Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Travel
 
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
 
16-12-2018 10:50:25 - Dibaca 80 Kali
 
 
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja, Sulsel akan dimanjakan pelbagai ragam budaya dalam Lovely December 2018 di wilayah tersebut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan Lovely December wajib untuk disambangi, terutama ada Kemilau Toraja yang menjadi atraksi andalan.

"Event ini menggabungkan kekuatan seni budaya Tana Toraja dengan nama besar Lovely December. Dijamin acaranya makin paten," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Jumat (14/12).

Acara yang bakal digelar adalah keagamaan, seni, budaya, kuliner, dan sport tourism.

Acara dimulai dengan event Getaran Sukma Ilahi, 1-9 Desember 2018. Kegiatannya berupa panggilan beribadah bagi seluruh pemeluk agama. Caranya dengan membunyikan lonceng, bedug dan gendang di rumah-rumah ibadah sebagai refleksi Getaran Sukma Ilahi.


Selanjutnya ada Festival Kopi Toraja. Festival ini akan dihelat pada 8-9 Desember 2018. Lokasinya berada di Kawasan Agrowisata Pango-Pango, Tana Toraja. Ada juga kegiatan Jelajah Sepeda Wisata pada 14-15 Desember 2018.

Selanjutnya ada Mebale dan Melendong. Kegiatan ini digelar di area Persawahan Mandetek Makale Utara, pada 18 Desember 2018. Selain itu ada Atraksi kerajinan rakyat dan Festival Kuliner Tradisional. Acara ini digelar di Taman Rakyat Kolam Makale pada 19-20 Desember 2018.

"Pada 20-22 Desember ada Safari Natal. Acaranya berupa pertemuan masyarakat dan diaspora Toraja yang akan digelar di empat zona Kecamatan, masing-masing di Lion Tondok Iring, Bittuang, Ge'tengan Mengkendek, dan Ratte Buttu Bonggakaradeng," katanya.

Kemeriahan itu berlanjut pada 22 Desember 2018. Jejak dan Jelajah Wisata One Day Trail Adventure akan dimulai di kolam Makale dan finis di Buntu Burake, yang baka membawa peserta menikmati keindahan alam Tana Toraja.

Selanjutnya ada Uji Nyali Burake dan Lomba Foto Tana Toraja yang dihelat pada 23 Desember 2018 Acara ini sekaligus sebagai launching wahana Anjungan Kaca Patung Yesus Buntu Burake.

Natal Meriah

Perayaan Natal pun dijamin makin meriah karena ada Toraja Ring Road Christmas Day Toraja 100, Jelajah Alam Moxart Trail dan Diaspora Toraja 100 yang digelar bersamaan pada 26 Desember. Kegiatan pun berlanjut pada 26-27 Desember lewat Festival Tenun Toraja, Parade Seni dan berbagai atraksi lainnya. Kegiatan ini nantinya dipusatkan di Tammuan Mali dan Pasar Seni.

"Puncak acara akan digelar pada 28 Desember 2018 di Taman Rakyat Kolam Makale. Acara ini akan dibarengi oleh Natal Oikumene," kata Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuty.

Wisatawan juga akan diajak seru-seruan di Colour Run Toraja. Sebuah event yang menggabungkan olahraga lari dengan asiknya bermain tepung beraneka warna yang digelar di Makale pada 29 Desember 2018.

"Puncaknya pada 31 Desember 2018. Semua akan dirangkum pada event Melepas 2018 dan Menggapai 2019. Pokoknya bakal menyesal kalau tidak datang," kata Esthy.
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Nuansa Eksotis Tana Toraja di Ujung Desember
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- TRAVEL -
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Ini Tanggapan Clara Soal Klaim Mardani Kopassus Penakluk Pertama Everest!

(14-10-2018 09:11:55 - Dibaca 2.301 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Traveler Berbadan Gemuk Bisa Kena Denda di Negara ini!

(11-10-2018 20:20:04 - Dibaca 199 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Tour Leader Abal-abal dan Cerita Para Korban Open Trip!

(23-07-2018 09:17:34 - Dibaca 171 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Maskapai ini Hadirkan Fitur Baru yang Ramah Anak!

(22-03-2018 16:34:23 - Dibaca 323 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Mau Tahu Paspor Paling Sakti di Dunia? Ini Negaranya!

(11-01-2018 08:21:01 - Dibaca 523 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Ini Dia 10 Paspor Paling Cantik di Dunia, Negara mana saja?

(27-12-2017 18:54:07 - Dibaca 671 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Mau Makan Durian dari Pohonnya? Kunjungi 4 Lokasi Ini!

(14-12-2017 08:01:45 - Dibaca 663 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Gedung Tertipis di Lebanon ini Punya Kisah Unik...

(22-11-2017 07:37:11 - Dibaca 561 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Mau Belanja di Pasar Tanah Abang? Ikuti Tips Ini!

(21-11-2017 09:42:06 - Dibaca 520 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Ini Dia Hutan Indoor Terbesar di Dunia dengan 3.000 Jenis Flora

(18-11-2017 13:15:26 - Dibaca 454 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Kota terapung bebas politik pertama di dunia bakal berdiri di tahun 2020

(17-11-2017 07:22:13 - Dibaca 496 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Pohon Apel ini yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

(08-11-2017 20:22:24 - Dibaca 368 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 215 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 392 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.240 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.334 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Di Ujung Desember, Ini Nuansa Eksotis Tana Toraja!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER