Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Politik
 
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
 
13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 1.182 Kali
 
 
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Logo Barisan Celeng Berjuang (Dok Eko Lephex)
 
 
Ungkapan celeng yang dilontarkan Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, terhadap pendukung Ganjar Pranowo langsung dieksekusi kader PDIP dengan membuat logo celeng bertaring panjang. Sejumlah kader PDIP membuat 'Barisan Celeng Berjuang'.

Direktur Eksekutif Indostrategic, Khoirul Umam, menilai kemunculan 'Barisan Celeng Berjuang' sebagai perlawanan terhadap gaya demokrasi terpimpin yang dilakukan PDIP. Umam menilai PDIP perlu menyerap masukan yang disampaikan sejumlah kader.

"Sebagai partai yang menggunakan istilah 'demokrasi' di namanya, PDIP seharusnya bersikap lebih demokratis. Jika memang benar berasal dari kader, logo Celeng Berjuang itu merupakan merupakan simbol perlawanan terhadap model kepemimpinan ala 'demokrasi terpimpin' yang sebenarnya tidak ada dalam varian teori demokrasi manapun," kata Umam kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Demokrasi terpimpin yang dimaksud Umam ialah tak dibukanya masukan dari kader. Kader PDIP dipaksa untuk mengikuti keputusan elite, kata Umam, justru akan menimbulkan perpecahan.

"Tidak dibukanya ruang kebebasan berpendapat, di mana kader dipaksa tunduk pada keputusan elite, berpotensi menciptakan friksi yang tidak produktif," ujarnya.

Menurut Umam, PDIP perlu mengembalikan watak demokrasi di dalam partai. Sehingga perbedaan sikap kader dapat ditampung untuk ditimbang dalam mengambil keputusan.

"Karena itu, organisasi partai perlu mengembalikan watak demokratisnya untuk mengkanalisasi perbedaan pandangan dan sikap politik dalam sistem pengambilan keputusan di dalamnya," ucapnya.

Lantas, apakah perlu PDIP memberikan sanksi terhadap kader yang menyuarakan Celeng Berjuang? Umam melihat ada dua sisi yang bisa dilakukan PDIP.

"Tergantung. Kalau mau mempertahankan model demokrasi terpimpin ya sanksi akan digunakan sebagai instrumen penegakan disiplin. Tapi mau demokratis, sanksi tidak perlu digunakan," imbuhnya.


Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul sebelumnya menyebut sejumlah kader PDIP yang mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai celeng. Ungkapan itupun langsung dieksekusi para kader pendukung Ganjar dengan membuat logo celeng dengan taring panjang.

"Barisan celeng yaitu kita-kita kader PDIP yang ingin selalu berjuang untuk kebenaran demi besarnya partai mengusung Ganjar Pranowo presiden 2024," kata Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo, Eko Lephex saat dihubungi detikcom, Selasa (12/10).

Eko yang juga kader PDIP Purworejo itu membuat logo celeng dengan latar warna merah, hitam, dan putih. Gambar celeng itu pun dibuat dengan taring panjang ke atas dengan tulisan 'Barisan Celeng Berjuang'.

"Taring panjang agar kita tetap semangat berjuang tidak takut rintangan apapun. Warna merah artinya kader PDIP arus bawah yang berani memperjuangkan pilihannya, sedangkan putih simbol kebenaran hati nurani kami," jelasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Barisan Celeng Berjuang Dinilai Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 414 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 876 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Mahfud MD Tegaskan Indonesia Bukan Negara Agama!

(10-11-2021 10:25:22 - Dibaca 1.245 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Demokrat Minta Jokowi Selalu Bersih-bersih Kabinet?

(07-11-2021 06:07:44 - Dibaca 650 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 1.149 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Jokowi Dapat Pujian dari Profesor Singapura, Ini Kata Koalisi dan Oposisi!

(09-10-2021 06:12:16 - Dibaca 820 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
PA 212 Ancam Kepung MPR Jika Amendemen UUD 1945 Dilakukan

(01-09-2021 22:18:53 - Dibaca 895 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Ada Spanduk 'Anies Baswedan For Presiden 2024' Mejeng di JPO Palmerah, kok bisa?

(30-08-2021 13:38:33 - Dibaca 729 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Demokrat Bela Kadernya Bupati PPU Bangun Rumdin Rp 34 Miliar?

(23-08-2021 18:38:29 - Dibaca 1.087 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
PKS Kritik Keras Lomba BPIP 'Hormat Bendera Menurut Islam'

(13-08-2021 15:37:03 - Dibaca 1.161 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!

(09-08-2021 11:21:39 - Dibaca 758 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Soal Kritik Cat Pesawat Presiden, Ini Respons Tegas Ngabalin!

(04-08-2021 15:03:01 - Dibaca 1.005 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 452 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 578 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 588 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 414 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 567 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 443 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 450 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 381 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 506 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 876 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 671 Kali)

Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 730 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Diduga Cabuli Pasien di Bekasi, Habib Husein Alatas Diringkus Polisi!

4. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

5. Pendiri PAN Ini Sebut Fadli Zon Tak Ada Prestasi Kecuali Nyinyir!

6. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

7. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

8. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

9. PKL Hingga Bajaj Kuasai Trotoar, Tanah Abang Tambah Semrawut!

10. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.