Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Politik
 
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
 
09-08-2021 11:21:39 - Dibaca 802 Kali
 
 
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Ketum PB HMI Raihan Ariatama (Amir Baihaqi/detikcom)
 
 
Dualisme internal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dipo mendapat sorotan publik akhir-akhir ini. Menurut Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI Raihan Ariatama, dualisme ini bermula sejak era Ketua Umum pendahulunya.

Sebagaimana diketahui, di HMI kini ada kubu Ketum Raihan Ariatama dan kubu Pejabat (Pj) Ketum Abdul Muis Amiruddin. Raihan bercerita, semula dirinya dan Muis sama-sama menjabat sebagai pengurus di kepemimpinan Ketua Umum Respiratori Saddam Al Jihad dan Sekretaris Jenderal Arya Kharisma (2018-2020).

"Saya dan Muis sama-sama menjadi ketua bidang di kepengurusan Saddam," kata Raihan kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Di tengah masa jabatan, Saddam Al Jihad tersandung masalah internal organisasi. Saat itulah awal dualisme timbul antara Saddam dengan Sekjennya, yakni Arya Kharisma.

"Terjadi konflik lalu muncul dua kepengurusan Ketua Umum Saddam dan Pj Ketua Umum Arya (semula Sekjen)," kata Raihan.

Selanjutnya, baik Saddam maupun Arya ingin menggelar kongres masing-masing. Namun dalam perjalanannya, kubu Saddam dan kubu Arya bersedia islah (rekonsiliasi) di Masjid Sunda Kelapa, Maret 2020. Pada momen itu juga, Saddam mundur sebagai Ketum PB HMI.

"Saddam mundur sebagai Ketua Umum dan menyerahkan kepada Arya sebagai Pj Ketua Umum untuk melaksanakan Kongres di Surabaya (Kongres XXXI HMI di Surabaya, Maret 2021)," kata Raihan.

Namun setelah islah antara kubu Saddam dan kubu Arya tersebut, ada pihak yang tidak puas. Pihak yang tidak puas ini juga merencanakan kongres sendiri, bukan kongres di Surabaya itu melainkan kongres di Makassar. Kubu itu adalah Pj Ketum Abdul Muis Amiruddin.

"Selang beberapa bulan (setelah islah) ternyata ada pihak-pihak yang merasa tidak terakomodir dalam kepengurusan dan membentuk Pj Ketum. Pj Ketum yang dipilih adalah Abdul Muis yang akan melaksanakan kongres di Makassar pada Juni 2021," kata Raihan.


Pada Maret 2021, Kongres XXXI HMI digelar di Surabaya. Kata Raihan, ada 203 cabang (semua cabang) yang hadir di Kongres itu. Lewat Kongres itu, Raihan menjadi Ketum PB HMI 2021-2023. Namun Abdul Muis Amiruddin menyatakan Raihan tidak sah menjadi Ketum karena tidak sesuai konstitusi HMI. Apa kata Raihan?

"Semuanya melalui proses yang sesuai dengan konstitusi HMI," tanggap Raihan.

Kata Muis:

Kubu Muis

HMI kubu Muis mencuat kala mereka merencanakan demonstrasi terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencana demo ke dekat Istana Merdeka pada Jumat (6/8) kemarin gagal karena demonstran HMI kubu Muis sudah dicegat polisi sejak di Sekretariat HMI, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Muis sendiri menyatakan jabatan Ketum Raihan tidak sah karena tidak sesuai konstitusi HMI.





"Kongres Surabaya itu inkonstitusional. Sejak awal saat HMI dipimpin oleh Saudara Respiratori Saddam Al Jihad itu kepemimpinan diserahkan di dalam forum yang bukan forum resmi. Seharusnya dilakukan rapat sesuai dengan mekanisme organisasi, tapi itu tidak dilakukan, tiba-tiba mereka menyelenggarakan kongres, termasuk Kongres XXXI di Surabaya," kata Muis, Kamis (5/8).

Muis merasa pemimpin HMI selepas Saddam ditunjuk langsung oleh Saddam sendiri. Menurut Muis, itu tidak sesuai dengan aturan. Seharusnya, penunjukan dilakukan lewat Majelis Pengawas Konsultasi (MPK) dan diteruskan ke forum Rapat Harian.

"Kita harus mengikuti pedoman dalam organisasi, termasuk mekanisme pemiihan Pj Ketua Umum, pemilihan Pj seharusnya dipilih melalui rapat harian. Saya dipilih melalui forum rapat MPK dilanjutkan dengan rapat harian," ujarnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Ketum HMI Jelaskan Awal Mula Dualisme Organisasinya
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 723 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Mahfud MD Tegaskan Indonesia Bukan Negara Agama!

(10-11-2021 10:25:22 - Dibaca 1.421 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Demokrat Minta Jokowi Selalu Bersih-bersih Kabinet?

(07-11-2021 06:07:44 - Dibaca 752 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 1.224 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 1.255 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Jokowi Dapat Pujian dari Profesor Singapura, Ini Kata Koalisi dan Oposisi!

(09-10-2021 06:12:16 - Dibaca 893 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
PA 212 Ancam Kepung MPR Jika Amendemen UUD 1945 Dilakukan

(01-09-2021 22:18:53 - Dibaca 946 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Ada Spanduk 'Anies Baswedan For Presiden 2024' Mejeng di JPO Palmerah, kok bisa?

(30-08-2021 13:38:33 - Dibaca 774 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Demokrat Bela Kadernya Bupati PPU Bangun Rumdin Rp 34 Miliar?

(23-08-2021 18:38:29 - Dibaca 1.124 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
PKS Kritik Keras Lomba BPIP 'Hormat Bendera Menurut Islam'

(13-08-2021 15:37:03 - Dibaca 1.200 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Soal Kritik Cat Pesawat Presiden, Ini Respons Tegas Ngabalin!

(04-08-2021 15:03:01 - Dibaca 1.037 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 893 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 723 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 884 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 751 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 680 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 567 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 706 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER