Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Staf Pusdokkes Polri Diperiksa Gegara Surat Tes Corona Djoko Tjandra?
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
 
07-08-2019 08:08:00 - Dibaca 1.259 Kali
 
 
Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Pemerintah lewat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan Indonesia bukan negara berdasarkan Ijtimak Ulama. Pihak penyelenggara Ijtimak Ulama IV pun mengaku tak masalah dengan sikap pemerintah tersebut.

"Biarin aja orang nggak ada urusan sama Pak Moeldoko. Mau ngomong apa ya terserah, emang kita pikiran, biarin aja. Itu kan hak kita warga negara, musyawarah itu dilindungi undang-undang," kata steering committee Ijtimak Ulama IV, Ustaz Bernard Abdul Jabbar, Selasa (6/8/2019) malam.

Dia menyarankan Moeldoko agar fokus mengurus negara. Bernard menyatakan kegiatan Ijtimak Ulama tidak bertentangan dengan konstitusi.

"Urusin saja masing-masing punya kerjaan. Itu hak warga negara, konstitusional, dilindungi undang-undang untuk berijtimak, bermusyawarah, artinya tidak dilarang oleh undang-undang itu haknya. Kenapa harus kemudian nyinyir terhadap apa yang dilakukan para ulama ketika berijtimak," ucapnya.
 
 


Bernard kemudian mempertanyakan mengapa pemerintah seolah menolak penegakan syariah di Indonesia. Padahal, kata Bernard, sudah ada bank syariah hingga hotel syariah yang diizinkan berdiri di Indonesia.

"Kenapa kalau kita ingin menegakkan syariat Islam? Tidak boleh? Kenapa? Kita sebagai seorang muslim harusnya patuh dan tunduk pada syariah. Syariah itu tidak melanggar konstitusi. Kan disebutkan dalam Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan, musyawarah, keadilan itu semua kan ada dalam syariat," ujar Bernard.

"Nggak ada yang salah dari syariat itu, cuma kitanya ada yang kadang kebakaran jenggot ketika mendengar ada kata syariat. Semua kan sudah berjalan, harusnya dilarang juga itu, perbankan syariah, ekonomi syariah, bank syariah, hotel syariah, harusnya dilarang kalau tidak boleh. Kenapa kok orang bicara syariat kok tiba-tiba kebakaran jenggot?" sambungnya.

Moeldoko sebelumnya menegaskan Indonesia bukan negara berdasarkan Ijtimak Ulama. Moeldoko mengatakan Indonesia merupakan negara yang berlandaskan hukum.

loading...

"Saya sudah mengatakan, negara ini bukan negara Ijtimak, gitu loh. Aturannya sudah jelas, negara ini adalah negara hukum, ada konstitusi, UUD 45, ada UU, ada perpres, ya sudah ikuti, apa lagi," kata Moeldoko di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

Dia juga menanggapi rekomendasi Ijtimak Ulama IV soal mewujudkan NKRI syariah sesuai Pancasila. Moeldoko menegaskan bahwa Indonesia bukan negara Islam.

"Begini, negara kita ini kan bukan negara Islam. Negara kita ini negara... sudah jelas ideologinya, ideologi lain nggak bisa dikembangkan di sini. Sepanjang itu berlawanan dengan ideologi Pancasila, ya harus dilawan," ujarnya.

Ijtimak Ulama IV sendiri digelar pada Senin (5/8) di Bogor, Jawa Barat. Salah satu rekomendasi Ijtimak Ulama IV adalah mewujudkan NKRI syariah berdasarkan Pancasila.

"Mewujudkan NKRI syariah yang berdasarkan pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan, dan batang tubuh UU 1945 dengan prinsip ayat suci, di atas ayat konstitusi, agar diimplementasikan dalam kehidupan beragama berbangsa dan bernegara," bunyi poin rekomendasi itu.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Tak Dianggap Pemerintah, Penyelenggara Ijtimak Ulama IV: Biarin Aja
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

(16-07-2020 13:33:54 - Dibaca 162 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Perebutan Kekuasaan Pilwakot Tangsel dan Dinasti Politik!

(15-07-2020 09:10:08 - Dibaca 154 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Kritik Pemilu 2019, Tommy Sebut KPPS Mati Dianggap Seperti Binatang?

(08-07-2020 19:39:00 - Dibaca 775 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 273 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Pengamat Sebut Isu Komunisme Tak Lagi Menarik Buat Masyarakat

(06-07-2020 12:09:25 - Dibaca 631 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
PKS Desak Jokowi Untuk Tolak RUU HIP, Apa maksudnya?

(03-07-2020 19:08:51 - Dibaca 435 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
PKS Sebut Rakyat Lebih Butuh Uang Tunai Ketimbang Pelatihan Kartu Prakerja?

(27-06-2020 19:42:19 - Dibaca 437 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Soal 'PKI Dimainkan Kadrun', Poyuono Melawan Gerindra dan Ogah Hadiri Sidang?

(23-06-2020 10:52:49 - Dibaca 945 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Soal PKI Mainan Kadrun, Gerindra Gelar Sidang Arief Poyuono?

(23-06-2020 09:41:24 - Dibaca 338 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Tolak Gabung Partai Baru Amien Rais, PA 212 Ngaku Mereka adalah Gerakan Moral?

(16-05-2020 08:58:12 - Dibaca 785 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Sejak 5 Tahun Lalu, Hanafi Rais Sudah Tak Cocok dengan Zulkifli Hasan?

(14-05-2020 15:39:10 - Dibaca 224 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Tak Suka Disebut Sengkuni, Loyalis Amien Tuding Pro-Zulhas Cebong Biru?

(12-05-2020 10:00:10 - Dibaca 624 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!

(16-07-2020 15:04:36 - Dibaca 110 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Staf Pusdokkes Polri Diperiksa Gegara Surat Tes Corona Djoko Tjandra?

(16-07-2020 13:37:24 - Dibaca 143 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

(16-07-2020 13:33:54 - Dibaca 162 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Massa Pedemo RUU HIP di DPR Salat Berjemaah Tanpa Jaga Jarak!

(16-07-2020 13:30:05 - Dibaca 181 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Keji! Ini Cerita Penyiksaan TKI di Arab Saudi oleh Majikan Perempuan

(15-07-2020 09:26:04 - Dibaca 355 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

(15-07-2020 09:18:56 - Dibaca 393 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Kematian Bintang 'Glee' Naya Rivera Jadi Misteri, Apa Penyebabnya?

(15-07-2020 09:14:35 - Dibaca 111 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Perebutan Kekuasaan Pilwakot Tangsel dan Dinasti Politik!

(15-07-2020 09:10:08 - Dibaca 154 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Menurut Ekonom, Ini Lembaga Negara yang Bisa Dibubarkan Jokowi!

(15-07-2020 09:04:54 - Dibaca 400 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Untung Rugi RI atas Resesinya Singapura!

(14-07-2020 18:58:07 - Dibaca 256 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Punya Harta Rp 1.031 T, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-6 di Dunia!

(14-07-2020 18:49:59 - Dibaca 219 Kali)

Tak Dianggap Pemerintah, Ini Kata Penyelenggara Ijtimak Ulama IV!
Ini Dia Orang Terkaya Asia yang Hartanya Selangit!

(14-07-2020 17:00:12 - Dibaca 453 Kali)

Massa Pedemo RUU HIP di DPR Salat Berjemaah Tanpa Jaga Jarak!
Keji! Ini Cerita Penyiksaan TKI di Arab Saudi oleh Majikan Perempuan
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi!

10. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.