Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
 
14-09-2018 20:42:59 - Dibaca 324 Kali
 
 
Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KPK menghargai putusan Mahkamah Agung (MA) yang membolehkan mantan narapidana kasus korupsi atau koruptor untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif atau nyaleg. Di sisi lain, KPK mengingatkan bila banyak anggota dewan yang selama ini dijerat karena korupsi.

"Tentu KPK sebagai institusi penegak hukum, mau tidak mau, harus menghormati institusi peradilan," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

"Meskipun di awal KPK sangat berharap sebenarnya ada perbaikan signifikan yang bisa dilakukan bersama-sama untuk menyaring caleg agar tak terjadi lagi korupsi di DPR atau di DPRD," imbuh Febri.

Untuk di KPK saja, menurut Febri, sejauh ini ada 146 anggota DPRD yang diproses. Sedangkan dari DPR, ada lebih dari 70 orang yang ditangani KPK.

"Kemungkinan akan bertambah ada, sepanjang ada bukti yang cukup. Jadi dengan fenomena ini, harapan ke depannya parlemen kita atau DPR kita bisa lebih bersih sehingga bisa disaring sejak awal," ucap Febri.


"Tetapi, nanti kami akan lihat dulu apa yang bisa dilalukan ke depan. Yang pasti KPK sesuai dengan kewenangannya akan semakin mencermati atau memperhatikan tuntutan pencabutan hak politik sepanjang memang sesuai fakta sidang dan kewenangan KPK," sambung Febri.

Sebelumnya juru bicara MA Suhadi mengatakan permohonan gugatan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 telah putus. Alhasil, mantan koruptor boleh nyaleg sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Dikabulkan khusus PKPU dikabulkan permohonan pemohon. Jadi PKPU itu dinyatakan bertentangan dengan undang-undang," kata Suhadi.

"Ya (mantan koruptor boleh nyaleg) sesuai dengan prosedurnya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan putusan MK," imbuhnya.

Dengan putusan itu, PKPU itu bertentangan dengan Pasal 240 ayat 1 huruf g UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 71/PUU-XIV/2016.

Pasal 240 ayat 1 huruf g UU Pemilu berbunyi:

Bakal calon DPR dan DPRD harus memenuhi persyaratan: tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih, kecuali secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Eks Koruptor Boleh Nyaleg, KPK Ingatkan Fenomena Wakil Rakyat Korup
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Respon Tegas Said Aqil!

(13-11-2018 07:27:29 - Dibaca 2.206 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Genderuwo Brewok Vs Kacung Chubby, Saling Serang Dengan Puisi!

(13-11-2018 07:20:08 - Dibaca 187 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Tompi Bernyanyi Jangan Takut Genderuwo, Ini Reaksi Jokowi!

(12-11-2018 07:55:37 - Dibaca 1.279 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Musisi Bali Ini Buat Lagu 'Jokowi Lagi' Karena Kagum Dengan Kenerja Jokowi!

(11-11-2018 09:08:01 - Dibaca 812 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Mampir Pasar Cihaur Geulis, Jokowi Belanja Ubi Hingga Daun Pepaya!

(11-11-2018 08:50:54 - Dibaca 147 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Soal Prosedur Baru Pembuatan e-KTP, Ini Kritik Komisi II ke Pemerintah!

(11-11-2018 08:02:39 - Dibaca 118 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Rizieq Sebut Jokowi Pencitraan, Ini Jawaban Brilian Ma'ruf Amin!

(10-11-2018 19:54:57 - Dibaca 1.884 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Kabareskrim Perintahkan Buru dan Usut Akun Fadli Zon Palsu!

(10-11-2018 19:44:13 - Dibaca 310 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Terkait Akun Palsu @fadlizon_, Fadli Zon Dukung Polri Untuk Usut!

(10-11-2018 19:39:29 - Dibaca 115 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Jokowi Datangi Paskal Hyper Square Bandung, Ini Reaksi Pengunjung!

(10-11-2018 16:47:29 - Dibaca 804 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 102 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 368 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 253 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 366 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 184 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 264 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 284 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 156 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 343 Kali)

Eks Koruptor Boleh Nyaleg, Ini Tanggapan KPK!
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 225 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?