Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
 
14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.302 Kali
 
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Politikus PKS, Mardani Ali Sera, mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Begini tanggapan dari Clara Sumarwati.

Mardani Ali Sera, politikus PKS sekaligus Tim Kampanye Prabowo-Sandi mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Padahal Clara Sumarwati (53) telah melakukannya di tahun 1996.

"Itu datanya (bukti saya pendaki Everest pertama asal Indonesia) banyak kok, bisa dibuka di everesthistory.com," kata saat ditemui wartawan di kediamannya, di Kampung Minggiran MJ 2 No 1515 Yogya, Jumat (12/10/2018).


Namun Clara enggan menanggapi pernyataan Mardani yang juga tercatat sebagai Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut. Sebab, isu tersebut telah digoreng oleh politikus untuk menarik simpati.

"Jangan dilawan, mereka memang begitu," kata alumnus Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut.

"(Karena) politik sih. Saya kalau sudah lari ke politik ya jangan libatkan saya, saya bukan orang politik, saya pendaki asli yang tahunya latihan dan mendaki gunung, enggak tahu masalah politik," lanjutnya.

Clara memang tidak memiliki dokumentasi saat dia berhasil sampai ke puncak Everest. Namun menurutnya, terdapat lima saksi dari guide yang menyaksikannya sampai puncak gunung es di Pegunungan Himalaya itu.

"Saya bawa saksi lima (dari guide), saya bawa sampai puncak semua. Tapi waktu itukan badai, enggak mungkin lah ambil foto. Jadi enggak ada (foto di puncak), tapi kan saya bawa saksi lima," tuturnya.

Sebelumnya Mardani dalam acara talkshow 'Mata Najwa' menyebut bahwa Prabowo dan tim Kopassus-nya adalah orang yang pertama asal Asia Tenggara yang berhasil sampai di puncak Everest pada tanggal 26 April 1997 silam.

Namun, akhirnya Mardani mengklarifikasi pernyataannya. Menurutnya yang menaklukkan Everest adalah tim bentukan Prabowo yang diisi 23 orang. Tim tersebut sengaja dibentuk Prabowo untuk menaklukkan gunung es ini.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mardani Klaim Kopassus Penakluk Pertama Everest, Ini Tanggapan Clara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!

(16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 80 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 199 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!

(23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 171 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 323 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 523 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 671 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 663 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 561 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 520 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 454 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 496 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 368 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 34 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 392 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.246 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.338 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 261 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER