Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Tekno & Sains
 
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
 
25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 751 Kali
 
 
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Ilustrasi. (Foto : Tara Winstead/Pexels)
 
 
Beberapa waktu lalu ada wacana robot Artificial Intelligence (AI) akan menggantikan para PNS. Benarkah?

Hal ini sempat diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Musrenbagnas RPJMN 2020-2024 bulan Desember 2019 lalu. Saat itu dia mengatakan berkomitmen menggantikan para PNS dengan robot AI.

Robot itu disebut akan menggantikan eselon III dan eselon IV yang menghambat birokrasi. Dengan cara ini diharapkan bisa membuat birokrasi lebih sederhana dan lebih cepat saat merespons perubahan dunia.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," ujar saat itu.

Dengan kecerdasan buatan ada maka pelayanan birokrasi semakin sederhana. Jokowi juga memastikan siapapun yang terkena dampak ini tidak mengalami pengurangan pendapatan.

"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau kita pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," ucap Jokowi.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama menyampaikan penekanan wacana ini bukan berarti seluruh PNS akan dipecat. Melainkan kolaborasi antara sumber daya manusia dan teknologi.

"Tidak (dihilangkan), tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Konsep ini butuh perencanaan yang lebih matang dan komperhensif. Sehingga waktu yang dibutuhkan juga tidak singkat. "Itu masih dikaji lebih lanjut," jelasnya.


CNBC Indonesia mencoba bertanya pada sejumlah abdi negara atas wacana lama itu. Beberapa dari mereka mengaku khawatir jika pekerjaannya diambil oleh robot.

Salah seorang PNS di sebuah kementerian, Ratu mengungkapkan kebutuhan tenaga manusia masih sangat dibutuhkan oleh kementerian/lembaga. Meskipun minat menjadi PNS masih tinggi, dia mengatakan sebaiknya pemerintah tidak sepenuhnya mengganti pekerjaan manusia dengan robot.

"Indonesia masih kurang sama sumber daya manusia (SDM), gimana nanti diganti dengan teknologi. Makin berkurang dong SDM-nya, gimana orang-orang yang ingin jadi PNS?," jelasnya.

Dia mengatakan jika teknologi membantu untuk menyelesaikan pekerjaan. Di sisi lain, juga berharap pekerjaan yang dikerjakan ini tidak semua digantikan oleh AI.

"Takut sih ya lumayan takut. Namun, kalau tujuannya untuk mempermudah, tapi teknologi itu sendiri kan buatan manusia. Secara logikanya gitu," kata Ratu.

Dita, PNS di salah satu kementerian/lembaga juga mengungkapkan hal yang serupa. Menurutnya pekerjaan PNS tidak bisa seluruhnya digantikan oleh robot karena intelektual manusia dan robot tidak akan pernah bisa sebanding.

Di beberapa bidang menurutnya masih dibutuhkan manusia. "Takut. Aku melihatnya yang di restoran Jepang dan China yang sudah menggunakan teknologi 100% dari robot, itu aja sudah deg-degan duluan. Hah, seriously kita enggak akan dipakai lagi, ke depannya kita gimana?," ungkapnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Heboh Robot AI Bakal Gantikan PNS, Ini Faktanya!
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- TEKNO & SAINS -
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Ini Daftar Profesi Manusia yang Terancam Punah, Digantikan Robot?

(14-10-2021 11:47:00 - Dibaca 986 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Heboh Video LGBT Muncul di Iklan Yotube Anak-anak, Warganet Protes!

(13-09-2021 11:41:56 - Dibaca 830 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Hacker Asal China 'Thanos' Diduga Bobol BIN dan Kementerian RI?

(12-09-2021 17:11:04 - Dibaca 683 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Bagi Mereka yang Tolak Vaksin Covid, Baca Ini!

(12-09-2021 09:26:08 - Dibaca 661 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
NASA Temukan Bintang Baru Diduga Bayi Matahari?

(18-08-2021 07:31:35 - Dibaca 492 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Perhatian! Supermoon Terakhir 2021 akan Terlihat Malam Ini

(24-06-2021 10:56:14 - Dibaca 1.943 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Strawberry Supermoon Unik Muncul Besok, yang Terakhir di Tahun 2021!

(23-06-2021 11:57:09 - Dibaca 507 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
NASA Temukan Planet yang Mirip Seperti Bumi?

(11-06-2021 09:48:55 - Dibaca 484 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Bakal Berlangsung 100 Menit?

(07-06-2021 12:39:44 - Dibaca 565 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Perhatian! Ada Gerhana Matahari Cincin Pada 10 Juni

(02-06-2021 19:35:31 - Dibaca 888 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Ini Alasan Nyamuk Suka Dengung di Telinga dan Cara Mengatasinya

(02-06-2021 16:06:55 - Dibaca 797 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Ini Daftar 9 Wilayah yang Sudah Diselimuti 5G, Termasuk Balai Kota Solo!

(30-05-2021 16:57:05 - Dibaca 615 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 893 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 723 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 883 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 680 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 567 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 706 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?
Polisi Tangkap Pencuri Besi Kereta Cepat, Salah Satunya Cleaning Service?

(16-11-2021 06:36:16 - Dibaca 633 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER