Sandiaga Klaim Rasakan Kemenangan Seperti di Pilgub DKI 2017?
Survei JSI Sebut Elektabilitas Jokowi Tinggalkan Prabowo!
GP Ansor Deklarasi Gerakan Rabu Putih dan Lawan Hoax!



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
 
10-01-2019 07:39:05 - Dibaca 225 Kali
 
 
Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bersuara terkait polemik pembatalan penyampaian visi dan misi dalam debat capres dan cawapres 2019. Mahfud berpendapat dalam acara ILC bertema Menguji Netralitas KPU di TvOne, pada Selasa (8/1) lalu. Mahfud mengkritik karena forum dalam ILC itu hanya menjadi ajang perdebatan dua kubu, yaitu kubu Jokowi dan Prabowo Subianto yang tak kunjung selesai.

Padahal, menurut Mahfud persoalan debat ini bisa diselesaikan dalam satu sesi. Seharusnya baik dari kubu Jokowi dan Prabowo Subianto ada titik temu. Berikut pernyataan lengkap Mahfud MD:


1. Mahfud Merasa Tersiksa

Mahfud MD merasa tersiksa mendengar perdebatan yang tak kunjung selesai terkait keputusan KPU soal debat capres. Mahfud mengatakan apa yang disampaikan para tokoh yang hadir dalam diskusi tersebut hanya mengulang-ulang tanpa solusi jelas. Debat kusir malah terjadi antara kubu Jokowi, Prabowo dan KPU.

"Saya mengikuti dari awal sampai akhir dan saya sungguh merasa tersiksa menunggu ini karena materinya berputar-putar dari awal sampai akhir yang dibicarakan enggak berubah padahal dengan satu sesi saja sudah bisa disimpulkan seharusnya. Ini membosankan betul," kata Mahfud MD.

"Kan masalah yang didiskusi itu yang didebat itu apakah ada acara atau waktu untuk menyampaikan visi atau langsung debat itu terus yang diulang-ulang dan saling menyalakan antara mereka, mereka itu paslon 1, paslon 2, KPU dan sebagainya," imbuh Mahfud.

2. Mahfud: Tak Akan terlihat Begitu Dungu

Mahfud MD menjelaskan KPU tidak melanggar aturan hukum jika penyampaian visa dan misi tidak dilakukan dalam debat. Menurutnya, tidak perlu ada kesepakatan antara paslon nomor urut 01 dan paslon nomor urut 02 dalam mekanisme debat. Semua peraturan ditetapkan KPU tanpa campur tangan peserta debat.

"Artinya tidak ada yang bisa disalahkan dari apa yang dilakukan KPU. Mau visi dulu atau tidak kan itu sama benarnnya, itu soal pilihan. Sebenarnya enggak perlu kesepakatan dari paslon 1 dan 2 itu urusan KPU," jelasnya.

Dia mengatakan paslon bisa menyampaikan visi dan misi di sela-sela perdebatan tersebut. Karena visi dan misi bisa juga digali dari sesi tanya jawab. "Jusrtu dari perdebatan itu bisa digali visi kalau misalnya tidak usah langsung debatnya saja, tanya jawab di situ bisa juga ada visi. Dan jangan lupa, seumpama orang dijadwalkan diberikan waktu untuk menyampaikan visi, dia juga bisa menyiapkan diri dengan baik. Tidak akan terlihat begitu dungu pasti, pasti bisa," paparnya.

3. KPU Tidak ada Benarnya di Mata yang Kalah

Mahfud MD mengatakan KPU sebagai menyelenggara pemilu akan selalu dikritik. Menurutnya, KPU akan selalu disalahkan bagi pihak yang merasa kalah, dan pihak yang kalah pasti akan selalu menyerang KPU.

"Jadi KPU enggak ada benarnya di mata yang kalah dan orang yang takut salah itu selalu menyerang bukan malah memberi masukan yang bagus," katanya.

Karena tidak perlu menunggu berhari-hari, setelah pemungutan suara pasti akan muncul isu curang. Hasil dari pemilu akan selalu digugat ke MK oleh pihak yang merasa dirugikan. Ini yang akan selalu dihadapi KPU semasa pemilu. "Oleh sebab itu hukum mengatur, curang itu harus signifikan, itu akan dihadapkan oleh KPU, hadapi saja itu. Dan ingat curang itu dilakukan oleh konsestan (pemilu)," jelasnya.

4. KPU Setiap Saat Akan Diserang'

Mahfud menjelaskan pemilu sekarang jauh lebih baik dibandingkan dengan pemilu saat Orde Baru. Saat Orde Baru semua sudah diatur oleh pemerintah, sehingga tidak ada pihak yang berani melontarkan kritikan.

"Bandingkan di zaman Orde Baru dulu yang menyelenggarakan pemilu LPU (Lembaga Pemilihan Umum) Kementerian Dalam Negeri yang tidak bisa dibantah melakukan apapun, semua partai mesti ikut. LPU yang dipimpim Kemendagri itu bisa memprediksi hasil pemilu, jauh sebelum pemilu itu sendiri dan prediksinya itu tanpa survei dan benar." jelasnya.

