Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
 
23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 189 Kali
 
 
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Kasus tour leader IW yang korbannya rugi hampir Rp 200 juta, ternyata baru satu cerita. Para korban lainnya bermunculan dengan jeritan yang sama.

Selain kasus tour leader Erwin yang tidak kunjung pulang dari Maroko, ada lagi kasus tour leader IW dengan modus serupa. Sempat ada rombongan para dosen dari Sulawesi Selatan yang dirugikan hampir Rp 200 juta di akhir 2017.

Munculnya berita detikTravel ini, membuat para korban dari pelaku yang sama bersuara. Pantauan detikTravel, Senin (23/7/2018) para korban IW meramaikan Facebook, mereka bersuara di sana.

Menurut mereka modusnya sama, IW menggelar open trip merangkap tour leader. Namun di tengah jalan IW akan meminjam kartu kredit atau memakai uang wisatawan, rekanan, teman atau WNI dan siapapun yang dia kenal saat di luar negeri. Hal itu menurut salah satu korban sudah terjadi sejak 2007, 11 tahun lalu.


"Sebenarnya ada yang lain yang lebih awal, tahun 2007-an. Tapi nggak usah saya sebut. Tapi intinya, it has been years dan ini sudah kayak penyakit," kata DT.

Pada tahun 2011, cukup banyak kejadian traveler dan rekanan yang dirugikan IW dalam beberapa paket perjalanan, salah satunya ke Eropa. Ada yang menitip uang untuk tiket pesawat tapi tak jelas bukti pembeliannya atau diminta uangnya dengan alasan IW mengalami masalah dengan ATM atau kartu kredit.

"Kita kenal dan baru kenal karena trip tersebut, jadi murni asas percaya saja. Tenyata sudah ada usaha untuk pinjam kartu kredit atau uang dengan alasan macam macam," cerita NF.

"Kami nitip beli tiket Qatar Airways ke IW dengan menyerahkan sejumlah uang. Kami minta bukti dong berapa habisnya atau barangkali kurang. Tapi sampai detik ini nggak pernah ada. Alhamdulillah nggak sampai ketipu lagi walaupun dia pernah call lagi bawa trip dan ATM-nya bermasalah mau pinjam duit dengan cara transfer. No way lah karena kasus yang lalu saja belum kelar," kata ME.

Mereka yang merasa menjadi korban IW akhirnya saling berkenalan di media sosial. Menyadarkan pelaku, sepertinya tidak mempan, jadi mereka seperti berjuang sendiri memperingatkan para traveler lainnya agar tidak terkena bujuk rayu open trip murah IW.

"Sebagai teman saya sudah berkali-kali menasihati bahkan menawarkan kerja sama agar dia mau berubah tapi ya begitulah. Walaupun saya jadi korbannya juga," kata E.

"Saya sekarang sudah in peace. Nggak mau ingat lagi, stress dan makan hati. Tapi kalau ada yang potensi kena akan saya peringatkan," tutup DT.

detikTravel sudah berusaha menghubungi IW. Telepon dan pesan tidak direspons. Terakhir IW merespon adalah Jumat (20/7). Dia menjawab singkat dengan mengaku sudah tidak berbisnis travel lagi.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jeritan Para Korban Open Trip dan Tour Leader Abal-abal
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!

(16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 91 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!

(14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.320 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 209 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 341 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 531 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 685 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 671 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 570 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 529 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 467 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 505 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 377 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?

(16-02-2019 17:46:20 - Dibaca 34 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!

(16-02-2019 14:28:31 - Dibaca 690 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!

(16-02-2019 14:01:30 - Dibaca 182 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!

(16-02-2019 11:59:23 - Dibaca 492 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!

(16-02-2019 11:53:01 - Dibaca 318 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

(16-02-2019 10:07:07 - Dibaca 448 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
TKN Jokowi Sebut Pidato Prabowo Klise, Ini Pembelaan BPN!

(16-02-2019 09:19:47 - Dibaca 29 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 348 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 230 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 63 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ada Kalajengking Berkeliaran di Kabin Pesawat Lion Air! Kok bisa?

(15-02-2019 10:16:48 - Dibaca 134 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
PA 212 Ragukan Kekuatan Politik Ahok, Ini Komentar Tegas PDIP!

(15-02-2019 08:54:25 - Dibaca 206 Kali)

Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

4. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

5. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

6. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?