Anies Pamerkan Angka Kemacetan Jakarta Turun, Gerindra DKI Sebut Berkat Ganjil Genap!
Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Trans Sumatera di Lampung!
PSI Ancam Tolak Tanda Tangan APBD DKI 2020 Jika...



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
 
16-06-2019 19:02:46 - Dibaca 520 Kali
 
 
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Direktur Perludem Titi Anggraini berpendapat harusnya Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat jabatan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di BUMN itu ke Bawaslu. Sebab, Titi menilai persoalan itu merupakan pelanggaran administratif.

"Dari sisi substansi, dari sisi kewenangan jadi hal yang dipersoalkan tersebut, masuk kategori dugaan pelanggaran administratif Pemilu, pelanggaran tersebut adalah pelanggaran prosedur tata cara dan mekanisme dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu khususnya dalam hal ini diduga pencalonan Ma'ruf Amin melanggar melanggar persyaratan pencalonan cawapres yang diatur dalam Pasal 227 Huruf P UU Nomor 7 Tahun 2017," kata Titi di kantor Saiful Mujani Research dan Consulting, Jl Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/4/2019).

Titi mengatakan permasalahan pelanggaran administratif Pemilu itu merupakan ranah Bawaslu. Sedangkan, Mahkamah Konstitusi itu menyangkut perselisihan hasil Pemilu.


"Kalau kita baca UU pemilu dugaan pelanggaran tersebut sesungguhnya menjadi ranah dari Bawaslu, sementara persidangan di MK adalah persidangan menyangkut perselisihan hasil pemilu," ujarnya.

Namun, Titi menilai MK memiliki pandangan yang lain terkait itu. Kemungkinan, menurut Titi, MK mengambil contoh dari dari putusan di sejumlah Pilkada.

"Terhadap situasi ini bisa ada kemungkinan ada preseden di pilkada, di mana MK tetap menindak lanjuti temuan terhadap pelanggaran administratif Pemilu yang berkaitan dengan persyaratan pencalonan dan berujung pada di beberapa pilkada diskualifikasi pada calon yang tidak memenuhi syarat dan melakukan pemungutan suara ulang," sebutnya.

loading...

Meski demikian, ia tidak mau berandai-andai. Titi pun kembali menyerahkan dan menunggu keputusan MK.

"Jadi terkait dengan hal ini kita tidak bisa menduga-duga tetapi kita akhirnya jadi menunggu bagaimana MK menyikapi apakah MK akan meminta Bawaslu menyelesaikan masalah ini atau MK mengambil alih penyelesaian dan memutusnya," kata Titi.

Sebelumnya diberitakan, tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membacakan gugatan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemungutan Umum (PHPU) di MK, Jumat (14/6). Tim Prabowo meminta MK memeriksa keabsahan cawapres 01 Ma'ruf Amin yang mereka nyatakan 'belum mengundurkan diri sebagai pejabat BUMN'.

"Kami menyatakan terdapat cacat formil persyaratan calon wakil presiden 01. Alasannya, calon wakil presiden nomor 01 tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat BUMN. MK perlu memeriksa keabsahan calon wakil presiden 01," tutur Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto.

"Pasal 227 huruf P UU pemilu yang mengatur tentang syarat calon wakil presiden bahwa harus ada surat keterangan pengunduran diri dari karyawan atau pejabat BUMN ketika ditetapkan calon," kata BW.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK, Perludem: Harusnya ke Bawaslu
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Tak Suka Ahok Pimpin BUMN, Novel Bamukmin Tuding Ahok Produk Gagal?

(14-11-2019 17:39:16 - Dibaca 313 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Takut Kadernya Dibajak Partai Gelora, Ini Kata PKS!

(14-11-2019 15:09:50 - Dibaca 92 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Demokrat Ungkit Status Mantan Napi Ahok yang Bakal Pimpin BUMN, Apa maksudnya?

(14-11-2019 14:56:20 - Dibaca 404 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
PAN Kritik Sertifikasi Siap Kawin Pemerintah, Mengapa?

(14-11-2019 14:34:59 - Dibaca 44 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Mahfud Md Minta Rizieq Urus Sendiri, Pengacara Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab?

(13-11-2019 08:06:09 - Dibaca 420 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Lulung Ajak Pemerintah Lakukan Rekonsiliasi Dengan Rizieq? Buat apa?

(13-11-2019 07:54:09 - Dibaca 233 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Puan Klaim Hubungan Megawati dan Paloh Tak Pernah Renggang, Benarkah?

(12-11-2019 12:13:43 - Dibaca 148 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Rapat Menlu dan DPR, Anggota F-PDIP Tanya Pencekalan Habib Rizieq?

(12-11-2019 11:53:36 - Dibaca 362 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Mahfud Md Meragukan Pencekalan Rizieq!

(12-11-2019 07:50:09 - Dibaca 87 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Ini Kata PKS Soal Anis Matta-Fahri Hamzah Pimpin Gelora!

(11-11-2019 09:27:13 - Dibaca 193 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
MUI Jatim Imbau Pejabat Muslim Tak Ucapkan Salam Agama Lain, Mengapa?

(10-11-2019 17:23:42 - Dibaca 180 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Haris Azhar Tuding Jokowi Tak Berani Ungkap Kasus Novel Karena Libatkan Orang Besar?

(09-11-2019 21:30:52 - Dibaca 521 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Anies Pamerkan Angka Kemacetan Jakarta Turun, Gerindra DKI Sebut Berkat Ganjil Genap!

(15-11-2019 09:28:56 - Dibaca 32 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Trans Sumatera di Lampung!

(15-11-2019 09:22:12 - Dibaca 20 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
PSI Ancam Tolak Tanda Tangan APBD DKI 2020 Jika...

(15-11-2019 06:53:10 - Dibaca 46 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Tak Suka Ahok Pimpin BUMN, Novel Bamukmin Tuding Ahok Produk Gagal?

(14-11-2019 17:39:16 - Dibaca 313 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Mahfud Minta Rizieq Tanyakan Sendiri ke Pemerintah Arab Saudi Mengapa Dia Dicekal!

(14-11-2019 15:40:14 - Dibaca 190 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Diungkap Mahfud, Ini Isi Sebenarnya Surat 'Cekal' yang Ditunjukkan Rizieq!

(14-11-2019 15:29:13 - Dibaca 213 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Takut Kadernya Dibajak Partai Gelora, Ini Kata PKS!

(14-11-2019 15:09:50 - Dibaca 92 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
MUI Bela Ahok yang Bakal Jadi Salah Satu Bos BUMN!

(14-11-2019 15:05:41 - Dibaca 334 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Demokrat Ungkit Status Mantan Napi Ahok yang Bakal Pimpin BUMN, Apa maksudnya?

(14-11-2019 14:56:20 - Dibaca 404 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
PAN Kritik Sertifikasi Siap Kawin Pemerintah, Mengapa?

(14-11-2019 14:34:59 - Dibaca 44 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Video: Soal Ahok Bakal Jadi Dirut BUMN, Ini Respons Positif Luhut!

(14-11-2019 10:07:29 - Dibaca 165 Kali)

Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Tujuh Orang Tewas Akibat Dari Tabrakan Dua Bus di Tol Cipali!

(14-11-2019 10:01:48 - Dibaca 243 Kali)

Tak Suka Ahok Pimpin BUMN, Novel Bamukmin Tuding Ahok Produk Gagal?
Mahfud Minta Rizieq Tanyakan Sendiri ke Pemerintah Arab Saudi Mengapa Dia Dicekal!
Diungkap Mahfud, Ini Isi Sebenarnya Surat 'Cekal' yang Ditunjukkan Rizieq!

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

6. Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

7. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

8. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

9. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

10. Dilaporkan Terkait Penistaan Agama, Ini Jawaban Brilian Grace Natalie!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.