Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
 
09-04-2018 19:17:07 - Dibaca 3.670 Kali
 
 
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Pemerintah DKI Jakarta akan mengganti program pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) era Ahok dengan Taman Maju Bersama. Namun pengamat tata kota Nirwono Joga menduga pemerintahan Anies-Sandi tak memiliki konsep yang jelas untuk program pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Program Taman Maju Bersama besutan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini dicurigai sebagai komoditas politik karena tak ingin melanjutkan program pembangunan RPTRA warisan pemerintahan Ahok. “Sampai hari ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman belum memiliki konsep apa itu Taman Maju Bersama dan Taman Pintar,” ujar pengamat tata kota dari kelompok Peta Hijau, Nirwono Joga, saat dihubungi Tempo, Ahad 8 April 2018.

Nirwono mengungkapkan bahwa dirinya dihubungi oleh satu anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) ihwal konsep taman baru tersebut. Menurut dia, pemerintah DKI masih mencari-cari konsep. “Kalau belum punya konsep yang jelas kenapa nama itu dikeluarkan?” ujar Nirwono.


Program Taman Maju Bersama mencuat setelah Anies Baswedan memberikan pidato dalam rapat paripurna di gedung DPRD, yang membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Selasa pekan lalu. Anies menyebutkan akan membangun ruang terbuka hijau. RTH itu, kata Anies, nantinya akan berbentuk Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Dalam draf RPJMD 2017–2022 itu, konsep Taman Maju Bersama hanya tertulis untuk area rekreasi dan edukasi. Selain itu, dapat mengakomodasi kegiatan warga yang bernilai sosial, ekonomi, dan budaya. Adapun untuk Taman Pintar, hanya disebutkan akan memiliki fasilitas yang akan memberikan nilai tambah rekreasi dan edukasi.

Konsep seperti itu langsung dipertanyakan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta dalam rapat lanjutan antara pemerintah DKI dan Komisi D, Rabu pekan lalu. Bestari Barus dari Fraksi NasDem, misalnya, menilai secara konsep taman itu sama dengan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Menurut Bestari, RPTRA juga dapat mengakomodasi berbagai kegiatan masyarakat. “Hanya beda nama. Ini seperti beda nama antara SMA, SLTA, SMU,” ujar Bestari. Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Djafar Muchlisin, berkukuh RPTRA berbeda dengan Taman Maju Bersama. Menurut dia, RPTRA memiliki banyak keterbatasan. Itu sebabnya pula, dia menambahkan, pembangunan RPTRA disetop hanya sampai tahun ini. “Kalau Taman Maju Bersama, semua bisa berpartisipasi,” ujar dia.

Kegiatan yang dapat diadakan di Taman Maju Bersama, kata Djafar, di antaranya kajian keagamaan hingga kegiatan ekonomi. “Jadi, di sana enggak terpaku pada kegiatan anak-anak saja.”

Di sisi lain, Djafar mengatakan, Taman Maju Bersama juga tak akan banyak memiliki bangunan keras. “Karena kan untuk ruang terbuka hijau. Jadi, untuk resapan air,” kata dia.

Adapun Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Agustino Darmawan, mengatakan jumlah RPTRA di Jakarta dicukupkan karena dinilai sudah melampaui target. DKI awalnya menargetkan RPTRA ada di 267 kelurahan. Saat ini, sudah ada 290 RPTRA.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Pembangunan RPTRA Era Ahok Disetop, Diganti Taman Maju Bersama
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Bukan LRT Penyebab Banjir Kalimalang, Tapi Pompa yang Kurang!

(09-04-2019 20:14:16 - Dibaca 196 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!

(24-03-2019 18:24:34 - Dibaca 1.168 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!

(23-03-2019 16:26:22 - Dibaca 253 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Jumlah Anggota TGUPP Tak Lagi Dibatasi di Pergub Baru Anies, Mengapa?

(11-03-2019 10:23:34 - Dibaca 122 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
DPRD DKI Ini Pertanyakan Soal TGUPP Ala Anies! Apa Kontribusinya?

(09-03-2019 16:06:35 - Dibaca 231 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!

(09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 90 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Anies akan Lapor ke Rakyat Soal Penolakan Ketua DPRD DKI Jual Saham PT Delta, Rakyat yang mana?

(07-03-2019 17:47:09 - Dibaca 377 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Pernah Kritik Ahok Soal Dana KLB, Ternyata Anies Bangun JPO Juga Pakai Dana KLB! Apa maksudnya?

(01-03-2019 09:52:36 - Dibaca 360 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 497 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 331 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 103 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 150 Kali)

 
- BERITA LAIN -
RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?

(22-04-2019 21:24:05 - Dibaca 116 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 123 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 209 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 962 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 781 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 197 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 116 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 652 Kali)

RPTRA Era Ahok Diganti Taman Maju Bersama, Ini Kecurigaan Pengamat Tata Kota!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 746 Kali)

BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?