Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

 
loading...

Sarangberita.com > Unik
 
Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
 
23-01-2021 11:03:15 - Dibaca 341 Kali
 
 
Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
detik.com
 
loading...
 
SMK Sore Masuk Pagi merupakan satu dari sekian nama sekolah yang unik di Jatim. Sekolah unik ini berada di Jalan Kelapa Manis, Kota Madiun.

Sekolah ini berdiri pada tahun 1969 lewat Yayasan Diponegoro. Kala itu nama sekolahnya SMK Sore saja. SMK Sore didirikan oleh lima anggota PGRI dengan menyewa lima SD Mojorejo, Kecamatan Taman.

"Berdiri sekolah Januari 1969. Awalnya menyewa gedung dari lima SD yang belajarnya sore, karena pagi dipakai murid SD. Pendirinya ada lima orang anggota PGRI dalam Yayasan Diponegoro. Tapi nama sekolah hanya SMK Sore tidak ada kata 'masuk pagi'," ujar Kepala Sekolah SMK Sore Masuk Pagi Kota Madiun, Riyanto Basuki saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/1/2021).
 
 


Lima pendiri Yayasan Diponegoro yang membuka SMK Sore itu, kata Riyanto, sudah wafat sehingga diteruskan ahli waris. Satu dari lima pendiri SMK Sore menjabat sebagai Kepala Sekolah pertama seumur hidup, yakni Sayid Bisri. Ia menjabat hingga tahun 2003.

"Pendirinya lima tapi sudah almarhum semua, yakni Sayid Bisri menjabat kepala sekolah seumur hidup sampai tahun 2003. Kemudian yang empat Ngusman, Syamsuri, Syakuri dan Imam Soemadji," kata Riyanto.

Riyanto menjelaskan, seiring berjalannya waktu, pada tahun 1985 SMK sore telah memiliki gedung sendiri di Jalan Kelapa Manis Nomor 41 hingga sekarang. Sejak saat itu proses belajar mengajar yang semula sore diubah pagi hingga sekarang.

"Sejak punya gedung sendiri tahun 1985 proses belajar sudah pagi. Sehingga sekaligus promosi akhirnya di tambahkan di papan nama SMK Sore Masuk Pagi. Gitu ceritanya," paparnya.


Sementara Ketua Komite SMK Sore Masuk Pagi, Lilik Budi Santoso menjelaskan, puncak kejayaan sekolah unik ini yakni antara tahun 1990 hingga 2010. Saat itu jumlah murid mencapai hampir seribu, menempati 15 kelas, kelas satu sampai tiga.

"Dulu puncaknya sampai setiap kelas 62 murid. Total 15 kelas mulai satu sampai tiga. Tapi kini sepi," ungkap Lilik.

Lilik menceritakan, itu seiring adanya Peraturan Wali Kota Tahun 2010 di mana semua warga luar Kota Madiun dilarang sekolah di kota. Sejak saat itu sekolah unik ini kehilangan murid.

"Dulu ada Perwali kanannya Pak Bambang Irianto, bahwa tidak boleh ada warga dari luar Kota Madiun yang sekolah di kota. Kini sepi," terang Lilik.

Lilik mengaku, saat ini jumlah murid SMK Sore Masuk Pagi mulai kelas 10 sampai 12 hanya tinggal 34 saja. Sementara jumlah guru pengajarnya ada 24, di mana 4 di antaranya dari PNS. Alumni SMK Sore Masuk Pagi juga banyak yang sukses baik jadi pejabat maupun pengusaha.

"Dahulu ada 36 guru sekarang tinggal 24 saja tapi masih daring proses belajar mengajar seiring pandemi COVID-19. Untuk alumni banyak juga yang sukses jadi pejabat kepala BPS, pengacara dan juga ikut berkiprah suaminya Sekda, camat juga ada," pungkasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Unik, Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- UNIK -
Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
73 Tahun Temani Ratu Elizabeth II Tapi Pangeran Philip Tidak Bisa Jadi Raja, Mengapa?

(10-04-2021 13:03:22 - Dibaca 260 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Ini Arti Kedutan Mata Kiri Menurut Primbon Jawa!

(04-04-2021 13:08:58 - Dibaca 495 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Ini 7 Fakta Unik Lukisan Perjamuan Terakhir Yesus Karya Da Vinci

(04-04-2021 12:18:02 - Dibaca 566 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Ini Dia Watak Pria dan Wanita Berdasarkan Jam Lahir Menurut Primbon Jawa!

(04-03-2021 17:50:21 - Dibaca 409 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Unik! Wanita Ini Punya Nama Sama Dengan Judul Lagu Milik Iwan Fals?

(04-02-2021 13:27:28 - Dibaca 605 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Kopaska TNI AL Tempati Urutan 4 Pasukan Elite dengan Tampilan Paling Menyeramkan di Dunia! Lalu Siapa yang Menempati Tiga Teratas? Simak!

(15-11-2020 11:13:35 - Dibaca 515 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Tahukan Anda Jika Lubang Kecil Pada Biskuit Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting! Apa Saja? Simak!

(11-11-2020 10:10:47 - Dibaca 482 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Ada Cacing Hidup di Bawah Kulit Anak Anji, Apa Penyebabnya? Simak!

(30-10-2020 20:08:37 - Dibaca 452 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Anies Tata Ulang Balai Kota DKI: Ruang Fitness hingga Kantor TGUPP?

(14-04-2021 08:37:11 - Dibaca 268 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
KNKT Berhasil Mengunduh Percakapan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air

(14-04-2021 08:25:59 - Dibaca 479 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Soal Jakarta Masuk Daftar 20 Kota Termahal Dunia, Wagub DKI Heran?

(14-04-2021 08:20:50 - Dibaca 190 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?

(13-04-2021 17:37:06 - Dibaca 310 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!

(13-04-2021 17:22:15 - Dibaca 971 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

(13-04-2021 17:17:38 - Dibaca 147 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Timnas Indonesia Bakal Gelar TC di Jakarta Pada 1 Mei!

(13-04-2021 15:25:01 - Dibaca 224 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Kosmas Penghadang Bomber Makassar Masih Dirawat, Jari Tangan-Kaki Putus

(13-04-2021 15:17:02 - Dibaca 401 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Kisah Arpiet Coba Gabung ISIS: Jual Rumah Rp6 M, Berujung Bui

(13-04-2021 15:01:41 - Dibaca 2.124 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Perhatian! Ini Jadwal Buka Puasa Hari Pertama 13 April

(13-04-2021 14:42:10 - Dibaca 150 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
BMKG: Ada Bibit Siklon Tropis 94W, Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem!

(13-04-2021 14:30:42 - Dibaca 824 Kali)

Unik! Sekolah Ini Bernama SMK Sore Masuk Pagi
Setelah Jadi Nama Jalan, Pangeran Arab Akan Investasi Pabrik Vaksin di RI

(13-04-2021 10:53:01 - Dibaca 655 Kali)

Kini Perpanjang SIM Bisa Dilakukan dari Rumah dengan Aplikasi SINAR?
Sri Mulyani Paparkan Cara Amankan Kas Negara Dari 'Tikus Berdasi'!
Uber Buka Peluang Jasa Antar Ganja?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!