Gokil! 6 Orang Indonesia Ini Punya Nama yang Unik
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

 
loading...

Sarangberita.com > Politik
 
KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
 
15-09-2020 17:09:39 - Dibaca 209 Kali
 
 
KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan para kandidat Pilkada Serentak 2020 menggelar konser musik di tengah pandemi virus corona dalam rangka kampanye. Hal itu diatur dalam pasal 63 ayat (1) PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan aturan itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada, sehingga PKPU mengikuti aturan tersebut.

"Bentuk-bentuk kampanye juga sudah diatur di situ, tentu KPU tidak bisa mengubah dan meniadakannya," ujar Dewa dalam webinar yang digelar KPU, Selasa (15/9).

Pasal 63 PKPU Nomor 10 Tahun 2020 mengatur tujuh jenis kegiatan yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Jenis-jenis kegiatan itu ialah rapat umum; kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik; kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai; perlombaan; kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah; peringatan hari ulang tahun Partai Politik; dan/atau melalui Media Daring.
 
 


Dewa mengatakan sebenarnya KPU punya banyak rencana membuat aturan yang lebih progresif terkait pandemi. Namun niat itu tak bisa serta-merta dilakukan karena harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku. PKPU harus sesuai dengan apa yang diatur dalam UU Pilkada.

"Maka selain kampanye tatap muka secara langsung dalam bentuk terbatas, termasuk kampanye jenis lainnya, kami mendorong pemanfaatan teknologi informasi," ujarnya.

Kemudian pada Pasal 63 Ayat 2 PKPU No. 10 tahun 2020 diatur bahwa maksimal peserta kampanye rapat umum di tempat terbuka adalah 100 orang. Setiap peserta juga wajib menjaga jarak minimal 1 meter.

Dewa menjelaskan itu semua usai Deputi I Sistem dan Strategi BNPB Bernardus Wisnu Widjaja mempertanyakan alasan KPU membolehkan kegiatan berupa konser musik di tengah pandemi virus corona.

Dia cemas konser musik menimbulkan kerumunan massa sehingga rentan terjadi penularan virus corona.


"Masih membolehkan konser musik dan perlombaan di pasal 63 (PKPU Nomor 10 Tahun 2020). Ini mungkin juga harus diperhatikan karena ada pengumpulan massa dan ada arak-arakan, perlu diantisipasi," kata Wisnu.

Dalam kesempatan itu, Wisnu juga menyoroti gelaran debat kandidat dan kampanye rapat umum. KPU memperbolehkan 50 orang pendukung hadir saat debat dan 100 orang hadir saat rapat umum.

"Ini tugas kita bersama jadi kita harus kolaborasi menyukseskan keputusan politik yang sudah dibuat," tutur Wisnu.

Indonesia tetap akan menggelar Pilkada Serentak 2020, meski pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Sebanyak 105.852.716 orang di 270 daerah tercatat berpotensi menjadi pemilih dalam gelaran kali ini.

Desakan menunda pilkada menguat setelah 316 kandidat melakukan pelanggaran protokol Covid-19 saat masa pendaftaran. Epidemiolog dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra bahkan memprediksi pilkada akan menghasilkan klaster jumbo Covid-19.

"Kita berharap Pemerintah tidak menganggap sepele Pilkada. Adapun kasus Covid-19 sudah hampir 200 ribu, jadi bayangkan nanti kita bisa tembus 500 ribu bahkan melonjak sejuta kasus," kata Hermawan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (4/9).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: KPU Izinkan Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
KSPI Tagih Legislative Review UU Ciptaker, PPP Jawab Minta ke PD dan PKS!

(23-10-2020 09:33:37 - Dibaca 244 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Fadli Zon Sebut Presiden yang Bisa Tentukan Nasib Omnibus Law Bukan Parpol?

(23-10-2020 07:45:07 - Dibaca 171 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Rocky Gerung Kritik Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

(22-10-2020 09:48:43 - Dibaca 113 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 4 Sorotan Tajam Fadli Zon!

(21-10-2020 07:41:52 - Dibaca 106 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
PKS Beri Rapor Merah di Satu Tahun Jokowi Pimpin RI, Mengapa?

(20-10-2020 16:49:34 - Dibaca 136 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Soal Dalang Demo, Mahfud: Kami Tak Sebut Partainya!

(19-10-2020 19:15:54 - Dibaca 325 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Komnas PA Sebut Anak-anak Dikumpulkan di Depok untuk Ikut Demo Tolak Omnibus Law

(18-10-2020 15:22:16 - Dibaca 324 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Diksi 'Tsaurah' FPI Bisa Dimaknai Kudeta, Ini Respons Tegas PKB!

(17-10-2020 10:33:47 - Dibaca 718 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Isu Kepulangan Rizieq Disebut Bisa Ditebak Arahnya?

(17-10-2020 09:36:10 - Dibaca 356 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Terkait Penangkapan Aktivis KAMI, PKS Gagas Revisi Pasal untuk Tangkap Seseorang dalam UU ITE?

(14-10-2020 13:37:14 - Dibaca 138 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
PAN Minta Polisi Usut Pernyataan Soal Rizieq Pimpin Revolusi!

(14-10-2020 11:54:48 - Dibaca 380 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Kemana Ferdinand Hutahaean akan Berlabuh Usai Keluar dari PD?

(13-10-2020 21:31:14 - Dibaca 421 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Gokil! 6 Orang Indonesia Ini Punya Nama yang Unik

(25-10-2020 10:07:55 - Dibaca 45 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!

(25-10-2020 08:01:27 - Dibaca 70 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

(25-10-2020 07:54:06 - Dibaca 76 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

(24-10-2020 20:33:37 - Dibaca 189 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!

(24-10-2020 20:23:58 - Dibaca 118 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

(24-10-2020 19:14:32 - Dibaca 338 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

(24-10-2020 19:06:13 - Dibaca 77 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Putra Kedua Raja Brunei Darussalam Meninggal Dunia!

(24-10-2020 18:34:38 - Dibaca 354 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Unik! Nama Perempuan di Kota Probolinggo Ini Patah Hati?

(24-10-2020 18:25:19 - Dibaca 106 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Saat Perut Masih Kosong dan Rasakan 5 Manfaat Ini pada Tubuh Anda!

(24-10-2020 17:47:26 - Dibaca 415 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

(24-10-2020 10:05:22 - Dibaca 70 Kali)

KPU Beri Izin Peserta Pilkada Gelar Konser di Masa Pandemi, Apa maksudnya?
Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?

(24-10-2020 09:58:48 - Dibaca 69 Kali)

Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.