Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
 
21-01-2020 10:58:54 - Dibaca 510 Kali
 
 
PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Sekretaris Bidang Ekuintek Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Handi Idris mengkritik rencana pemerintah membangun ibu kota baru dengan skema investasi asing. Menurutnya pemerintahan Joko Widodo sedang mengambil risiko besar.

"Pemerintah sedang mengambil risiko besar dalam membiayai Ibu Kota Negara (IKN) lewat mekanisme investasi via perbankan asing, yakni Softbank," kata Handi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/1).

Seperti diketahui, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjitan sebelumnya menyebut perusahaan asal Jepang, Softbank diarahkan menempatkan investasinya pada proyek pembangunan insfrastruktur di ibu kota baru, kecual Istana Negara.


Handi masih belum mengetahui skema hubungan timbal balik antara pemerintah dengan pihak Softbank terkait investasi tersebut. Ia memprediksi skema timbal balik tak jauh-jauh dari pemberian konsensi lahan untuk dikelola Softbank di ibu kota baru.

Bila konsesi lahan yang diberikan sebagai syarat timbal balik, Handi menilai itu sangat berisiko. Ia lantas mempertanyakan seberapa besar lahan di IKN yang akan diberikan pemerintah kepada Softbank sebagai konsensi.

"Seberapa besar lahan yang akan diberikan? Apa dampak dan pengaruhnya terhadap masyarakat dan pembangunan nasional," kata dia.

Handi mengaku tercengang dengan rencana investasi Softbank di IKN yang mencapai nilai US$30 miliar atau sekitar Rp420 triliun. Ia khawatir separuh lahan ibu kota baru nantinya bisa dikelola oleh Softbank melihat nilai investasi yang bombastis.

Menurutnya, kabar tersebut justru kontradiktif dengan semangat Presiden Joko Widodo yang berkeinginan agar pembangunan ibu kota menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika.

"Bisa bayangkan nanti, hampir semua lembaga pendidikan, kesehatan dan hotel dimiliki oleh asing semua. Sementara kondisi di sekitar ibu kota perlu dibenahi. Jadi akan timbul ketimpangan yang sangat luar biasa sekali," kata Handi.

loading...

Terpisah, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Zulfikar Arse Sadikin menilai pemerintah seharusnya bisa menggunakan modal sendiri saat membangun ibu kota baru. Menurutnya, jika tak mampu, maka tak menutup peluang untuk menggunakan skema public private partnership dengan mengundang investor.

"Yang penting setara, terbuka, menguntungkan kedua belah pihak, bukan untuk mengambil untung," kata Zulfikar.

Di sisi lain, Zulfikar menyatakan perlunya melibatkan partisipasi publik dalam aspek perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan pembentukan ibu kota baru ke depannya.

"Harus ada kontrol publik, baik secara intsitusional (DPR), organisasional (asosiasi), dan individual (citizen)," kata Zulfikar.

Sebelumnya, Luhut menyatakan skema investasi Softbank di IKN baru akan ditentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Februari 2020.

"Presiden akan membuat keputusan Februari (2020). Negosiasi kami akan bagaimana angkanya mungkin US$30 miliar," ujar Luhut dalam acara Coffee Morning di kantornya, Jumat (16/1).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: PKS soal Investasi Ibu Kota Baru: Jokowi Ambil Risiko Besar
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 159 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 452 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 246 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
GP Ansor Nilai Omnibus Law Cipta Kerja Merupakan RUU yang Tidak Jujur!

(18-02-2020 19:14:37 - Dibaca 119 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Ormas Minta MKD Beri Sanksi Berat ke Andre Rosiade!

(15-02-2020 07:19:56 - Dibaca 407 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Beri Kursi ke Hatta Rajasa, Zulkifli Masih Pikir-pikir untuk Besannya?

(13-02-2020 08:42:49 - Dibaca 389 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Kaca Pecah dan Kepala Kader Bocor Akibat Ricuh Kongres PAN!

(11-02-2020 16:00:32 - Dibaca 1.156 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Kembali Ricuh, Peserta Kongres PAN Saling Lempar Kursi!

(11-02-2020 12:51:25 - Dibaca 1.457 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Belum Resmi Dibuka, Kongres PAN Sudah Ricuh?

(10-02-2020 14:44:28 - Dibaca 790 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Jokowi Dikritik Fadli Zon Karena Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

(07-02-2020 15:54:44 - Dibaca 2.003 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
PKB Nilai WNI Eks ISIS Pantas Dipulangkan Jika Bertobat?

(05-02-2020 19:36:31 - Dibaca 270 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
GNPF Ulama Safari ke Parpol Jelang Pilkada Kota Medan, Mau apa?

(05-02-2020 17:21:59 - Dibaca 208 Kali)

 
- BERITA LAIN -
PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Sekda Sebut Formula E di Monas Biar Beken Dunia-Akhirat, Ini Kritik DPRD!

(22-02-2020 12:35:39 - Dibaca 142 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Soal RUU Ketahanan Keluarga, PKS Minta Jangan Ada yang Sinis?

(22-02-2020 12:20:30 - Dibaca 159 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Eks Presiden ISIS Indonesia Sebut Siap Tampung WNI Eks ISIS yang Pulang, Apa maksudnya?

(22-02-2020 11:46:46 - Dibaca 348 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!

(22-02-2020 11:17:05 - Dibaca 99 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!

(22-02-2020 11:12:08 - Dibaca 965 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

(22-02-2020 10:58:09 - Dibaca 452 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Dua Tersangka Begal Bekasi Berhasil Diciduk Polisi!

(22-02-2020 09:23:39 - Dibaca 120 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
RUU Ketahanan Keluarga Ditolak Pemerintah, Ini Respons Pengusul!

(22-02-2020 09:17:18 - Dibaca 246 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Terkait Corona, KBRI Korsel Imbau Turis RI Tak kunjungi Daegu!

(21-02-2020 19:47:09 - Dibaca 78 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Ahok Dituduh Korupsi oleh Orator Aksi 212, Ini Respons Tegas BUMN!

(21-02-2020 19:42:49 - Dibaca 1.904 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka Kembali Usai Aksi 212 Bubar!

(21-02-2020 19:38:15 - Dibaca 134 Kali)

PKS Kritik Jokowi Soal Investasi Ibu Kota Baru, Apa maksudnya?
Bantu Paramedis Lawan Corona, Bintang Ip Man Ini Sumbang Rp1,7 Miliar!

(21-02-2020 19:32:21 - Dibaca 80 Kali)

Melly Goeslaw dan Vidi Aldiano Gelar Tribute Ashraf Sinclair!
Ini Respons Polisi Soal Orator di Aksi 212 Teriak 'Jatuhkan Jokowi'!
Terkait Aksi 212, Ini Dia Rentetan Suara-suara Kontroversial Orator!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS!

4. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?

5. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

6. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

7. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

8. Polisi Berhasil Ciduk Netizen Penghina Risma di Bogor!