Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel
Polisi Tangkap Gus Nur Tengah Malam di Kediamannya!

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
 
11-09-2020 21:24:28 - Dibaca 634 Kali
 
 
Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan hampir 92 persen calon kepala daerah yang tersebar di seluruh Indonesia dibiayai oleh cukong.

Rata-rata, kata Mahfud, setelah terpilih para calon kepala daerah ini akan memberi timbal balik berupa kebijakan yang menguntungkan para cukong tersebut.

"Di mana-mana, calon-calon itu 92 persen dibiayai oleh cukong dan sesudah terpilih, itu melahirkan korupsi kebijakan," kata Mahfud saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema Memastikan Pilkada Sehat: Menjauhkan Covid-19 dan Korupsi yang disiarkan melalui kanal Youtube resmi Pusako FH Unand, Jumat (11/9).

Sejak Pilkada langsung yang sistem pemilihannya dilakukan oleh rakyat, kata Mahfud, para cukong banyak yang menabur benih bersama para kontestan Pilkada.
 
 


Mahfud tak mengatakan para calon yang dibiayai para cukong ini juga ada di Pilkada Serentak 2020 yang telah memulai masa tahapan. Dia hanya mengatakan kerja sama antara calon kepala daerah dengan para cukong ini sudah pasti terjadi.

Hubungan timbal balik ini biasanya berupa kebijakan yang diberikan para calon kepala daerah yang telah resmi terpilih kepada para cukong tersebut. Apa yang terjadi kemudian, kata Mahfud, dampak kerja sama dengan para cukong ini lebih berbahaya dari korupsi uang.

Korupsi kebijakan, kata Mahfud, biasanya berupa lisensi penguasaan hutan, lisensi tambang, dan lisensi lainnya yang lebih merugikan masyarakat.

"Korupsi kebijakan itu lebih berbahaya dari korupsi uang. Kalau uang bisa dihitung, tapi kalau kebijakan dalam bentuk lisensi penguasaan hutan, lisensi-lisensi penguasaan tambang yang sesudah saya periksa itu tumpang-tindih," kata dia.


"Karena ada Undang-undang yang menyatakan, misalnya, seorang Bupati itu boleh memberi lisensi eksplorasi tambang untuk sekian persen luasnya daerah," kata Mahfud.

Pada praktiknya, kata Mahfud, lisensi itu diberikan lebih luas dari yang seharusnya. Bahkan tak sedikit kepala daerah juga berinisiatif membuka izin baru bagi para cukong yang pernah membantu membiayai masa kampanye ketika Pilkada sebelumnya.

Soal cukong Pilkada ini juga diungkap oleh salah satu Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron. Dalam kajian yang pernah dilakukan KPK, sebanyak 82 persen calon Kepala Daerah didanai oleh sponsor.

"Faktanya dalam kajian KPK sebelumnya ada 82 persen calon kepala daerah itu 82 persen didanai oleh sponsor bukan didanai pribadinya," kata dia.

Dari sinilah, kata Ghufron, praktik korupsi di masa Pilkada terjadi.

"Kemudian memungkinkan sebagai money politic sehingga itu menunjukkan nanti akan ada aliran dana dari sponsor kepada calon kepala daerah," kata dia.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
KSPI Tagih Legislative Review UU Ciptaker, PPP Jawab Minta ke PD dan PKS!

(23-10-2020 09:33:37 - Dibaca 191 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Fadli Zon Sebut Presiden yang Bisa Tentukan Nasib Omnibus Law Bukan Parpol?

(23-10-2020 07:45:07 - Dibaca 154 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Rocky Gerung Kritik Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

(22-10-2020 09:48:43 - Dibaca 103 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 4 Sorotan Tajam Fadli Zon!

(21-10-2020 07:41:52 - Dibaca 104 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
PKS Beri Rapor Merah di Satu Tahun Jokowi Pimpin RI, Mengapa?

(20-10-2020 16:49:34 - Dibaca 134 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Soal Dalang Demo, Mahfud: Kami Tak Sebut Partainya!

(19-10-2020 19:15:54 - Dibaca 325 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Komnas PA Sebut Anak-anak Dikumpulkan di Depok untuk Ikut Demo Tolak Omnibus Law

(18-10-2020 15:22:16 - Dibaca 324 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Diksi 'Tsaurah' FPI Bisa Dimaknai Kudeta, Ini Respons Tegas PKB!

(17-10-2020 10:33:47 - Dibaca 718 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Isu Kepulangan Rizieq Disebut Bisa Ditebak Arahnya?

(17-10-2020 09:36:10 - Dibaca 356 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Terkait Penangkapan Aktivis KAMI, PKS Gagas Revisi Pasal untuk Tangkap Seseorang dalam UU ITE?

(14-10-2020 13:37:14 - Dibaca 136 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
PAN Minta Polisi Usut Pernyataan Soal Rizieq Pimpin Revolusi!

(14-10-2020 11:54:48 - Dibaca 380 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Kemana Ferdinand Hutahaean akan Berlabuh Usai Keluar dari PD?

(13-10-2020 21:31:14 - Dibaca 420 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

(24-10-2020 10:05:22 - Dibaca 31 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?

(24-10-2020 09:58:48 - Dibaca 36 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Polisi Tangkap Gus Nur Tengah Malam di Kediamannya!

(24-10-2020 09:54:03 - Dibaca 71 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Gus Nur Ditangkap Karena Diduga Sebarkan Ujaran Kebencian SARA!

(24-10-2020 09:48:43 - Dibaca 64 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Pangeran Arab Saudi Mulai Bisa Gerakkan Tangan Setelah Koma 15 Tahun!

(23-10-2020 19:13:32 - Dibaca 268 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Netizen Sindir Soal Rokok Bisa Bakar Gedung Kejagung!

(23-10-2020 19:05:12 - Dibaca 73 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Eep Saefulloh PolMark Dipolisikan Terkait Survei!

(23-10-2020 19:00:11 - Dibaca 167 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Kasus Kebakaran Kejagung, Bareskrim Tetapkan 8 Tersangka!

(23-10-2020 17:36:18 - Dibaca 92 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Anies Ingin 7 Infrastruktur DKI Didanai Utang Dana PEN?

(23-10-2020 17:31:34 - Dibaca 185 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Achmad Yurianto Dicopot dari Dirjen Kemenkes, Mengapa?

(23-10-2020 17:25:18 - Dibaca 152 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Maskapai Lion Air Digugat Pailit!

(23-10-2020 17:18:28 - Dibaca 113 Kali)

Wow! Mahfud MD Sebut 92 Persen Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong
Kivlan Zen Minta Kasus Senpi yang Menjeratnya Disetop?

(23-10-2020 15:55:07 - Dibaca 103 Kali)

Gus Nur Ditangkap Karena Diduga Sebarkan Ujaran Kebencian SARA!
Pangeran Arab Saudi Mulai Bisa Gerakkan Tangan Setelah Koma 15 Tahun!
Netizen Sindir Soal Rokok Bisa Bakar Gedung Kejagung!

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.