Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
 
14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.345 Kali
 
 
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Politikus PKS, Mardani Ali Sera, mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Begini tanggapan dari Clara Sumarwati.

Mardani Ali Sera, politikus PKS sekaligus Tim Kampanye Prabowo-Sandi mengklaim pendaki Everest pertama Indonesia adalah tim Kopassus tahun 1997. Padahal Clara Sumarwati (53) telah melakukannya di tahun 1996.

"Itu datanya (bukti saya pendaki Everest pertama asal Indonesia) banyak kok, bisa dibuka di everesthistory.com," kata saat ditemui wartawan di kediamannya, di Kampung Minggiran MJ 2 No 1515 Yogya, Jumat (12/10/2018).


Namun Clara enggan menanggapi pernyataan Mardani yang juga tercatat sebagai Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut. Sebab, isu tersebut telah digoreng oleh politikus untuk menarik simpati.

"Jangan dilawan, mereka memang begitu," kata alumnus Universitas Atma Jaya Jakarta tersebut.

"(Karena) politik sih. Saya kalau sudah lari ke politik ya jangan libatkan saya, saya bukan orang politik, saya pendaki asli yang tahunya latihan dan mendaki gunung, enggak tahu masalah politik," lanjutnya.

Clara memang tidak memiliki dokumentasi saat dia berhasil sampai ke puncak Everest. Namun menurutnya, terdapat lima saksi dari guide yang menyaksikannya sampai puncak gunung es di Pegunungan Himalaya itu.

"Saya bawa saksi lima (dari guide), saya bawa sampai puncak semua. Tapi waktu itukan badai, enggak mungkin lah ambil foto. Jadi enggak ada (foto di puncak), tapi kan saya bawa saksi lima," tuturnya.

Sebelumnya Mardani dalam acara talkshow 'Mata Najwa' menyebut bahwa Prabowo dan tim Kopassus-nya adalah orang yang pertama asal Asia Tenggara yang berhasil sampai di puncak Everest pada tanggal 26 April 1997 silam.

Namun, akhirnya Mardani mengklarifikasi pernyataannya. Menurutnya yang menaklukkan Everest adalah tim bentukan Prabowo yang diisi 23 orang. Tim tersebut sengaja dibentuk Prabowo untuk menaklukkan gunung es ini.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mardani Klaim Kopassus Penakluk Pertama Everest, Ini Tanggapan Clara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!

(16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 104 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 226 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!

(23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 205 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 362 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 545 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 701 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 684 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 584 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 543 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 485 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 513 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 385 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 512 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 387 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 516 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 401 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.