Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Politik
 
Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
 
28-01-2019 12:12:33 - Dibaca 9.172 Kali
 
 
Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
tempo.co
 
 
Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menyatakan pihaknya tidak bisa menelusuri sejauh mana pelibatan cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes untuk kepentingan Pilpres 2019. Menurutnya, Bawaslu tak berwenang karena Undang Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu tidak mengatur hal tersebut.

Sebelumnya, politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mendorong Bawaslu untuk mengusut pelibatan Jan Ethes dalam meningkatkan popularitas Jokowi sebagai capres petahana.

"UU Pemilu tidak mengatur soal anak," tutur Fritz saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (27/1).

Menurutnya, jika ada pihak yang ingin mempersoalkan, lanjut Fritz, maka langkah paling tepat adalah mengajukan laporan ke kepolisian. Dia menegaskan Bawaslu tidak bisa memproses jika ada laporan yang masuk perihal pelibatan Jan Ethes dalam kampanye Pilpres 2019.

"Kewenangan Bawaslu hanya pada UU Pemilu," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Cakra 19 Andi Widjajanto menyebut Jan Ethes merupakan nilai lebih yang dimiliki pihaknya. Terutama dalam peningkatan popularitas Jokowi di media sosial. Tim Cakra 29 sendiri merupakam tim pemenangan bayangan Jokowi-Ma'ruf.

Andi mengatakan pihaknya mampu memainkan politik yang serius dan tergolong receh. Langkah serius, lanjutnya, yakni dengan memaparkan data-data.

"Kami bisa main serius dengan data-data, tapi kami juga bisa memviralkan Jan Ethes," ujar Andi di kawasan Gelora, Jakarta, Jumat malam (25/1).

"Kami unggul yang mereka enggak punya, contohnya kartun Pak Jokowi main bom-bom car dengan Jan Ethes, itu viral di mana-mana," lanjutnya.

Pengakuan Andi dipersoalkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Wakil Ketua Dewan Penasehat Hidayat Nur Wahid mendorong Bawaslu menelusuri pelibatan Jan Ethes dalam peningkatan popularitas kakeknya selaku capres petahana.

"Ini Jan Ethes yg pernah sebut @jokowi, kakeknya, sbg "Artis" ya? Tapi bgmn kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak2 dlm kampanye? Bgmn @bawaslu_RI masih bisa berlaku adil kah?" tulis Hidayat melalui akun twitternya @hnurwahid, Sabtu (26/1).

Anggot BPN bidang hukum dan advokasi Ferdinand Hutahaean juga turut mempersoalkan. Dia menegaskan bahwa pelibatan anak-anak untuk kepentingan politik dilarang oleh undang-undang.

Dia juga menyayangkan kubu Jokowi-Ma'ruf yang mengeksploitasi Jan Ethes demi popularitas.

"Terlebih kepada Jokowi, jangan egois hanya untuk tujuan politik membawa anak kecil ke kancah politik yang keras," kata Ferdinand yang juga kader Partai Demokrat tersebut, Minggu (27/1).
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Bawaslu Tak Bisa Usut Dugaan Kampanye Libatkan Cucu Jokowi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.422 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Mahfud MD Tegaskan Indonesia Bukan Negara Agama!

(10-11-2021 10:25:22 - Dibaca 1.560 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Demokrat Minta Jokowi Selalu Bersih-bersih Kabinet?

(07-11-2021 06:07:44 - Dibaca 873 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Hasil Survei Litbang Kompas: Ganjar Terus Naik, Prabowo Fluktuatif

(19-10-2021 13:04:52 - Dibaca 1.395 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Barisan Celeng Berjuang Simbol Perlawanan Demokrasi Terpimpin PDIP?

(13-10-2021 06:57:07 - Dibaca 1.414 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Jokowi Dapat Pujian dari Profesor Singapura, Ini Kata Koalisi dan Oposisi!

(09-10-2021 06:12:16 - Dibaca 996 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
PA 212 Ancam Kepung MPR Jika Amendemen UUD 1945 Dilakukan

(01-09-2021 22:18:53 - Dibaca 1.058 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Ada Spanduk 'Anies Baswedan For Presiden 2024' Mejeng di JPO Palmerah, kok bisa?

(30-08-2021 13:38:33 - Dibaca 892 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Demokrat Bela Kadernya Bupati PPU Bangun Rumdin Rp 34 Miliar?

(23-08-2021 18:38:29 - Dibaca 1.213 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
PKS Kritik Keras Lomba BPIP 'Hormat Bendera Menurut Islam'

(13-08-2021 15:37:03 - Dibaca 1.302 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Soal Dualisme di Organisasinya, Ini Kata Ketum HMI!

(09-08-2021 11:21:39 - Dibaca 923 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 1.507 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 1.594 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 1.586 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 1.422 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 1.520 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 1.427 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 957 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 805 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 1.012 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.303 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 1.107 Kali)

Cucu Jokowi Jan Ethes Dipersoalkan Kubu Prabowo, Ini Kata Bawaslu!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 1.182 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Semprot Neno Warisman yang Ajak Publik Boikot Indomaret, Inul: Hatinya Setan!

2. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

3. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

4. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

5. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

8. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.