Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

loading...
 

Sarangberita.com > Teknologi
 
NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
 
11-06-2021 09:48:55 - Dibaca 295 Kali
 
 
NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Ilustrasi. Peneliti menemukan planet ekstrasurya atau eksoplanet baru dengan kondisi atmosfer dan suhu yang mirip dengan Bumi. (Screenshot via web Nasa.Gov)
 
loading...
 
Tim peneliti dari Jet Propulsion Laboratory NASA dan Universitas New Mexico dilaporkan telah menemukan planet ekstrasurya atau eksoplanet baru yang mirip dengan Bumi.

Planet itu dilaporkan memiliki atmosfer seperti Bumi. Eksoplent yang mirip dengan Bumi itu dinamakan TOI-1231 b.

Planet itu terdeteksi menggunakan data fotometrik dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dan ditindaklanjuti dengan pengamatan menggunakan Planet Finder Spectrograph (PFS) pada teleskop Magellan Clay di Las Campanas Observatory di Chili.

Melansir Science Daily, TOI-1231 b berukuran lebih kecil dari Neptunus dengan periode orbit 24 hari. Eksoplanet itu yang mengorbit bintang katai M yang ada di dekatnya.

Bintang katai M, juga dikenal sebagai bintang katai merah adalah jenis bintang paling umum di Bima Sakti yang membentuk sekitar 70 persen dari semua bintang di galaksi.

"TOI-1231 b sangat mirip dalam ukuran dan kepadatan dengan Neptunus, jadi kami pikir ia memiliki atmosfer gas yang sama besar," ujar ilmuwan JPL NASA sekaligus penulis utama, Jennifer Burt.

Ilmuwan Departemen Fisika dan Astronomi UNM, Diana Dragomir menyampaikan TOI 1231b delapan kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke Matahari. Suhunya juga mirip dengan Bumi, karena bintang induknya yang lebih dingin dan kurang terang.


"Namun, planet itu sendiri sebenarnya lebih besar dari bumi dan sedikit lebih kecil dari Neptunus, kita bisa menyebutnya sub-Neptunus," ujar Dragomir.

Melansir laman resmi UNM, suhu TOI-1231b sekitar 330 Kelvin atau 140 derajat Fahrenheit. Konidis itu menjadikan TOI-1231b sebagai salah satu planet ekstrasurya kecil paling keren yang dapat diakses untuk studi atmosfer yang ditemukan sejauh ini.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa planet sedingin itu mungkin memiliki awan tinggi di atmosfernya, yang membuat peneliti sulit untuk menentukan jenis gas apa yang mengelilinginya. Namun, bukti adanya air di atmosfer mengejutkan banyak astronom.

"TOI-1231 b adalah satu-satunya planet lain yang kita ketahui dalam ukuran dan kisaran suhu yang sama, jadi pengamatan di masa depan dari planet baru ini akan memungkinkan kita menentukan seberapa umum (atau jarang) awan air terbentuk di sana," ujar Burt.

Dragomir menambahkan TOI 1231b dikelilingi oleh atmosfer yang substansial daripada menjadi planet berbatu karena kepadatannya yang rendah. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui komposisi dan luasnya atmosfer planet itu.

"TOI1231b dapat memiliki atmosfer hidrogen atau hidrogen-helium yang besar, atau atmosfer uap air yang lebih padat," ujar Dragomir.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Planet Mirip Bumi Ditemukan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- TEKNOLOGI -
NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Perhatian! Supermoon Terakhir 2021 akan Terlihat Malam Ini

(24-06-2021 10:56:14 - Dibaca 1.734 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Strawberry Supermoon Unik Muncul Besok, yang Terakhir di Tahun 2021!

(23-06-2021 11:57:09 - Dibaca 281 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Bakal Berlangsung 100 Menit?

(07-06-2021 12:39:44 - Dibaca 403 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Perhatian! Ada Gerhana Matahari Cincin Pada 10 Juni

(02-06-2021 19:35:31 - Dibaca 709 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Ini Alasan Nyamuk Suka Dengung di Telinga dan Cara Mengatasinya

(02-06-2021 16:06:55 - Dibaca 596 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Ini Daftar 9 Wilayah yang Sudah Diselimuti 5G, Termasuk Balai Kota Solo!

(30-05-2021 16:57:05 - Dibaca 423 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Super Blood Moon Bisa Diamati Tanpa Alat Pada 26 Mei 2021!

(25-05-2021 08:58:42 - Dibaca 567 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Luar Biasa! Kapal Penjelajah China Berhasil Mendarat di Mars

(15-05-2021 08:53:55 - Dibaca 570 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Perhatian! Jangan Klik Link dari Pesan SMS WhatsApp Ini

(13-05-2021 09:32:06 - Dibaca 578 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Wow! Ini Dia Calon Moge Bertenaga Air Buatan China

(10-05-2021 10:34:39 - Dibaca 915 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Hati-hati! Ini Daftar 86 Pinjol Ilegal yang Sudah Ditutup OJK

(08-05-2021 08:09:37 - Dibaca 630 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Ahli Temukan Mumi Wanita Hamil Pertama di Dunia

(02-05-2021 14:22:44 - Dibaca 664 Kali)

 
- BERITA LAIN -
NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!

(30-07-2021 10:37:48 - Dibaca 218 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!

(30-07-2021 08:59:40 - Dibaca 125 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

(30-07-2021 07:37:05 - Dibaca 257 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(29-07-2021 18:27:41 - Dibaca 315 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo

(29-07-2021 18:06:42 - Dibaca 311 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

(29-07-2021 06:44:25 - Dibaca 232 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Anggota DPR Dapat Hotel Buat Isoman, Politikus PKS Tak Persoalkan?

(29-07-2021 06:32:59 - Dibaca 153 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Tekuk Singapore, Jonatan Christie Mantap ke Fase Gugur!

(28-07-2021 20:07:12 - Dibaca 254 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Kemarahan Panglima atas Tindakan Anggota TNI AU yang Injak Kepala Warga Disabilitas!

(28-07-2021 15:45:41 - Dibaca 307 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Wow! Filipina Beri Bonus Rp9,5 Miliar ke Peraih Emas Olimpiade

(28-07-2021 14:32:39 - Dibaca 190 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Sedih! Praveen/Melati Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(28-07-2021 09:22:06 - Dibaca 294 Kali)

NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?
Pemerintah Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya yang ke Indonesia?

(28-07-2021 08:47:39 - Dibaca 237 Kali)

Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi!

10. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.