Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Politik
 
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
 
19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 1.395 Kali
 
 
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Foto : detikcom
 
 
Hasil survei terbaru Litbang Kompas memperlihatkan bahwa elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengalami kenaikan secara konsisten. Sementara itu, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut mengalami fluktuasi.

Survei terkini Litbang Kompas memperlihatkan bahwa Prabowo dan Ganjar sama-sama berada di peringkat pertama saat ini dengan perolehan elektabilitas sejajar yakni 13,9 persen.

Dikutip dari Kompas edisi Selasa (19/10), survei itu digelar Litbang Kompas dengan metode penelitian pengumpulan pendapat melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi pada 26 September hingga 9 Oktober 2021.

Survei ini memiliki margin of error penelitian sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Menurut Litbang Kompas, Ganjar menjadi salah satu tokoh yang konsisten mengalami kenaikan elektabilitas dalam tiga survei terakhir yang mereka lakukan.

Pada Oktober 2019, Ganjar memperoleh 1,8 persen dukungan. Setelah itu, jumlah dukungan meningkat pada April 2021 menjadi 7,3 persen, lalu naik lagi jadi 13,9 persen pada survei ini.

Selain Ganjar, Emil juga mengalami kenaikan elektabilitas yang konsisten. Sebelumnya, Emil sempat mengalami penurunan pada Agustus 2020. Ia hanya meraih 1,9 persen pada Agustus 2020. Kini, tingkat keterpilihannya mencapai 5,1 persen.

Berbeda dengan Ganjar dan Emil, elektabilitas Prabowo justru mengalami fluktuasi alias naik-turun. Menurutnya, Prabowo mengalami penurunan elektabilitas dari 16,4 persen pada April 2021 menjadi 13,9 persen pada Oktober 2021.


Fluktuasi elektabilitas Prabowo itu terjadi sejak Oktober 2019. Sempat naik pada Agustus 2020, tingkat keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra itu turun pada Januari 2021 dari 15,7 persen menjadi 12 persen. Kondisi serupa terjadi pada April dan Oktober 2021.

Litbang Kompas mengungkapkan, fluktuasi elektabilitas juga dialami sejumlah tokoh capres potensial lain seperti Risma, Sandi, serta AHY.

Selain Prabowo dan Ganjar, terdapat sosok capres potensial lainnya. Namun, elektabilitas mereka semua berada di bawah 10 persen seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 9,6 persen, Emil sebesar 5,1 persen, serta Menteri Sosial Tri Rismaharini sebesar 4,9 persen.

Ada juga nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang memiliki elektabilitas sebesar 4,6 persen, dan mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini Komut PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebesar 4,5 persen.

Lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 1,9 persen, Menko Polhukam Mahfud MD sebesar 1,2 persen, serta mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sebesar 1,1 persen.

Di luar nama-nama itu, terdapat beberapa tokoh capres potensial dengan elektabilitas berada di bawah 1 persen.

Mereka adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebesar 0,3 persen.

Kemudian lima tokoh lain yang memiliki elektabilitas sama sebesar 0,2 persen yakni Ketua Wantimpres Wiranto, mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, pengusaha Anindra Ardiansyah Bakrie, serta Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.421 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Mahfud MD Tegaskan Indonesia Bukan Negara Agama!

(10-11-2021 10:25:22 - Dibaca 1.560 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Demokrat Minta Jokowi Selalu Bersih-bersih Kabinet?

(07-11-2021 06:07:44 - Dibaca 873 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 1.413 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Jokowi Dapat Pujian dari Profesor Singapura, Ini Kata Koalisi dan Oposisi!

(09-10-2021 06:12:16 - Dibaca 996 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
PA 212 Ancam Kepung MPR Jika Amendemen UUD 1945 Dilakukan

(01-09-2021 22:18:53 - Dibaca 1.058 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Ada Spanduk 'Anies Baswedan For Presiden 2024' Mejeng di JPO Palmerah, kok bisa?

(30-08-2021 13:38:33 - Dibaca 892 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Demokrat Bela Kadernya Bupati PPU Bangun Rumdin Rp 34 Miliar?

(23-08-2021 18:38:29 - Dibaca 1.213 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
PKS Kritik Keras Lomba BPIP 'Hormat Bendera Menurut Islam'

(13-08-2021 15:37:03 - Dibaca 1.302 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!

(09-08-2021 11:21:39 - Dibaca 923 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Soal Kritik Cat Pesawat Presiden, Ini Respons Tegas Ngabalin!

(04-08-2021 15:03:01 - Dibaca 1.143 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 1.507 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.593 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 1.585 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.421 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 1.427 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 957 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 805 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 1.012 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 1.107 Kali)

Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 1.182 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Semprot Neno Warisman yang Ajak Publik Boikot Indomaret, Inul: Hatinya Setan!

2. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

3. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

4. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

5. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

8. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.