PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
 
01-12-2019 09:49:54 - Dibaca 484 Kali
 
 
Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief menganggap mereka yang ingin presiden kembali dipilih lewat MPR lebih berbahaya ketimbang Front Pembela Islam (FPI). Menurutnya, pihak yang ingin menghapus pemilihan presiden secara langsung sudah keluar batas.

"Bukan FPI yang berbahaya, tapi yang mau presiden dipilih MPR," tuturnya melalui pesan singkat, Sabtu (30/11).

Menurutnya, FPI adalah kaum miskin perkotaan yang selama ini melakukan perjuangan. Mereka kini mendapat kepercayaan dari masyarakat kelas menengah karena sedang tidak ada yang memimpin perlawanan terhadap pemerintah.

Sementara pihak yang ingin presiden dipilih kembali lewat MPR, menurut Andi, adalah mereka yang keluar batas. Termasuk juga pihak yang mendambakan masa jabatan presiden diperpanjang hingga tiga periode.

Andi menyamakan pihak yang ingin presiden kembali dipilih MPR dan masa jabatan presiden menjadi tiga periode dengan gelagat Masyumi dan PKI di masa silam. Menurutnya, sama-sama keluar batas.
 
 


"Masyumi dan PKI dibubarkan pimpinannya keblinger memilih pemberontakan, keluar batas. Adakah yang ingin keluar batas saat ini? Ya itu yang mau priode 3 kali dan pilihan Presiden MPR. Ngakalin," tutur Andi.

Diketahui, partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) dibubarkan pada 1960 oleh Presiden Soekarno lantaran pimpinannya terlibat dalam pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia/Perjuangan Rakyat Semesta (PRRI/Permesta). Kala itu Sutan Sjahrir dari PSI dan Syafruddin Prawiranegara dari Masyumi terlibat.

Sementara PKI dibubarkan pada 1966 lantaran beberapa kadernya terlibat dalam Gerakan 30 September 1965. Mereka menculik sejumlah perwira tinggi dan menengah TNI AD.

"Mana yang lebih berbahaya, FPI atau para pengusung ide tiga periode jabatan Presiden dan Presiden dipilih langsung MPR? Praktek kekerasan negara berkepanjangan akibat munculnya otoritarian akan dilahirkan oleh terwujudnya ide kedua," kata Andi.

loading...

Wacana pemilihan presiden kembali lewat MPR kembali menguat. Pernah diutarakan ketua MPR Bambang Soesatyo pada Agustus lalu.

Kini, wacana tersebut kembali menjadi pembicaraan publik lantaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan dukungan. Menurut PBNU, dukungan terhadap ide pemilihan presiden lewat MPR sesuai dengan Munas Alim Ulama PBNU 2012 lalu.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj menyatakan para kiai-kiai senior NU menganggap pemilihan presiden secara langsung menimbulkan ongkos politik dan ongkos sosial yang tinggi.

"Kemarin baru saja betapa keadaan kita mendidih, panas, sangat mengkhawatirkan. Ya untung tidak ada apa-apa. Tapi apakah lima tahun harus kaya gitu? Itu suara-suara para kiai pesantren yang semua demi bangsa demi persatuan. Tidak ada kepentingan politik praksis, tidak," kata Said usai bertemu Bambang Soesatyo di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (27/11).

Sejauh ini, PKB dan NasDem mendukung usulan tersebut. Bahkan PKB berupaya membuat semua fraksi di parlemen untuk turut memberikan dukungan agar amendemen UUD 1945 mencakup perubahan pemilihan presiden.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Demokrat: Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 98 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 363 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 155 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PKS Sebut Habib Rizieq dan UAS Punya Peluang Maju Pilpres 2024?

(10-08-2020 12:39:40 - Dibaca 442 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Ditetapkan Jadi Ketum Gerindra Lagi, Apakah Prabowo Siap Nyapres di 2024?

(09-08-2020 08:07:47 - Dibaca 275 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Sanjungan Ibas Kepada SBY Berbuah Sindiran Pedas!

(07-08-2020 21:50:42 - Dibaca 1.679 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Jokowi Dikritik Keras oleh Fadli Zon, Ini Kata Gerindra!

(07-08-2020 21:45:07 - Dibaca 2.081 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
RUU HIP Diubah Pemerintah dan DPR Jadi RUU BPIP

(16-07-2020 13:33:54 - Dibaca 322 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Perebutan Kekuasaan Pilwakot Tangsel dan Dinasti Politik!

(15-07-2020 09:10:08 - Dibaca 222 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Kritik Pemilu 2019, Tommy Sebut KPPS Mati Dianggap Seperti Binatang?

(08-07-2020 19:39:00 - Dibaca 896 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Soal RUU HIP, PKS Sebut Pemerintah Bersikap Plin Plan dan Tidak Jelas?

(08-07-2020 13:50:49 - Dibaca 327 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Pengamat Sebut Isu Komunisme Tak Lagi Menarik Buat Masyarakat

(06-07-2020 12:09:25 - Dibaca 692 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 98 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 363 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 155 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!

(10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 165 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?

(10-08-2020 14:28:19 - Dibaca 444 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 89 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
PKS Sebut Habib Rizieq dan UAS Punya Peluang Maju Pilpres 2024?

(10-08-2020 12:39:40 - Dibaca 442 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Soal Video Obat Corona, Polisi Periksa Anji Hari Ini!

(10-08-2020 10:13:32 - Dibaca 103 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Walikota Banjarbaru Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Virus Corona

(10-08-2020 08:57:09 - Dibaca 216 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Hari Ini Sanksi Tilang Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diberlakukan!

(10-08-2020 08:35:48 - Dibaca 56 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Ditetapkan Jadi Ketum Gerindra Lagi, Apakah Prabowo Siap Nyapres di 2024?

(09-08-2020 08:07:47 - Dibaca 275 Kali)

Demokrat Sebut Pengusul Presiden Dipilih MPR Lebih Bahaya dari FPI?
Kasus Corona di Jakarta Pecah Rekor 2 Hari Berturut?

(09-08-2020 07:56:37 - Dibaca 204 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Ini Kriteria Pekerja yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.