Faldo Sebut Prabowo-Sandi Bakal Sulit Menang di MK, Ini Sindiran BPN!
Walhi Nilai Penerbitan IMB Lahan Reklamasi Oleh Anies Janggal dan Dipaksakan!
108 Halaman Pleidoi Bakal Dibacakan Ratna Sarumpaet di Sidang Besok!



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
 
14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.425 Kali
 
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Politikus PKS, Mardani Ali Sera, mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Begini tanggapan dari Clara Sumarwati.

Mardani Ali Sera, politikus PKS sekaligus Tim Kampanye Prabowo-Sandi mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Padahal Clara Sumarwati (53) telah melakukannya di tahun 1996.

"Itu datanya (bukti saya pendaki Everest pertama asal Indonesia) banyak kok, bisa dibuka di everesthistory.com," kata saat ditemui wartawan di kediamannya, di Kampung Minggiran MJ 2 No 1515 Yogya, Jumat (12/10/2018).


Namun Clara enggan menanggapi pernyataan Mardani yang juga tercatat sebagai Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut. Sebab, isu tersebut telah digoreng oleh politikus untuk menarik simpati.

"Jangan dilawan, mereka memang begitu," kata alumnus Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut.

"(Karena) politik sih. Saya kalau sudah lari ke politik ya jangan libatkan saya, saya bukan orang politik, saya pendaki asli yang tahunya latihan dan mendaki gunung, enggak tahu masalah politik," lanjutnya.

Clara memang tidak memiliki dokumentasi saat dia berhasil sampai ke puncak Everest. Namun menurutnya, terdapat lima saksi dari guide yang menyaksikannya sampai puncak gunung es di Pegunungan Himalaya itu.

"Saya bawa saksi lima (dari guide), saya bawa sampai puncak semua. Tapi waktu itukan badai, enggak mungkin lah ambil foto. Jadi enggak ada (foto di puncak), tapi kan saya bawa saksi lima," tuturnya.

Sebelumnya Mardani dalam acara talkshow 'Mata Najwa' menyebut bahwa Prabowo dan tim Kopassus-nya adalah orang yang pertama asal Asia Tenggara yang berhasil sampai di puncak Everest pada tanggal 26 April 1997 silam.

Namun, akhirnya Mardani mengklarifikasi pernyataannya. Menurutnya yang menaklukkan Everest adalah tim bentukan Prabowo yang diisi 23 orang. Tim tersebut sengaja dibentuk Prabowo untuk menaklukkan gunung es ini.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mardani Klaim Kopassus Penakluk Pertama Everest, Ini Tanggapan Clara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!

(16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 153 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 283 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!

(23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 268 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 426 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 592 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 761 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 730 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 642 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 610 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 548 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 564 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 429 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Faldo Sebut Prabowo-Sandi Bakal Sulit Menang di MK, Ini Sindiran BPN!

(17-06-2019 21:33:49 - Dibaca 305 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Walhi Nilai Penerbitan IMB Lahan Reklamasi Oleh Anies Janggal dan Dipaksakan!

(17-06-2019 21:27:57 - Dibaca 125 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
108 Halaman Pleidoi Bakal Dibacakan Ratna Sarumpaet di Sidang Besok!

(17-06-2019 21:21:11 - Dibaca 98 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Said Aqil Sindir Seorang Wakil Ketua DPR yang Suka Bikin Dirinya Sakit Perut!

(17-06-2019 21:11:29 - Dibaca 221 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jumlah Saksi di Sidang Gugatan Pilpres Dibatasi, Ini Kritik BPN Prabowo!

(17-06-2019 21:05:28 - Dibaca 114 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

(16-06-2019 19:02:46 - Dibaca 258 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?

(15-06-2019 17:53:09 - Dibaca 260 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!

(15-06-2019 17:48:45 - Dibaca 114 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!

(15-06-2019 17:44:00 - Dibaca 825 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!

(15-06-2019 17:37:10 - Dibaca 181 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

(13-06-2019 12:44:28 - Dibaca 817 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
KPU Dituding Prabowo Gelembungkan 22 Jutaan Suara untuk Jokowi, Ini Respon Tegas TKN!

(13-06-2019 12:39:19 - Dibaca 444 Kali)

Said Aqil Sindir Seorang Wakil Ketua DPR yang Suka Bikin Dirinya Sakit Perut!
Jumlah Saksi di Sidang Gugatan Pilpres Dibatasi, Ini Kritik BPN Prabowo!
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?

9. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

10. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.