Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
 
31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 501 Kali
 
 
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Indonesia mendesak pimpinan DPR untuk merumuskan kebijakan pemotongan gaji anggota DPR. Gaji mereka bisa digunakan untuk membantu penanggulangan wabah virus corona (Covid-19).

"DPR juga seharusnya bersedia untuk menerapkan pemotongan gaji bagi para anggotanya untuk ditambahkan kepada APBN bagi penanggulangan Covid-19," kata Direktur Jaringan dan Advokasi PSHK Fajri Nursyamsi dalam keterangan tertulis, Senin (30/3).

Fajri Nursyamsi mengatakan, DPR sebagai penyeimbang eksekutif tentu mengetahui kondisi keuangan negara dan besarnya kebutuhan untuk penanggulangan corona.


DPR, kata dia, juga perlu melakukan tindakan berupa kontribusi konkret. Salah satunya dengan memberikan sebagian gaji anggota DPR kepada pemerintah.

Seruan serupa disampaikan oleh Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati. Ia menyebut, sudah sewajarnya jika DPR dan pemerintah memotong dan merealokasi pos APBN demi menjamin kesehatan dan keselamatan rakyat.

"Termasuk memotong pos untuk gaji dan tunjangan anggota DPR dan direksi BUMN untuk menyediakan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga medis dan masyarakat miskin," ujar Asfinawati dalam keterangan tertulis.

loading...

Ia juga meminta DPR, selaku lembaga legislatif, untuk menjalankan fungsi pengawasan dengan optimal di tengah pandemi corona. Terutama terhadap langkah yang ditempuh pemerintah.

Asfinawati juga mendesak agar DPR memastikan tanggung jawab negara untuk menyediakan segala kebutuhan rakyat dalam menghadapi corona terpenuhi. Misalnya menyediakan bahan pangan, air, sanitasi, dan bantuan finansial bagi rakyat miskin.

Selain itu, PSHK juga meminta DPR menunda sementara seluruh pembahasan rancangan undang-undang (RUU) yang mendapat penolakan dari publik di tengah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Adapun sejumlah RUU yang diminta ditunda pembahasannya yakni Omnibus Law RUU Cipta Kerja, RUU KUHP, RUU Pemindahan Ibu Kota Negara, hingga RUU Lembaga Permasyarakatan.

"Harus ditunda pembahasannya karena situasi wabah seperti sekarang tidak akan membuahkan partisipasi publik yang maksimal," Fajri.

DPR diketahui menggelar Sidang Paripurna Pembukaan Masa Sidang III pada Senin (30/3). Fajri mengatakan, dalam masa sidang kali ini, DPR harus fokus kepada agenda penanggulangan wabah corona.

DPR perlu memaksimalkan fungsinya sebagai lembaga perwakilan dan penyeimbang pemerintah dalam penanggulangan virus corona.

Parlemen pun menyoroti inisiatif sejumlah pemerintah daerah yang mengambil kebijakannya masing-masing yang terkesan tanpa koordinasi dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini mengenai karantina wliayah.

Angka orang yang kembali ke daerah dari Jakarta juga harus menjadi sorotan. Menurut Fajri, imbauan pemerintah gagal karena tidak sedikit yang meninggalkan Jakarta.

PSHK juga mendesak agar DPR menjalankan fungsi pengawasan terkait penanganan wabah virus corona, khususnya pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan UU lain yang berkaitan.

"Artinya, dalam masa sidang ini DPR harus menetapkan agendanya secara sinergis dengan kepentingan nasional, yaitu menghadapi situasi wabah Covid-19," tuturnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Anggota DPR Didesak Potong Gaji untuk Bantu Penanganan Corona
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Tolak Gabung Partai Baru Amien Rais, PA 212 Ngaku Mereka adalah Gerakan Moral?

(16-05-2020 08:58:12 - Dibaca 699 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Sejak 5 Tahun Lalu, Hanafi Rais Sudah Tak Cocok dengan Zulkifli Hasan?

(14-05-2020 15:39:10 - Dibaca 185 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Tak Suka Disebut Sengkuni, Loyalis Amien Tuding Pro-Zulhas Cebong Biru?

(12-05-2020 10:00:10 - Dibaca 547 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Mundurnya Hanafi Menyangkut Gerbong Amien Rais dengan Zulkifli Hasan?

(07-05-2020 13:49:32 - Dibaca 266 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
DPR Fraksi PAN Kritik Pemerintah Soal Zona Merah Corona yang Tak Jelas

(27-04-2020 08:36:46 - Dibaca 291 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Mardani Nilai Kebijakan Larangan Mudik Pemerintah Amburadul dan Sudah Terlambat?

(25-04-2020 10:11:43 - Dibaca 400 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Wacana Pilkada Tak Langsung Lewat DPRD karena Corona, KPU Tak Sepakat!

(20-04-2020 13:34:19 - Dibaca 230 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Pemerintah Dinilai Tak Transparan Soal Pemilihan Mitra Prakerja?

(15-04-2020 13:37:26 - Dibaca 272 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Soal Pasal Hina Presiden, Politikus PKS Ini Sindir Jokowi!

(09-04-2020 14:28:57 - Dibaca 618 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Presiden PKS Minta Jokowi Tak Dengar Penjilat dan ABS?

(04-04-2020 08:28:54 - Dibaca 1.140 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Dukungan SBY kepada Jokowi Tangani Corona: Badai Belum Berlalu!

(23-03-2020 11:33:53 - Dibaca 379 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
SBY Minta Jokowi Tak Lamban Hadapi Ekonomi Bergolak karena Corona!

(18-03-2020 10:06:49 - Dibaca 1.238 Kali)

 
- BERITA LAIN -
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?

(27-05-2020 09:44:46 - Dibaca 1.009 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!

(26-05-2020 12:10:57 - Dibaca 225 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?

(26-05-2020 11:21:54 - Dibaca 1.861 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!

(26-05-2020 10:27:10 - Dibaca 174 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 283 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

(26-05-2020 09:58:22 - Dibaca 317 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 146 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Saling Berlomba Temukan Vaksin Corona, China Paling Depan!

(25-05-2020 20:09:14 - Dibaca 439 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Vaksin Dari China Ini Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19!

(25-05-2020 10:08:36 - Dibaca 683 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Kini Instagram Bisa Video Call 50 Orang, Ini Caranya!

(25-05-2020 09:08:50 - Dibaca 155 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 587 Kali)

PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Benda Misterius Dari Langit Jatuh di Sragen...

(24-05-2020 21:42:43 - Dibaca 849 Kali)

Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.