokowi Wae' Bentuk Intimidasi, Ini Respon Brilian TKN!
Ada Teriakan 'Jokowi Wae' Saat Prabowo di Surabaya, Ini Tudingan BPN!
Soal Lahan Ratusan Ribu Hektar Prabowo, Ini Pembelaan Anak Amien Rais!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

4. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

5. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

6. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?