BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
 
23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 231 Kali
 
 
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Kasus tour leader IW yang korbannya rugi hampir Rp 200 juta, ternyata baru satu cerita. Para korban lainnya bermunculan dengan jeritan yang sama.

Selain kasus tour leader Erwin yang tidak kunjung pulang dari Maroko, ada lagi kasus tour leader IW dengan modus serupa. Sempat ada rombongan para dosen dari Sulawesi Selatan yang dirugikan hampir Rp 200 juta di akhir 2017.

Munculnya berita detikTravel ini, membuat para korban dari pelaku yang sama bersuara. Pantauan detikTravel, Senin (23/7/2018) para korban IW meramaikan Facebook, mereka bersuara di sana.

Menurut mereka modusnya sama, IW menggelar open trip merangkap tour leader. Namun di tengah jalan IW akan meminjam kartu kredit atau memakai uang wisatawan, rekanan, teman atau WNI dan siapapun yang dia kenal saat di luar negeri. Hal itu menurut salah satu korban sudah terjadi sejak 2007, 11 tahun lalu.


"Sebenarnya ada yang lain yang lebih awal, tahun 2007-an. Tapi nggak usah saya sebut. Tapi intinya, it has been years dan ini sudah kayak penyakit," kata DT.

Pada tahun 2011, cukup banyak kejadian traveler dan rekanan yang dirugikan IW dalam beberapa paket perjalanan, salah satunya ke Eropa. Ada yang menitip uang untuk tiket pesawat tapi tak jelas bukti pembeliannya atau diminta uangnya dengan alasan IW mengalami masalah dengan ATM atau kartu kredit.

"Kita kenal dan baru kenal karena trip tersebut, jadi murni asas percaya saja. Tenyata sudah ada usaha untuk pinjam kartu kredit atau uang dengan alasan macam macam," cerita NF.

"Kami nitip beli tiket Qatar Airways ke IW dengan menyerahkan sejumlah uang. Kami minta bukti dong berapa habisnya atau barangkali kurang. Tapi sampai detik ini nggak pernah ada. Alhamdulillah nggak sampai ketipu lagi walaupun dia pernah call lagi bawa trip dan ATM-nya bermasalah mau pinjam duit dengan cara transfer. No way lah karena kasus yang lalu saja belum kelar," kata ME.

Mereka yang merasa menjadi korban IW akhirnya saling berkenalan di media sosial. Menyadarkan pelaku, sepertinya tidak mempan, jadi mereka seperti berjuang sendiri memperingatkan para traveler lainnya agar tidak terkena bujuk rayu open trip murah IW.

"Sebagai teman saya sudah berkali-kali menasihati bahkan menawarkan kerja sama agar dia mau berubah tapi ya begitulah. Walaupun saya jadi korbannya juga," kata E.

"Saya sekarang sudah in peace. Nggak mau ingat lagi, stress dan makan hati. Tapi kalau ada yang potensi kena akan saya peringatkan," tutup DT.

detikTravel sudah berusaha menghubungi IW. Telepon dan pesan tidak direspons. Terakhir IW merespon adalah Jumat (20/7). Dia menjawab singkat dengan mengaku sudah tidak berbisnis travel lagi.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jeritan Para Korban Open Trip dan Tour Leader Abal-abal
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!

(16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 119 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!

(14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.366 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 239 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 379 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 556 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 722 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 694 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 602 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 557 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 505 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 532 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 393 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 943 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 114 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 65 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 775 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 193 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 185 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 114 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 650 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 744 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Warga Kampung Deret Pejompongan Potong Tumpeng Rayakan Jokowi Menang Versi QC!

(20-04-2019 18:55:22 - Dibaca 649 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Guru Ngaji Ungkap Doa yang Dilantunkan Jokowi Saat di Dalam Kakbah!

(20-04-2019 17:51:16 - Dibaca 1.863 Kali)

Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!
Saat Gibran dan Kaesang Ngetweet Soal Survei Internal

(20-04-2019 17:37:55 - Dibaca 680 Kali)

Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?