Namun pemilu sekarang sudah jauh berbeda. Pemilu sekarang lebih terbuka, untuk itu KPU harus hati-hati karena akan diserang oleh pihak yang kalah dengan isu curang. Namun KPU tidak perlu khawatir, karena pemilu sekarang sudah dikontrol oleh lembaga yang independen, seperti Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) dan MK.

"Kepada KPU, Anda bersiaplah, karena Anda setiap saat akan diserang dan Anda harus kuat bahwa Anda adalah lembaga negara yang bersifat nasional, tetap dan independen," kata Mahfud MD.
 
Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul: Mahfud MD 'Sentil' Kubu Jokowi dan Prabowo karena Debat Kusir
 
Sumber : merdeka.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Sandiaga Klaim Rasakan Kemenangan Seperti di Pilgub DKI 2017?

(26-03-2019 05:05:11 - Dibaca 87 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Survei JSI Sebut Elektabilitas Jokowi Tinggalkan Prabowo!

(25-03-2019 15:25:49 - Dibaca 500 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
GP Ansor Deklarasi Gerakan Rabu Putih dan Lawan Hoax!

(24-03-2019 20:25:07 - Dibaca 269 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Jika Terpilih, Prabowo Sebut Tidak Akan Impor Kecuali Sangat Terpaksa?

(24-03-2019 20:01:08 - Dibaca 326 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Prabowo Tuding Lembaga Survei di Indonesia Banyak Bohong, Apa maksudnya?

(24-03-2019 18:12:29 - Dibaca 242 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Samakan Pelaku Hoax dengan Terorisme, BPN Sebut Wiranto Lebay?

(23-03-2019 18:30:03 - Dibaca 132 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Minta Emak-emak Buat Dapur Umum Saat Pencoblosan, BPN Terbitkan Maklumat?

(23-03-2019 18:21:25 - Dibaca 272 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Soal Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo, BPN Malah Kritik Kampanye Jokowi?

(23-03-2019 12:34:34 - Dibaca 365 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Kivlan Zen Sebut Ada Capres Didukung LGBT Saat Ceramah di Masjid?

(23-03-2019 10:52:31 - Dibaca 205 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Prabowo Ingin Ciptakan Banyak Orang Kaya Jika Jadi Presiden?

(22-03-2019 07:41:40 - Dibaca 596 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
BPN Sebut Wiranto Ngawur Soal Penyebar Hoaks Dianggap Teroris

(22-03-2019 06:32:46 - Dibaca 159 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Sandi Klaim OK OCE Sumbang Rp 359 M ke DKI, Ini Respon Brilian TKN Jokowi!

(22-03-2019 06:16:46 - Dibaca 871 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Sandiaga Klaim Rasakan Kemenangan Seperti di Pilgub DKI 2017?

(26-03-2019 05:05:11 - Dibaca 87 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Survei JSI Sebut Elektabilitas Jokowi Tinggalkan Prabowo!

(25-03-2019 15:25:49 - Dibaca 500 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
GP Ansor Deklarasi Gerakan Rabu Putih dan Lawan Hoax!

(24-03-2019 20:25:07 - Dibaca 269 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Jika Terpilih, Prabowo Sebut Tidak Akan Impor Kecuali Sangat Terpaksa?

(24-03-2019 20:01:08 - Dibaca 326 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!

(24-03-2019 18:24:34 - Dibaca 1.048 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Prabowo Tuding Lembaga Survei di Indonesia Banyak Bohong, Apa maksudnya?

(24-03-2019 18:12:29 - Dibaca 242 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
MRT Fase Pertama Diresmikan Presiden Jokowi!

(24-03-2019 10:56:52 - Dibaca 162 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Soal Penumpang yang Gelantungan hingga Injak Kursi Kereta, Ini Respon Tegas Pihak MRT!

(24-03-2019 07:47:48 - Dibaca 621 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Samakan Pelaku Hoax dengan Terorisme, BPN Sebut Wiranto Lebay?

(23-03-2019 18:30:03 - Dibaca 132 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Minta Emak-emak Buat Dapur Umum Saat Pencoblosan, BPN Terbitkan Maklumat?

(23-03-2019 18:21:25 - Dibaca 272 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!

(23-03-2019 16:26:22 - Dibaca 200 Kali)

Ada Debat Kusir, Ini Sentilan Mahfud MD ke Tim Jokowi dan Kubu Prabowo!
Soal Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo, BPN Malah Kritik Kampanye Jokowi?

(23-03-2019 12:34:34 - Dibaca 365 Kali)

Jika Terpilih, Prabowo Sebut Tidak Akan Impor Kecuali Sangat Terpaksa?
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!
Prabowo Tuding Lembaga Survei di Indonesia Banyak Bohong, Apa maksudnya?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.