Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
 
05-09-2018 11:10:09 - Dibaca 2.585 Kali
 
 
Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Presiden Joko Widodo menegaskan, pelemahan nilai tukar terhadap dolar Amerika Serikat bukan hanya terjadi terhadap rupiah saja, tetapi juga mata uang negara lain.

"Tidak hanya negara kita, Indonesia, yang terkena pelemahan kurs, tidak hanya Indonesia," ujar Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

Menurut Jokowi, pelemahan rupiah saat ini lebih disebabkan sentimen dari eksternal, seperti kenaikan suku bunga The Fed, perang dagang antara China dan Amerika Serikat, dan krisis yang melanda Turki serta Argentina.

"Ini faktor eksternal yang bertubi-tubi. Saya kira yang paling penting kita harus waspada, kita harus hati-hati," ujar Jokowi.


Untuk menguatkan rupiah kembali, menurut Jokowi, pemerintah akan terus meningkatkan koordinasi di sektor fiskal, moneter, industri, dan para pelaku usaha. "Saya kira koordinasi yang kuat ini menjadi kunci, sehingga jalannya itu segaris semuanya," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga memberi target kepada jajarannya untuk segera memperbaiki transaksi berjalan dengan menggenjot ekspor dan investasi di dalam negeri. Sebab, saat ini transaksi berjalan mengalami defisit 3 persen.

"Dengan investasi dan ekspor yang meningkat, kita bisa menyelesaikan defisit transaksi berjalan, kalau ini selesai, itu akan menyelesaikan semuanya," ujar Jokowi.

"Target saya sudah berikan agar dalam satu tahun, betul-betul ada perubahan di penyelesaian defisit transaksi berjalan," lanjut dia.

Beberapa upaya memperbaiki defisit transaksi berjalan, kata Jokowi, adalah diterapkannya 20 persen biodiesel atau B20, yang diyakini dapat mengurangi impor minyak cukup besar.

Selain itu, pemerintah juga mendorong tingkat komponen dalam negeri (TKDN) kepada perusahaan BUMN maupun swasta.

"Ini saya sampaikan kepada kementerian, baik ke swasta maupun kepada BUMN agar lokal konten diperhatikan, kalau bisa pakai semua komponen dalam negeri, ada penghematan 2 miliar dolar AS sampai 3 miliar dolar AS," ujar Jokowi.

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menyentuh level terendahnya dalam lima tahun terakhir ke posisi Rp 14.935 per dolar AS pada penutupan perdagangan, Selasa (4/9/2018) kemarin.

Mengacu Bloomberg, dengan posisi tersebut, depresiasi kurs Rupiah meningkat menjadi 10,18 persen.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Rupiah Hampir Sentuh Rp 15.000 Per Dolar AS, Ini Komentar Jokowi
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 416 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 298 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Respon Tegas Said Aqil!

(13-11-2018 07:27:29 - Dibaca 2.210 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Genderuwo Brewok Vs Kacung Chubby, Saling Serang Dengan Puisi!

(13-11-2018 07:20:08 - Dibaca 190 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Tompi Bernyanyi Jangan Takut Genderuwo, Ini Reaksi Jokowi!

(12-11-2018 07:55:37 - Dibaca 1.279 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Musisi Bali Ini Buat Lagu 'Jokowi Lagi' Karena Kagum Dengan Kenerja Jokowi!

(11-11-2018 09:08:01 - Dibaca 812 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Mampir Pasar Cihaur Geulis, Jokowi Belanja Ubi Hingga Daun Pepaya!

(11-11-2018 08:50:54 - Dibaca 147 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Soal Prosedur Baru Pembuatan e-KTP, Ini Kritik Komisi II ke Pemerintah!

(11-11-2018 08:02:39 - Dibaca 118 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Rizieq Sebut Jokowi Pencitraan, Ini Jawaban Brilian Ma'ruf Amin!

(10-11-2018 19:54:57 - Dibaca 1.884 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Kabareskrim Perintahkan Buru dan Usut Akun Fadli Zon Palsu!

(10-11-2018 19:44:13 - Dibaca 310 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Terkait Akun Palsu @fadlizon_, Fadli Zon Dukung Polri Untuk Usut!

(10-11-2018 19:39:29 - Dibaca 115 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Jokowi Datangi Paskal Hyper Square Bandung, Ini Reaksi Pengunjung!

(10-11-2018 16:47:29 - Dibaca 804 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 416 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 107 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 298 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 372 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 258 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 367 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 186 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 265 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 288 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 162 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 349 Kali)

Terkait Rupiah Melemah, Ini Jawaban Tegas Jokowi!
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 227 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?