Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
 
09-04-2018 12:51:47 - Dibaca 3.792 Kali
 
 
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said dan Ida Fauziah meluncurkan saweranjateng.id untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi membantu biaya kampanye yang dianggap mahal.

"Saya bukan orang yang punya uang, selama ini biaya kampanye saya dari saweran. Ini juga untuk menghindari korupsi" kata Sudirman saat kegiatan deklarasi politik saweran di Hotel Patrajasa, Ahad 8 April 2018.

Sudirman mengaku senang ada relawan yang berinisiatif dengan kegiatan Gasebu (gerakan Rp 10.000). "Kami mengetuk kerelaan warga, tidak ada paksaan. Kami bereksperimen semoga ada respons yang baik," ujarnya.


Ia menjelaskan, nantinya hasil saweran itu akan dipakai untuk membiayai kampanye dalam pemenangannya. Selain itu, juga akan digunakan untuk mendanai perjalanan dan sosialisasi bersama relawan, pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan biaya operasional kampanye yang dilakukan relawan. Dia menegaskan, hasil saweran itu tidak akan digunakan untuk orientasi pribadi, tetapi untuk kepentingan masyarakat dan relawannya.

Sudirman membantah bahwa dirinya maju pemilihan gubernur Jawa Tengah tanpa dibiayai partai pengusungnya. Dia juga menampik soal uang yang dimilikinya sudah habis untuk pencalonannya ini. Ia menegaskan dirinya bukan pengusaha kaya yang bisa mengeluarkan uang sewaktu-waktu.

"Habis ya dicari lagi (dana kampanye). Kalau ini berhasil maka akan menjadi contoh bagi daerah lain," katanya. Menurut dia, politik tidak dilihat sebagai cara untuk mengincar jabatan tetapi pengabdian. "Kalau politik memperoleh jabatan dengan berbagai cara, apalagi korupsi, maka akan membatalkan niatnya."

Komandan Relawan Sudirman-Ida, Arie Sadewo mengatakan peluncuran saweranjateng.id baru dilakukan karena menunggu momentum yang tepat. Kata dia, Sudirman bukan orang kaya yang bisa membiayai kampanye politiknya sendiri.

"Rakyat membiayai kampanye untuk kampanye pemimpinnya, bukan pemimpin yang kampanye membiayai rakyatnya," ujarnya.

Dia pun menjelaskan Gasebu adalah istilah. Semua orang bisa menyumbang semampunya sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum. "Kami sudah konsultasikan yang terbaik gimana batas maksimal boleh nyumbang sesuai aturan," kata Arie.

Apabila strategi mendapatkan sumbangan itu mendapat respons masyarakat, Arie mengatakan, hal itu akan menjadi salah satu sarana pendidikan politik yang baik. Artinya, Sudirman Said melakukan kontrak sosial dengan masyarakat luas, ketimbang melaksanakan kontrak implisit dengan orang tertentu.

"Jangan sampai ada transaksi diam-diam, malah bahaya itu, nanti ada kepentingan tertentu," tutur Arie. Sebagai transparansi, dia melanjutkan, akan diaudit akuntan publik dan jika memungkinkan hasilnya akan dipublikasikan berapa dana yang masuk. "Berikutnya, sawerannya bisa untuk membiayai kepemimpinan daerah, semua sektor. Ini untuk kebaikan kok," ujar Arie.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sudirman Said-Ida Fauziah Luncurkan Saweran Jateng untuk Kampanye
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- POLITIK -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?

(22-04-2019 21:24:05 - Dibaca 108 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 122 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 958 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 197 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 652 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Anggota BPN Ini Tak Setuju Prabowo dan Jokowi Bertemu, Mengapa?

(20-04-2019 15:13:59 - Dibaca 187 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal 'Kemenangan' Jokowi di Pilpres, Ini Pernyataan Tegas Yusril!

(20-04-2019 15:10:01 - Dibaca 2.426 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Amien Rais Sindir Tokoh yang Main Aman Usai Quick Count! Siapa?

(19-04-2019 20:50:10 - Dibaca 1.266 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Jokowi Telepon Koster Ucapkan Terima Kasih KArena Menang Telak di Bali!

(19-04-2019 09:03:40 - Dibaca 386 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Pengurus Demokrat Dapat Instruksi SBY Untuk Tak Ikut Kegiatan Inkonstitusional!

(19-04-2019 08:21:36 - Dibaca 1.464 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Pendukung Prabowo Laporkan Lembaga Survei Soal QC Pilpres, Ini Respon KPU!

(18-04-2019 18:11:54 - Dibaca 1.828 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?

(22-04-2019 21:24:05 - Dibaca 108 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 122 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 193 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 958 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 781 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 197 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 115 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 652 Kali)

Sudirman Said Ajak Warga Jateng Untuk Saweran Bantu Biaya Kampanye, Ada yang mau?
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 746 Kali)

BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?