Ini Alasan Brilian Pemerintah Untuk Tak Tetapkan Gempa NTB jadi Bencana Nasional!
Zulkifli Kritik Istana Soal Gempa NTB, Mengapa?
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
 
10-08-2018 13:08:26 - Dibaca 291 Kali
 
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KH Ma'ruf Amin dipilih Joko Widodo sebagai cawapresnya untuk Pilpres 2019. Sudahkah Anda mengenal Ma'ruf Amin? Ini biogarfinya.

Dari data yang dihimpun, Ma'ruf yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) lahir di Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943. Ia tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama, namun juga politikus. Ia pernah menjadi anggota dewan, termasuk dari PKB.

"Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU), dan Ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia," ujar Jokowi saat mengumumkan Ma'ruf Amin menjadi cawapresnya, di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Sebagai ulama, Ma'ruf juga aktif di ormas keagamaan. Ia mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Ia mengemban amanat sebagai Rais Aam PBNU untuk periode 2015-2020.


Sosok Ma'ruf termasuk salah satu ulama sepuh yang disegani. Ia diketahui banyak menguasai ilmu agama Islam yang multitalenta di samping berbagai macam ilmu fikih. Kia Ma'ruf Amin juga bisa dibilang merupakan ulama yang responsif terkait berbagai masalah yang sedang dihadapi umat.

Ma'ruf Amin cukup lama berada di dalam jajaran pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari 2000 sampai 2007. Ia pun juga aktif dalam dunia perekonomian. Ia terlibat di dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah.

Ma'ruf merupakan cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten, yang merupakan ulama asli Indonesia yang begitu disegani keilmuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah. Syaikh Nawawi Banten juga merupakan Imam di Masjidil Haram dan memiliki julukan 'Imam Nawawi Atstsani' merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi.

Sebagai santri, Ma'ruf nyantri di Tebuireng Jombang. Ia pun melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Ma'ruf mendapat gelar doktor (HC) dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Ma'ruf dikenal sebagai seorang ulama yang hampir selalu memakai sarung dalam berbagai aktivitas. Lantas apakah ia akan tetap mempertahankan ciri khasnya ini bila nantinya menjadi wapres?

"Ya pokoknya lihat saja nanti," kata Ma'ruf Amin saat ditanya usai mendaftar di KPU, Jumat (10/10).

Dari data yang dihimpun, berikut karir Ma'ruf Amin hingga saat ini:

- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antaragama (2010 - 2014)
- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
- Anggota Koordinator Da'wah (KODI) DKI Jakarta
- Anggota BAZIS DKI Jakarta
- Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
- Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
- Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
- Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
- Anggota MPR RI dari PKB
- Ketua Komisi VI DPR RI dari PKB
- Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
- Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
- Penasihat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
- Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
- Rais 'Aam PBNU 2015-2020
- Ketua Umum MUI 2015-2020
- Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Sudahkah Anda Mengenal Ma'ruf Amin? Ini Biografinya
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Alasan Brilian Pemerintah Untuk Tak Tetapkan Gempa NTB jadi Bencana Nasional!

(21-08-2018 08:16:57 - Dibaca 547 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

(21-08-2018 07:51:49 - Dibaca 2.968 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ketua MPR Kritik Soal Utang, Ini Jawaban Brilian Sri Mulyani!

(20-08-2018 13:51:29 - Dibaca 2.117 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Poin Tertinggi, Atlet Wushu Indonesia Ini Sumbang Emas Kedua bagi Indonesia!

(20-08-2018 11:43:40 - Dibaca 300 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Indonesia Kembali Raih Emas, Ini Respon Presiden Jokowi!

(20-08-2018 11:36:19 - Dibaca 477 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Jambi!

(20-08-2018 10:36:05 - Dibaca 234 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Indonesia Posisi Keenam, Ini Klasemen Sementara Medali Asian Games 2018!

(20-08-2018 07:52:34 - Dibaca 1.052 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Setelah Bebas dari Penjara, Ini Rencana Ahok!

(20-08-2018 07:43:08 - Dibaca 1.232 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Atlet Taekwondo Putri Ini Sumbang Medali Emas Pertama bagi Indonesia!

(19-08-2018 17:32:02 - Dibaca 381 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Wow! Jepang Bakal Contoh Indonesia untuk Persiapan Olimpiade 2020!

(19-08-2018 14:24:25 - Dibaca 983 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Lagi! Kelompok Tuna Rungu Ini Deklarasikan Dukung Jokowi!

(19-08-2018 14:04:45 - Dibaca 249 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Dukungan Purnawirawan TNI ini Mengalir ke Jokowi!

(19-08-2018 13:58:04 - Dibaca 453 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Alasan Brilian Pemerintah Untuk Tak Tetapkan Gempa NTB jadi Bencana Nasional!

(21-08-2018 08:16:57 - Dibaca 547 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Zulkifli Kritik Istana Soal Gempa NTB, Mengapa?

(21-08-2018 08:04:16 - Dibaca 284 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

(21-08-2018 07:51:49 - Dibaca 2.968 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ketua MPR Kritik Soal Utang, Ini Jawaban Brilian Sri Mulyani!

(20-08-2018 13:51:29 - Dibaca 2.117 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Poin Tertinggi, Atlet Wushu Indonesia Ini Sumbang Emas Kedua bagi Indonesia!

(20-08-2018 11:43:40 - Dibaca 300 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Indonesia Kembali Raih Emas, Ini Respon Presiden Jokowi!

(20-08-2018 11:36:19 - Dibaca 477 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Bawaslu Gelar Mediasi Sengketa Pemilu Taufik dan KPU DKI Hari Ini!

(20-08-2018 11:01:16 - Dibaca 158 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Jambi!

(20-08-2018 10:36:05 - Dibaca 234 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Terkait Dugaan Mahar Rp 500 M, Bawaslu Bakal Panggil Andi Arief?

(20-08-2018 10:31:51 - Dibaca 271 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Indonesia Posisi Keenam, Ini Klasemen Sementara Medali Asian Games 2018!

(20-08-2018 07:52:34 - Dibaca 1.052 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Setelah Bebas dari Penjara, Ini Rencana Ahok!

(20-08-2018 07:43:08 - Dibaca 1.232 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Rizieq: Kita tidak butuh Presiden yang penakut! Siapa yang penakut?

(19-08-2018 17:41:28 - Dibaca 1.052 Kali)

Ketua MPR Kritik Soal Utang, Ini Jawaban Brilian Sri Mulyani!
Poin Tertinggi, Atlet Wushu Indonesia Ini Sumbang Emas Kedua bagi Indonesia!
Indonesia Kembali Raih Emas, Ini Respon Presiden Jokowi!

TERPOPULER

1. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

2. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

3. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

4. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

5. Gerindra Sebut Program Ekonomi Sandiaga Telah Teruji, Program yang mana?

6. Ketua MPR Kritik Soal Utang, Ini Jawaban Brilian Sri Mulyani!

7. Eggi Sebut Jokowi Munafik, Ini Respon Tegas PDIP!

8. Jokowi Gandeng Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Gerindra!

9. Gerindra Tuding Jokowi Arahkan Kekerasan ke Relawan, Ini Jawaban Tegas Ketum PROJO!

10. PKS Sebut Sandiaga adalah Santri Islam era Termutakhir, Apa maksudnya?




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.