Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
 
16-04-2018 10:21:43 - Dibaca 263 Kali
 
 
Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Pakar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menyesalkan pernyataan senior Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyebutkan dikotomi partai Allah dan partai setan.

Menurut Hamdi, sebagai seorang tokoh politik, Amien Rais tak mencerminkan cara berpolitik yang sehat dan elegan.

"Upaya mendelegitimasi partai lain dengan mengatakan partai lain itu setan, dan partai Allah, itu basisnya apa? Yang jelas tidak ada rasionalitasnya," ujar Hamdi kepada Kompas.com, Senin (16/4/2018). Hamdi mengungkapkan, dikotomi itu tak perlu dibawa dalam berpolitik.


Seharusnya, para elit parpol berpolitik dengan berbasis argumentasi, logika, dan fakta. Caranya, dengan menyampaikan ideologi, visi dan misi, program, dan capaian prestasi kepada para calon pemilihnya.

"Cara-cara yang elegan biasanya kan mengungkapkan apa ideologi-ideologi partai, apa yang menjadi platform, program, dan semua berbasis argumentasi, faktual, rasionalistas. Itu yang sehat," kata Hamdi.

Hamdi mengatakan, cara berpolitik sehat dan elegan justru akan menjadi daya tarik untuk pemilih.

"Kalau pemilih kita bisa diyakinkan dengan cara-cara yang rasional, mengemukakan program, otomatis legitimasi jadi kuat dan mendelegitimasi lawan. Misalnya, lawan partai itu tidak bagus, programnya tidak rasional, data-data menunjukkan begini, tinggal nanti lihat apakah pemilih percaya apa enggak," kata dia.

Oleh karena itu, Hamdi mengimbau kepada para elit politik untuk tak menggunakan cara-cara buruk dan tak rasional hanya demi mendulang suara pemilih. Dalam sebuah ceramah di Jakarta, Amien mendikotomikan adanya partai setan dan partai Allah.

Awalnya, dia mengajak semua pihak termasuk PAN, PKS, dan Gerindra bersama umat Islam berjuang bersama membela agama. Amien menyebutkan, sebaliknya, ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namun, saat dikonfirmasi partai mana yang dimaksud partai setan, dia enggan menjawab.

Merespons pernyataan Amien, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, pernyataan soal dikotomi partai setan dan partai Allah tidak mewakili partai.

“Ya memang sudah diluruskan. Itu kan Pak Amin sebagai pembina atau penasihat Alumni 212. Itu juga ceramah di masjid habis shalat subuh, menjelaskan tentang teologi apa yang terkandung dalam Al Quran. Itu yang dijelaskan.

Oleh karena itu, jangan dipersepsikan lain,” kata Zulkifli usai membuka Rakerwil DPW PAN NTB di Mataram, Sabtu sore (14/4). Ketika ditanyakan apakah PAN kecewa atas pernyataan yang disampaikan Amien Rais itu, Zulkifli enggan berkomentar.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Pernyataan Amien Rais soal Partai Setan Tak Cerminkan Cara Berpolitik Sehat
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- POLITIK -
Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 961 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 874 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.005 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

(21-09-2018 16:23:12 - Dibaca 1.478 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Fadli Zon Posting Video 'Goyang Bebek Angsa' Memuat Tudingan Soal PKI, Apa maksudnya?

(21-09-2018 16:10:19 - Dibaca 740 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Temui Prabowo, Presiden PKS dan Ketua Majelis Syuro Tagih Posisi Wagub DKI!

(21-09-2018 09:01:44 - Dibaca 649 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Jokowi Diminta PAN Pecat Mendag, Buwas dan Mentan, Apa maksudnya?

(21-09-2018 08:54:21 - Dibaca 505 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Putuskan Gabung atau Tidak ke Tim Prabowo, Yenny Wahid Minta Waktu 10 hari!

(20-09-2018 21:18:44 - Dibaca 401 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dahnil Anzhar Gabung Timses Prabowo Karena...

(20-09-2018 21:06:01 - Dibaca 661 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

(20-09-2018 20:50:14 - Dibaca 5.964 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Lulung Yakin Bisa Buat PAN Menang di Pileg 2019?

(20-09-2018 09:25:52 - Dibaca 266 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 447 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!

(22-09-2018 21:58:00 - Dibaca 724 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 961 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 874 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.005 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.242 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.354 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 421 Kali)

Pakar Psikologi Politik ini Sebut Amien Rais Tak Berpolitik Sehat dan Elegan!
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?